Kali ini, saya akan melakukan penilaian terhadap kartu kredit Standard Chartered Visa Infinite menggunakan Metode Penilaian Kartu Kredit PinterPoin.

Standard Chartered Visa Infinite adalah kartu kredit spesial untuk nasabah Standard Chartered Bank dengan total relationship balance/asset under management (TRB/AUM) setidaknya 500 juta Rupiah. Bersama dengan Standard Chartered WorldMiles, kartu ini merupakan salah satu dari 2 kartu terbaik terbitan Standard Chartered Bank Indonesia.

Kartu ini dapat memperoleh poin reward SCB untuk semua transaksi ritel dengan perhitungan sebagai berikut:

Rp10.000 = 4 poin reward SCB (apabila transaksi ritel mencapai minimal Rp3.000.000 dalam satu tagihan, hanya 1 poin untuk transaksi di bawah Rp3.000.000)

Anda dapat menukarkan poin dengan award miles dari GarudaMiles, KrisFlyer, Asia Miles, dan AirAsia BIG dengan rasio penukaran sebagai berikut:

4 poin reward SCB = 1 award miles/point GarudaMiles/KrisFlyer/Asia Miles/AirAsia BIG


Tingkat Perolehan (Skor Maksimal: 3.5)

Dengan asumsi Anda berbelanja minimal Rp3.000.000/bulan, Anda bisa mendapatkan 1 miles setiap melakukan transaksi ritel sebesar Rp10.000. Nilai yang didapat adalah 2.

Nilai: 2

Welcome Bonus (Skor Maksimal: 2)

Anda bisa mendapatkan welcome bonus hingga 60.000 poin reward SCB atau setara dengan 15.000 airline miles.

Welcome bonus akan diberikan sebanyak 3 kali (1x/bulan untuk 3 bulan pertama) masing-masing sebesar 20.000 poin reward SCB atau setara dengan 5.000 airline miles dengan transaksi ritel minimal Rp3.000.000 dalam satu tagihan. Nilai yang didapat adalah 1,5.

Nilai: 1.5

Konvertibilitas (Skor Maksimal: 1.5)

Poin dari kartu ini dapat ditukarkan ke 4 program frequent flyer: GarudaMiles, KrisFlyer, Asia Miles, dan AirAsia BIG. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Bonus Unik & Kerja Sama (Skor Maksimal: 1)

Selain akses airport lounge domestik yang tak terbatas di Indonesia, kartu ini juga memberikan akses Priority Pass yang tidak terbatas untuk nasabah dengan TRB/AUM minimal 2 milyar Rupiah bagi pemegang kartu dan 1 pendamping.

Uniknya, Standard Chartered hanya mengizinkan penggunaan Priority Pass untuk bandara di luar negeri dan Anda harus melakukan transaksi di tagihan sebelumnya minimal Rp3.000.000 untuk bisa menggunakan fitur ini.

Selain Priority Pass, kartu ini juga menawarkan beberapa bonus unik seperti cashback 15% di taman hiburan hingga Rp450.000/bulan dan 1+1 tiket bioskop di beberapa The Premiere XXI setiap hari. Nilai yang didapat adalah 0.5.

Nilai: 0.5

Airport Perks (Contoh: Lounge, Makanan) (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini memberikan akses beberapa airport lounge tak terbatas untuk pemegang kartu di beberapa bandara di Indonesia, baik di terminal domestik maupun internasional. Daftar lounge yang dapat diakses bisa dilihat di sini.

Dapatkan akses gratis ke airport lounge pilihan di Indonesia dengan Standard Chartered Visa Infinite.

Nilai: 0.5

Iuran Tahunan & Kemudahan Waiver (Skor Maksimal: 1)

Kartu ini tidak dikenakan biaya selama Anda menjadi nasabah prioritas Standard Chartered dengan TRB/AUM setidaknya 500 juta Rupiah.

Kartu ini dapat di-downgrade menjadi Standard Chartered Visa Platinum saat Anda tidak lagi menjadi nasabah prioritas Standard Chartered, namun dengan limit yang sama. Nilai yang didapat adalah 1.

Nilai: 1

Total Nilai: 6.5 / 10

“Kartu kredit spesial dari Standard Chartered dengan berbagai benefit yang cukup baik namun kurang memadai dalam hal earning rate

Penutup

Walaupun tidak istimewa, Standard Chartered Visa Infinite merupakan kartu kredit yang sangat well-rounded.

Kartu ini memang tidak menonjol dalam aspek apapun, namun menawarkan perolehan poin setara kartu kredit travel kelas menengah, poin yang fleksibel, welcome bonus yang cukup memadai, dan akses airport lounge tertentu.

Selain itu, Standard Chartered juga sering mengadakan promo yang cukup unik seperti diskon atau cashback di DANA, Agoda, dan bahkan pernah menawarkan cashback hingga Rp1.000.000/bulan dengan kartu debit Standard Chartered Priority World Debit (kartu debit nasabah prioritas Standard Chartered, diberikan bersamaan dengan kartu kredit ini).

Standard Chartered sering menawarkan promo yang cukup niche namun signifikan dibandingkan dengan bank lain.

Dari pandangan saya, kartu ini sangat sesuai untuk Anda apabila:

  • Anda memiliki uang untuk ditempatkan, namun ingin mulai mengumpulkan miles tanpa perlu memulai dari kartu low-end, atau
  • Anda tidak terlalu loyal pada merek tertentu (misalnya e-wallet atau OTA) dan dapat memanfaatkan promo yang ditawarkan.

 

Apakah Anda tertarik memiliki kartu Standard Chartered Visa Infinite?