Lounge Review: BNI Lounge T3 Domestik Soekarno-Hatta International Airport

Dalam rangka kunjungan saya ke Jakarta pekan lalu untuk menghadiri CIMB Niaga X-Tra Xpo, saya berkesempatan untuk mencicipi airport lounge  eksklusif dari BNI yang terletak di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta lebih tepatnya pada gate 17 terminal domestik.

Airport lounge ini sendiri dioperasikan oleh Blue Sky dan terletak di tengah-tengah airport lounge lainnya yakni Telkomsel lounge dan Blue Sky regular lounge.

Sekedar informasi, untuk mengakses Telkomsel lounge Anda perlu menukarkan Telkomsel POIN yang Anda miliki.

Sedangkan untuk mengakses Blue Sky regular lounge Anda perlu memiliki kartu kredit prioritas yang bekerjasama atau menukarkan jatah akses Priority Pass Anda.

Penampakan BNI Lounge di T3 Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk bisa mengakses BNI lounge ini, Anda wajib memiliki kartu kredit khusus dari bank BNI ataupun kartu debit BNI Emerald/Zamrud (nasabah prioritas).

Kartu kredit BNI memberikan akses untuk 1 orang sedangkan kartu debit BNI Emerald/Zamrud memberikan akses untuk 2 orang.

Berikut adalah daftar kartu kredit/debit BNI yang bisa Anda gunakan untuk mengakses lounge ini:
Daftar kartu kredit BNI yang memperoleh akses ke BNI lounge.
Kartu debit BNI Emerald memberikan akses ke lounge ini untuk 2 orang.
Kartu debit BNI Zamrud juga memberikan akses ke lounge ini untuk 2 orang.
Pendapat

Kesan saya untuk airport lounge dari BNI ini adalah eksklusif dan sepi. Hal ini mungkin dikarenakan akses yang sangat terbatas (khusus untuk nasabah BNI dan tier tertentu saja) dibandingkan dengan lounge tetangganya yang notabene lebih mudah diakses.

Penampakan BNI Lounge dari depan.
Penampakan BNI Lounge dari tengah.
Penampakan BNI Lounge dari samping.

Satu hal yang saya sadari dan paling membedakan lounge ini dengan lounge ‘tetangga’ sendiri adalah kualitas kursinya yang mana jauh lebih nyaman & besar dibanding dengan kursi di lounge sebelah-sebelahnya.

Lounge ini memiliki view apron yang baik
Kualitas makanan dari lounge ini cukup beragam dan lezat.

Anda bisa memesan menu steam boat di sore & malam hari. Sangat recommended.
Terdapat juga coffee bar di mana Anda bisa memesan custom made kopi ataupun coklat
Pilihan menu coffee bar

Walaupun menu makanan dan minuman yang ditawarkan airport lounge ini sama dengan lounge sebelahnya. Eksklusifitas dan kualitas kursi sofa yang lebih baik menjadi alasan saya lebih memilih untuk beristirahat di lounge ini dibanding dengan lounge sebelah walaupun saya sama-sama bisa mengaksesnya.

Kursi sofa di lounge ini tergolong sangat nyaman

Penutup

Bagi Anda pemegang kartu kredit ataupun kartu debit dari BNI yang bekerjasama dengan lounge ini, Anda bisa mengakses airport lounge ini untuk bersantai apabila Anda menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dengan tujuan domestik.

Bahkan kartu kredit mid-tier dari BNI seperti BNI Visa Platinum, BNI JCB Platinum, BNI Garuda Indonesia Visa Platinum, dan sebagainya bisa mengakses lounge ini dengan gratis.

Nilai lebih dari lounge ini terletak pada eksklusifitas, kenyamanan, dan keberagaman hidangan yang disajikan. Dari pengamatan saya, lounge ini lebih sepi dibanding dengan lounge tetangga yang sama-sama dioperasikan oleh Blue Sky.

Apabila Anda memiliki akses ke lounge ini & lounge tetangga, maka saya lebih akan merekomendasikan Anda untuk bersantai di BNI lounge ini.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi lounge ini?

