Maskapai Qatar Airways baru saja meluncurkan program khusus untuk pelajar berjuluk “Student Club” yang bisa dibilang sangat menarik dari sisi benefit.

Program khusus pelajar dari Qatar Airways ini dalam jangka panjangnya bertujuan untuk mendapatkan loyalitas sejak dini, suatu hal yang jarang difokuskan oleh maskapai lain.

Keanggotaan “Student Club” ini bisa diikuti oleh pelajar asal Indonesia yang berusia 18 hingga 30 tahun. Bukti seperti kartu pelajar atau surat pernyataan diterima di universitas harus disediakan dalam bahasa Inggris. Link pendaftaran bisa diakses disini.

Foto: Qatar Airways

Sejumlah manfaat yang ditawarkan:

  • Harga spesial untuk tiket penerbangan
  • Tambahan bagasi
  • Gratis Super Wi-Fi
  • Upgrade 1 tingkat keanggotaan Privilege Club pada saat kelulusan
  • 1x gratis penggantian tanggal penerbangan
  • Bonus 5.000 Qmiles jika mengajak orang lain untuk bergabung
  • Benefit khusus untuk keluarga yang akan mengunjungi (belum diimplementasikan)

Harapan Qatar Airways adalah pelajar akan terus loyal ketika lulus & mulai berkarir. Foto: Qsuite Qatar Airways

Harga Spesial

Dengan bergabung, pelajar akan mendapatkan kode promo pertama berupa diskon 10% untuk pemesanan tiket pertama.

  • Terbang pertama kali: mendapat kode promo diskon 10%
  • Terbang kedua kali: mendapat kode promo diskon 15%
  • Terbang ketiga kali: mendapat kode promo diskon 20%

Manfaat ini hanya berlaku satu kali saja per akun, penerbangan selanjutnya (setelah ke-3) tidak akan mendapatkan kode promo lagi.

Tambahan Bagasi

Pelajar akan mendapatkan tambahan kuota bagasi sebesar 10 kg atau tambahan 1 buah bagasi di rute tertentu. Semakin tinggi tingkatan keanggotaan, maka kuota bagasi juga akan turut bertambah sesuai tingkatannya.

Untuk bisa memanfaatkan fitur tambahan bagasi ini, pelajar harus menunjukkan kartu keanggotaan ketika check-in.

Gratis Super Wi-Fi

Super Wi-Fi milik Qatar Airways diklaim sebagai salah satu yang tercepat di udara saat ini. Menariknya, anggota “Student Club” akan bisa mendapatkan akses gratis pada penerbangan Qatar Airways.

Penerbangan harus dipesan langsung melalui Qatar Airways. Voucher akan dikirimkan 48 jam sebelum penerbangan.

Upgrade Keanggotaan

Ketika lulus/wisuda, Qatar Airways akan menghadiahkan upgrade 1 tingkat keanggotaan pada program Privilege Club-nya. Jika kebetulan anggota “Student Club” mencapai status Platinum selama bersekolah, maka status Platinum akan diperpanjang selama 1 tahun.

Untuk bisa mendapatkan benefit ini, pelajar harus sudah pernah terbang 1x p.p. per tahun dengan tiket berbayar, tidak boleh tiket hasil penukaran miles. Pelajar wajib menginformasikan kepada Qatar mengenai tanggal kelulusan.

Fleksibilitas Penggantian Tanggal

Qatar Airways memberikan 1x penggantian tiket bebas biaya untuk anggota “Student Club”. Keistimewaan ini hanya berlaku 1x dan kemungkinan besar bisa berguna bagi pelajar yang harus mengganti jadwal.


Baca juga: Update: Qatar Airways BATAL Hilangkan Akses Lounge & Pemilihan Kursi untuk Tiket Penukaran Miles


Pendapat

Qatar Airways meluncurkan “Student Club” dengan harapan bisa mendapatkan loyalitas sejak dini. Sejauh ini, tidak ada program lain yang menawarkan benefit seperti ini. Konsep ini layak untuk diapresiasi dan wajib dipertimbangkan oleh pelajar yang akan studi ke luar negeri.

Menjadi anggota frequent flyer program tentu hadir dengan sejumlah manfaat, seperti hak untuk mengakumulasikan & menukarkan miles untuk terbang di business/first class tanpa menguras dompet.

Sebagai mantan mahasiswa yang kuliah ke luar negeri, saya melihat program milik Qatar Airways ini sangat menarik dan on target. Manfaat yang ditawarkan menurut saya sangat pas bagi kebutuhan pelajar, misalnya:

  • Tambahan bagasi yang berguna untuk pelajar yang umumnya memiliki barang bawaan yang banyak, terutama ketika berangkat pertama kali ke luar negeri
  • Fleksibilitas penggantian tanggal yang sangat berguna di situasi dadakan
  • Diskon harga tiket penerbangan
  • Gratis Wi-Fi untuk menghilangkan kebosanan selama penerbangan
  • Upgrade keanggotaan dengan harapan pelajar yang lulus akan terus loyal kepada Qatar Airways
  • Bonus 5.000 Qmiles jika mengajak 1 teman, yang mana jika rajin dipromosikan, Qmiles yang dikumpulkan bisa ditukar menjadi tiket business class suatu hari nanti

Namun, tetap saja harga tiket pesawat akan menjadi faktor penentu utama. Saya selalu menyarankan untuk membandingkan perbedaan harga v.s. benefit yang bisa didapat.