Maskapai AirAsia Indonesia melalui email resminya kembali mengingatkan kebijakan fleksibel untuk penggantian tiket serta penambahan rute-rute domestik. Pengumuman ini bisa dianggap sebagai ‘promo’ karena periode penggantian tiket yang lebih panjang dari kebijakan umum AirAsia untuk menghadapi pandemi COVID-19.

Pada kebijakan umum tersebut, penggantian tiket secara gratis bisa dilakukan untuk tiket yang dipesan sebelum 17 April 2020 dan untuk periode keberangkatan hingga 31 Agustus 2020 saja.

Sedangkan pada ‘promo’ ini, untuk pembelian tiket AirAsia hingga 9 Agustus 2020 dan periode terbang hingga 30 November 2020, penumpang bisa mengganti jadwal penerbangan tanpa dikenakan biaya.

Namun, perlu diperhatikan jika penggantian jadwal penerbangan hanya bisa dilakukan hingga 31 Desember 2020.

Semakin Menjelajah Nusantara

Via AirAsia Indonesia.


Baca juga: Review: Kartu Kredit Permata AirAsia Platinum Credit Card


Rute Domestik Strategis Mulai Dihidupkan

Mengingat rendahnya kapasitas saat ini, logikanya pembukaan rute penerbangan hanya akan dilakukan pada rute strategis saja. Kini, AirAsia Indonesia menghidupkan kembali rute-rute seperti:

  • Dari Jakarta ke: Medan, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Lombok
  • Dari Medan ke: Jakarta dan Yogyakarta
  • Dari Surabaya ke: Jakarta dan Bali

Meski sudah beroperasi kembali, maskapai juga masih harus ekstra hati-hati melihat ketidakpastian arus penumpang saat ini. Harga tiket yang murah saya rasa tidak menjamin kenaikan arus penumpang.

Pandemi COVID-19 menyebabkan anjloknya arus penumpang secara besar-besaran. Sejak awal pandemi, sudah sering ditemui harga tiket pesawat yang sangat murah.

Untuk saat ini, AirAsia dan maskapai lain masih menjual tiket dengan harga dibawah standar sebelum COVID-19. Jika Anda akan membeli tiket AirAsia, pastikan untuk login ke akun AirAsia BIG sebelum membeli tiket di website AirAsia untuk mendapatkan diskon tambahan sebesar Rp17.000,-.

Penutup

Tidak hanya AirAsia, hampir seluruh maskapai di dunia menawarkan opsi fleksibilitas yang memang wajar di tengah pandemi seperti ini. Setelah berbulan-bulan harus tiarap, kini AirAsia kembali mengoperasikan rute-rute penerbangan domestik yang strategis, dengan harapan bisa mendatangkan revenue berarti bagi perusahaan.

Saya (masih) tidak menyarankan siapapun untuk terbang demi leisure trip saat ini karena resiko penularan yang tinggi. Namun jika memang Anda harus terbang, saya sarankan untuk mengetahui secara jelas syarat & ketentuan yang diterapkan oleh maskapai saat ini. Pastikan Anda memiliki fleksibilitas agar tidak terjebak dalam kondisi ‘uang menyangkut’.

.

Jika harus terbang saat ini, apa maskapai yang akan Anda pilih?