Share
17 comments
  1. saya mempunya kartu platinum debit bni dan CC visa BNI dan CC Master BNI. apakah saya bisa masuk ke lounge di bandara ? lounge di bandara cengkareng apa yg bisa saya akses ? terimakasih

    1. Halo Millina,

      Untuk kartu platinum debit BNI tidak bisa mengakses lounge di bandara. Untuk CC Visa maupun Master BNI mungkin bisa lebih dispesifikasikan kartu tersebut kartu yang tipe apa? Jika yang normal saja (seperti visa gold/mastercard gold) setahu saya tidak bisa. Daftar kartu BNI yang bisa mengakses lounge ini ada di post saya dan bisa Anda pastikan apakah kartu Anda ada yang serupa.

      Di Bandara Cengkareng, Lounge yang bekerjasama dengan BNI antara lain adalah Saphire lounge di T3 dan Premier Lounge di Terminal 2D Internasional.

  2. Untuk kartu tambahan bni mastercard world.. Apakah mendapatkan fasilitas free lounge baik bni / lounge domestic lainnya?
    Ataukah hanya kartu utama saja yang mendapatkan free lounge

    1. Halo Cipto,

      Anda bisa menanyakan pada Phone Customer Service untuk akses BNI lounge/ lounge domestik lainnya namun sepengetahuan saya sih seharusnya kartu tambahan sekalipun memperoleh fasilitas akses berbagai lounge.

    1. Halo Trisebud,

      Seharusnya CC BNI setara Platinum akan memperoleh akses lounge BNI gratis. Hanya saja, BNI akan memberlakukan kebijakan akses lounge baru per 1 Juli 2019 ini yang tim PinterPoin masih belum ketahui. Akan kami update apabila kami memperoleh info terbaru mengenai akses lounge BNI ini.

  3. Bni garuda visa plat kan free lounge 1 orang
    1.Lounge ini kah yg dimaksud?
    2. Bisa masuk saat kedatangan di soeta? Ato bisa masuk cuma pas berangkat aja?
    3. Kalo bisa masuk, free juga kah untuk makan minum menu disitu?

    Terimakasih min

  4. Mr Edwin.
    Kepo nih, fasilitas free airport lounge dari BNI itu artinya, apa pemegang kartu juga bebas menikmati makan dan minum gratis di lounge tersebut.

    1. Joel,

      Betul sekali. Anda bebas menikmati makan dan minum gratis di lounge tersebut. Sayangnya saya rasa BNI Lounge T3 ini mungkin sudah tidak ada lagi.

      1. Ini harus penerbangan garuda atau blh maskapai lain ya ? Apakah bs pakai maskapai lain dan punya bni garuda platinum ?

  5. Sedikit berbagi informasi supaya rekan2 pembaca lebih waspada dengan lounge ini. Ketika saya mengunjungi lounge ini oleh petugas yang jaga kartu saya diminta untuk diproses dan saya dipersilahkan duduk dan mengambil makanan serta minum. Setelah beberapa saat kartu saya dikembalikan beserta struk yang harus saya tanda tangani. Beberapa minggu kemudian saya mendapat sms dari BNI percobaan transaksi di Traveloka yang memberikan paycode. Langsung saya telepon call center dan benar ada percobaan transaksi padahal saya tidak transaksi apapun, kartu langsung saya blockir dan diganti kartu baru.

    Kecurigaan saya langsung tertuju kepada petugas yang mengambil kartu kredit saya di lounge ini, bukan bermaksud menuduh tapi itu kartu BNI baru saja saya terima dan baru sekali itu saja saya gunakan untuk akses masuk lounge.

    Kesalahan saya memang saya main langsung duduk saja karena saya mempercayai lounge ini sedikit lebih premium dr lounge yang lain karena syarat akses kartu yg cukup tinggi levelnya. Ternyata kita tetap harus waspada dalam menggunakan kartu kredit dimanapun

    1. Halo Berkah,

      Pada dasarnya akses lounge dengan kartu kredit tidak mempedulikan Anda terbang dengan maskapai apa, jadi bebas dengan maskapai apapun – ini berlaku bahkan untuk kartu kredit cobrand dengan maskapai (BNI Garuda).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea