Ketika saya membuka halaman award redemption Alaska Mileage Plan, saya merasa sedikit janggal ketika saya mengecek jumlah miles yang dibutuhkan untuk penukaran penerbangan Japan Airlines (JAL) di mana terdapat tulisan ‘starting at‘ alih-alih langsung menginformasikan jumlah miles yang dibutuhkan untuk penerbangan tersebut.

Anehnya, tulisan starting at ini hanya muncul pada penukaran penerbangan JAL untuk rute Asia ke Amerika Serikat.

Ketika saya menanyakan hal tersebut pada penulis PinterPoin lainnya (terutama Eric yang biasanya jauh lebih jeli dan teliti dibandingkan dengan saya 🙂 ), mereka juga setuju bahwa frasa ‘starting at‘ ini tidak ada sebelumnya. Terdapat juga tambahan tanda asterisk(*) yang saya tidak yakin juga apakah ada sebelumnya. Berikut kutip dari tanda asterisk tersebut:

(*) Award travel starts at 5,000 miles one-way, plus taxes and fees starting from $5.60. Award travel space is subject to availability and pricing may vary. The purchaser of an award ticket is responsible for all applicable taxes, fees, and checked baggage charges imposed by the transporting carrier(s) or U.S. or international authorities. Mileage Plan terms & conditions apply.

Oleh karena itu, saya mengasumsikan bahwa tambahan frasa ini akan menjadi sangat penting di masa depan. Sebagai pengingat, di tahun 2019 lalu Alaska ‘membunuh’ trik stopover Japan Airlines Intra-Asia hanya dengan 8 kata yaitu: “Stopovers are not available on Intra-Asia award redemption.”

Review Japan Airlines Business Class 787-9 Jakarta Tokyo | PinterPoin

Kursi business class Japan Airlines di pesawat Boeing 787-9 Dreamliner rute CGK – NRT

Apakah hal ini merupakan pertanda bahwa kedepannya penukaran Alaska Miles untuk Japan Airlines akan mengalami devaluasi? Hanya waktu yang bisa membuktikan 🙂


Baca juga: Panduan Lengkap Alaska MileagePlan

Baca juga: Flight Review – Japan Airlines (JAL) Boeing 787-9 Jakarta – Tokyo Narita


Penutup

Frasa ‘starting at‘ penukaran Alaska Mileage Plan untuk JAL ini cukup misterius karena MUNGKIN menjadi sinyal bahwa kedepannya mereka akan mendevaluasi award redemption ini dan berpindah ke dynamic pricing. Tapi, bisa saja saya juga salah dan frasa tersebut sudah ada dari dulu.

Sebagai pembanding, tidak ada frasa serupa untuk penukaran Alaska Mileage Plan untuk maskapai lainnya seperti Cathay Pacific, Korean Air, dan sebagainya. Frasa tersebut spesifik ada di penukaran untuk Japan Airlines (JAL) rute Asia ke Amerika Serikat dan cukup misterius menurut saya.

.

Apa pendapat Anda mengenai frasa misterius starting at untuk penukaran Alaska Mileage Plan untuk penerbangan JAL ini?