Menurut konferensi pers PPKM yang diadakan malam ini (13/9), Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberitakan syarat masuk Indonesia terbaru bersamaan dengan update terkait dengan PPKM.

Syarat Baru untuk Masuk Indonesia

Menurut Luhut, salah satu penyesuaian untuk PPKM kali ini adalah terkait syarat masuk Indonesia. Ada 2 hal yang ditekankan mengenai hal tersebut:

  • Persyaratan untuk masuk ke Indonesia dari luar Indonesia adalah:
    • Sudah divaksin penuh,
    • Akan menjalani PCR total 3x, dan
    • Menjalani karantina selama 8 hari.
  • Penerbangan dari luar negeri ke Indonesia hanya diizinkan dari Jakarta CGK dan Manado MDC.

Anda harus sudah divaksin penuh untuk bisa masuk ke Indonesia. Kredit: TripZilla.

Pendapat

Dibandingkan dengan sebelumnya, aturan ini tentu sedikit lebih ketat dibandingkan dengan sebelumnya dimana vaksinasi tidak diperlukan untuk masuk ke Indonesia dan hanya dilakukan setelah karantina selesai.

Alur proses masuk Indonesia sebelum update PPKM pada 13 September 2021.

Apabila Anda saat ini berencana untuk pergi ke luar negeri atau sedang di luar negeri belum menjalani vaksinasi penuh, maka:

  • Divaksin penuh di Indonesia sebelum berangkat (disarankan untuk mencegah penularan saat melakukan perjalanan udara), atau
  • Divaksin penuh di luar negeri sebelum kembali ke Indonesia (misalnya di Amerika Serikat).

Saat ini vaksinasi sudah cukup banyak tersedia di beberapa kota besar seperti Jakarta, dimana bahkan vaksin yang relatif baru sampai Indonesia seperti Pfizer dan Moderna dapat diperoleh bagi semua orang. Patut diketahui, Pfizer dan Moderna merupakan vaksin yang sudah boleh dipakai diantaranya di Uni Eropa dan Amerika Serikat, sehingga tentunya akan mempermudah Anda untuk masuk ke negara tujuan yang mensyaratkan jenis vaksin tertentu.

Penutup

Mengingat munculnya berbagai varian baru COVID-19 yang cukup meresahkan beberapa bulan ini, langkah ini tentu patut diapresiasi bagi kita yang masih berada di Indonesia. Dengan berkurangnya kasus impor, harapannya penyebaran varian baru dapat terus berkurang. Walaupun begitu, meskipun Anda sudah divaksin penuh untuk saat ini saya menyarankan untuk menunda bepergian apabila memungkinkan hingga keadaan membaik.

 

Apakah Anda akan berencana vaksin untuk bepergian ke luar negeri?