Masih ingat dengan promo Marriott Bonvoy bertajuk Terima Kasih Indonesia (kode promo: BOG) yang dikeluarkan pada bulan April 2020 lalu?

Promo tersebut saya anggap sebagai penawaran yang sangat menarik untuk menginap di hotel Marriott di Indonesia. Bahkan, bisa dibilang promo tersebut adalah yang terbaik sepanjang masa dan berpotensi menguntungkan. Apalagi saat ini sedang diadakan promo bonus poin 2.500 per stay & 5.000 poin setelah stay ke-3.

Menariknya, melihat beberapa bulan kebelakang, promo tersebut sepertinya ditarik-ulur:

  • Bulan April – The Westin Resort & Spa Ubud, Bali, menggebrak dengan promo Rp1.000.000,- nett untuk menginap 2 malam (kode yang digunakan adalah “BOG”). Menurut informasi dari pihak hotel ribuan voucher berhasil terjual dalam hitungan hari
  • Bulan Mei – promo “BOG” dan “LRR” mulai diterapkan pada banyak hotel/resort Marriott di Indonesia dan dijadwalkan untuk berakhir pada 15 Juni 2020
  • Bulan Juni – kedua promo tersebut akhirnya diperpanjang tanpa pemberitahuan resmi, dijadwalkan habis pada 19 Juli 2020
  • Bulan Juli – promo diperpanjang hingga 31 Juli 2020 pada sejumlah hotel, diduga karena adanya promo kolaborasi dengan Citibank
  • Bulan Agustus & September – promo “BOG” dan “LRR” secara resmi sudah berakhir, namun masih ada hotel yang menjual rate tersebut!

Saya masih ingat, pada tanggal 1 Agustus 2020, promo “BOG” dan “LRR” telah hilang dari sebagian besar hotel Marriott di Indonesia. Namun ternyata hingga saat ini, masih ada segelintir hotel yang masih menawarkan rate atraktif tersebut. Apa saja?

Promo Westin Ubud Rp1.000.000

Rp500.000,- nett per malam di The Westin Ubud (sudah berakhir) saya anggap sangat good deal. Saya memesan 4 malam untuk menginap di bulan November 2020.


Baca juga: Trik Mendapatkan US$30 Gratis dari Menginap di Hotel atau Berbelanja Online


Hotel Marriott yang Masih Menawarkan Rate “BOG”

Berdasarkan pencarian yang saya lakukan, terhitung sebanyak 7 properti Marriott di Indonesia masih bisa dicari dengan rate promo “BOG”. Properti-properti tersebut diantaranya:

  • The Hermitage Jakarta, A Tribute Portfolio – Rp800.000,- nett/malam (min. 2 malam)
  • Four Points by Sheraton Medan – Rp500.000,- nett/malam (min. 2 malam)
  • Fairfield by Marriott Surabaya – Rp400.000,- nett/malam (min. 2 malam)

Hotel-hotel berikut juga menawarkan rate “BOG” namun sayangnya harganya sama atau bahkan lebih mahal ketimbang harga normal:

  • Sheraton Belitung Resort (lebih mahal ketimbang rate standar)
  • Four Points by Sheraton Jakarta (lebih mahal ketimbang rate standar)
  • JW Marriott Medan (harga sama dengan rate standar)
  • Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa (harga kurang lebih sama dengan rate standar)

The Hermitage Jakarta menawarkan value yang sangat baik. Foto: PinterPoin.


Baca juga: Hotel Review: The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta


Good Deal?

Dari pengamatan saya, semenjak adanya promo “BOG”, harga rata-rata hotel Marriott di Indonesia turun secara drastis. Oleh karena itu, banyak hotel yang masih menawarkan harga yang mirip dengan rate BOG, namun tanpa minimum night.

Misalnya JW Marriott Jakarta saat ini bisa dipesan dengan harga dibawah Rp1 juta per malamnya. Kemudian ada juga JW Marriott Surabaya yang masih menawarkan harga di kisaran Rp600-800 ribu per malam.

Menurut pendapat saya, hanya The Hermitage Jakarta yang menawarkan value yang baik, terutama jika Anda memiliki status Platinum Elite keatas.

Renaissance Bali juga sebenarnya masih good value, namun seperti yang saya sebutkan diatas, harga non-promo “BOG” di Renaissance juga kini sudah menyamai. Anda tidak harus memesan 2 malam berturut-turut untuk bisa mendapatkan harga yang rendah tersebut.

Melalui promo “BOG”, saya pribadi telah memesan:

  • 4 malam di The Westin Resort & Spa Ubud, Bali
  • 3 malam di Renaissance Bali Uluwatu
  • 2 malam di The Hermitage

Status Match – Platinum Elite Marriott

Jangan lupa juga, Marriott Bonvoy saat ini tengah mengadakan program status match (penyamaan status) dengan loyalty program hotel lain. Baca tips melakukan status match di artikel ini.

Status Platinum Elite Marriott Bonvoy bisa dianggap sebagai sweet spot karena beragam benefit yang ditawarkan. Sebut saja tambahan poin, upgrade ke suite, akses lounge, late check out, early check in, dsb.

Properti Marriott seperti Four Points dan Fairfield di Bali aslinya masih menawarkan harga Rp450-500 ribuan per malam. Namun, jika Anda kebetulan berdomisili di Surabaya & biaya menjadi pertimbangan utama Anda, maka Fairfield Surabaya (Rp400.000,- nett per malam) adalah yang termurah saat ini di Indonesia dan mungkin saja di seluruh dunia.

Penutup

Segelintir hotel Marriott Bonvoy masih menawarkan rate promo Terima Kasih Indonesia “BOG” saat ini. Promo tersebut saya pandang sebagai penawaran terbaik sepanjang masa dari Marriott di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan promo ini, perlu diketahui jika promo ini seharusnya sudah habis sejak pertengahan bulan Juli 2020 lalu. Artinya rate “BOG” ini bisa saja dihilangkan kapanpun oleh pihak hotel.

Murni beropini, Marriott Bonvoy saya anggap sebagai loyalty program hotel terbaik di Indonesia. Untungnya, berkat adanya promo tersebut, kini hotel-hotel Marriott di Indonesia masih menawarkan harga yang atraktif.

.

Tertarik untuk memanfaatkan promo dari Marriott Bonvoy ini?