IHG One Rewards | PinterPoin

IHG One Rewards: Program Baru IHG dengan Benefit Baru (Breakfast Gratis, Akses Lounge & Upgrade Suite)

IHG akhirnya mengumumkan detil perubahan programnya setelah sempat tertunda. Setelah sempat berganti nama dari IHG Rewards Club menjadi IHG Rewards, kini IHG akan kembali mengganti nama programnya menjadi IHG One Rewards.

Melihat dari nama baru tersebut, saya cukup yakin bahwa IHG kemungkinan akan mengintegrasikan beberapa programnya; IHG Rewards, InterContinental Ambassador dan Kimpton Inner Cirle, menjadi 1 program komprehensif. Untuk sementara, IC Ambassador dan Kimpton Inner Circle tetap berjalan seperti biasa.

Jika benar terjadi, maka simplifikasi tersebut pastinya akan disambut baik oleh loyalis IHG yang selama ini harus dibingungkan dengan adanya 3 program tersebut.

Kualifikasi Status IHG One Rewards

Per 13 April 2022 waktu Amerika, IHG akan menggunakan persyaratan baru untuk perolehan status elitnya. Berikut tabelnya:

Tidak bisa dipungkiri, pemegang status Diamond Elite dan Platinum Elite akan merasakan tambahan benefit yang menurut saya cukup impresif. Berikut detilnya:

  • Diamond: Hot breakfast gratis untuk 2 orang akan menjadi pilihan welcome amenity bagi anggota Diamond Elite. Benefit ini akan mulai aktif pada bulan Juni 2022 mendatang di semua properti IHG kecuali Kimpton tertentu, InterContinental Alliance Resorts (Las Vegas dan Macau), dan properti Mr. & Mrs. Smith
  • Diamond & Platinum: Anggota kini akan diberikan upgrade hingga ke suite jika tersedia ketika check in, anggota juga bisa memilih Confirmable Suite Upgrade sebagai salah satu pilihan Milestone Bonus (selengkapnya dibawah)
  • Diamond & Platinum: Akan bisa mengakses executive lounge dengan Milestone Bonus Annual Lounge Membership (selengkapnya dibawah)
  • Diamond: Akses support line khusus untuk anggota Diamond akan tersedia awal Juni 2022
Hotel Review InterContinental Bali Jivana Villa | PinterPoin
Akses lounge akan diberikan bagi anggota yang berhasil mencapai Milestone Bonus. Foto: Club InterContinental Bali | PinterPoin

Milestone Bonus

IHG juga akan meluncurkan Milestone Bonus yang sekilas mirip dengan Hyatt. Setiap kali anggota mencapai akumulasi malam tertentu, maka anggota akan berhak untuk memilih hadiah. Berikut pilihannya:

Milestone Bonus IHG

Perlu diperhatikan bahwa anggota yang meraih status Platinum/Diamond dengan akumulasi poin atau dengan membeli keanggotaan InterContinental Ambassador tidak bisa semerta-merta akan langsung diberikan benefit yang paling berharga.

IHG cukup cerdik dengan mengharuskan anggota untuk actually menginap 40/70 malam terlebih dahulu sebelum bisa memanfaatkan benefit paling berharga seperti akses lounge & upgrade suite. Misalnya anggota memilih benefit lounge tersebut di bulan Juni 2022, maka akses lounge akan diberikan hingga 31 Desember 2023.

Dari pengalaman saya, biasanya lounge InterContinental dan Regent tergolong cukup upscale dan eksklusif jika dibandingkan lounge hotel lain. Oleh karena itu saya sangat menyambut baik adanya tambahan ini meskipun diharuskan untuk menginap setidaknya 40 malam terlebih dahulu.

Opsi Confirmable Suite Upgrades juga menarik karena bisa digunakan untuk stay hingga 5 malam maksimal. Upgrade suite bisa dilakukan 14 hingga 1 hari sebelum tanggal check in.

Untuk opsi Food & Beverage Rewards, anggota akan diberikan kredit sebesar US$20 per 1 “sertifikat” yang hanya bisa digunakan ketika sedang menginap di hotel IHG. Benefit ini tidak bisa digunakan di properti Holiday Inn Vacation Club, Mr. & Mrs. Smith dan InterContinental Alliance Resorts.

Ketika berhasil mencapai malam tertentu, anggota diwajibkan untuk memilih Milestone Bonus dalam kurun waktu 90 hari. Jika tidak, maka bonus akan hangus dan tidak bisa diklaim lagi.

Hotel Review InterContinental Bali Jivana Villa | PinterPoin
Breakfast di InterContinental Bali. Foto: PinterPoin

Penutup

Akhirnya IHG One Rewards mengumumkan detil perombakan programnya, yang mana cukup memuaskan bagi saya. Selama ini saya selalu menaruh harapan pada program IHG yang saya pandang mempunyai potensi yang besar untuk bersaing dengan program lain seperti Marriott Bonvoy, Accor Live Limitless, dsb.

Benefit “mendasar” seperti breakfast akhirnya akan bisa dinikmati oleh loyalis tertinggi IHG (Diamond). Benefit yang lebih kompleks seperti akses lounge dan upgrade suite juga kini menjadi kenyataan.

IHG selama ini selalu menjadi program cadangan bagi saya setelah Hyatt, Marriott dan Hilton. Dengan perombakan IHG ini, saya harus mengkaji ulang strategi status elit hotel saya tahun ini. Sebagai pemegang status Diamond (sebelumnya Spire Elite), saya kini tertarik untuk mencapai setidaknya 40 malam guna mengamankan benefit akses lounge.

.

Apa pendapat Anda tentang perombakan program IHG?

H/T: LoyaltyLobby

Share
1 comment
  1. 40 malam dapat lounge benefits. 70 malam dapat lagi lounge benefits buat apa? kasih orang lain sebagai gift atau bisa utk tahun berikutnya?

    Ini target per tahun nights atau total?

    Thanks ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea