Jika mendengar nama maskapai Emirates, maka kebanyakan orang akan mengaitkan maskapai tersebut dengan kota Dubai yang merupakan hub utamanya. Jarang diketahui orang, Emirates mempunyai beberapa Fifth Freedom Flights* yang cukup unik seperti Denpasar – Auckland dan Bangkok – Phnom Penh.

Terkini, Emirates akan membuka rute penerbangan Fifth Freedom Flights* baru antara Singapore – Penang mulai 9 April 2020. Anda bisa hanya membeli porsi penerbangan Singapore – Penang atau sebaliknya saja dengan harga yang tidak terlalu mahal.

* Fifth Freedom Flights adalah hak yang dimiliki oleh sebuah maskapai untuk melayani penerbangan antar 2 negara asing yang bukan merupakan negara asal dari maskapai tersebut. Contoh: Maskapai asal Belanda, KLM, yang melayani rute Kuala Lumpur – Jakarta.

Emirates Penang Singapore

Foto: Emirates First Class.


Baca juga: Kerjasama Marriott – Emirates: Manfaat Resiprokal Melalui “Your World Rewards”


Jadwal Penerbangan Emirates

  • EK348: Dubai – Singapore terbang pukul 02.30 (subuh), tiba pukul 14.05 (siang)
  • EK348: Singapore – Penang terbang pukul 15.35 (sore), tiba pukul 17.15 (sore)

  • EK 349: Penang – Singapore terbang pukul 22.20 (malam), tiba pukul 23.50 (malam)
  • EK 349: Singapore – Dubai terbang pukul 01.40 (tengah malam), tiba pukul 04.55 (pagi)

Hingga detik penulisan artikel ini, tiket di rute tersebut belum bisa dibeli, namun sudah muncul di mesin pencarian seperti Google Flights.

First Class Emirates

Rute Dubai – Singapore – Penang akan dilayani oleh pesawat 777-300ER yang dilengkapi dengan kabin First Class lama yang mirip dengan A380 namun tanpa dilengkapi shower.

Sejauh ini, masih belum diketahui secara pasti apakah Emirates akan menjual kabin First Class pada porsi penerbangan pendek Singapore – Penang saja.

Sejauh ini, pencarian tiket yang muncul barulah Economy Class. Namun saya memprediksi Emirates akan membuka seluruh kabin termasuk First Class sama seperti yang diterapkan pada rute Fifth Freedom lain seperti Bangkok – Phnom Penh.

Bagi Anda yang mengimpikan terbang di First Class Emirates, mungkin rute ini akan menjadi salah satu cara “termurah” dan terdekat untuk mencoba produk tersebut.

Namun mungkin penerbangan ini akan terlalu singkat untuk bisa dinikmati secara maksimal. Harga yang Anda bayarkan untuk First Class juga tidak akan terjangkau. Prediksi saya untuk harga tiketnya adalah sekitar Rp 6 – 7 juta sekali jalan untuk penerbangan berdurasi kurang lebih 1,5 jam.

Apakah Anda tertarik untuk terbang dengan Emirates di rute Singapore – Penang?

H/T: OMAAT