Wabah Coronavirus (COVID-19) memang sangat merugikan industri pariwisata. Belakangan ini, kita sering dihadapkan dengan harga tiket pesawat yang luar biasa murah dan tidak masuk akal. Bahkan saat ini sedang ada tiket AirAsia rute Jakarta – Seoul yang dihargai Rp 554.000 saja!

AirAsia Jakarta Seoul

Rp 554.000 untuk penerbangan pulang pergi ke Seoul tentu saja tergolong tidak masuk akal.


Opini: Haruskah Anda Membatalkan Rencana Berwisata Akibat Wabah Virus Corona?


Selain itu, terdapat juga banyak rute yang harganya menjadi sangat miring. Berikut contoh penerbangan pulang pergi yang saya temukan (klik untuk mengakses link Google Flights):


Baca juga: Panduan Lengkap AirAsia BIG, Frequent Flyer Program AirAsia


Menariknya tiket murah di beberapa rute seperti Jakarta – Kuala Lumpur bisa ditemukan hingga akhir tahun 2020. Jika Anda memang memiliki rencana untuk pergi ke Kuala Lumpur, maka saya rasa harga Rp 347.000 pulang pergi sangat-sangat terjangkau.

Melihat dari contoh pencarian tersebut, tidak bisa dipungkiri jika Rp 554.000 untuk penerbangan AirAsia X pulang pergi Jakarta – Seoul adalah pemenangnya. Namun perlu diingat lagi fakta bahwa Korea Selatan merupakan negara ke-2 dengan jumlah pasien Coronavirus terbanyak.

Saya tidak merekomendasikan siapapun untuk bepergian di periode ini, terutama ke wilayah yang memang terdampak parah oleh wabah ini. Awalnya saya ragu untuk membagikan informasi ini, namun mungkin akan ada pembaca yang bisa memanfaatkan momen harga murah ini.

Harga tiket murah ditengah wabah Coronavirus, apa opini Anda?