First Class Garuda Indonesia bisa dibilang merupakan produk pesawat komersil kebanggaan dan termewah yang dimiliki oleh Indonesia.

Saat ini, First Class Garuda hanya bisa ditemukan di pesawat widebody flagship Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300ER. Satu-satunya rute yang masih dilayani oleh First Class adalah Jakarta – Tokyo Haneda dan Denpasar – Tokyo Narita.

Artinya Anda harus terbang di rute tersebut untuk bisa menikmati produk terbaik Garuda Indonesia, kecuali jika Anda merupakan Presiden RI 😉 .

Saat ini, sedang ada harga menarik untuk First Class Garuda Indonesia yang bisa ditemukan dari bulan Mei hingga bulan Desember 2020. Spesifiknya, Anda bisa terbang di rute berikut dengan harga mulai dari:

  • Denpasar Bali – Tokyo Narita
    • One way: US$1,002
    • Round trip: US$2,103
  • Jakarta – Tokyo Haneda
    • One way: US$1,287
    • Round trip: US$2,699

Pencarian bisa dilakukan melalui Google Flights dan pemesanan melalui OTA Bravofly untuk penerbangan one way dan langsung melalui website Garuda Indonesia untuk penerbangan round trip.

US$1,002 untuk terbang di First Class Garuda dari Denpasar Bali ke Tokyo Narita. Via Google Flights.

US$1,287 untuk terbang di First Class Garuda dari Jakarta ke Tokyo Haneda. Via Google Flights.

Garuda Indonesia First Class

US$2,103 untuk terbang di First Class Garuda dari Denpasar ke Tokyo Narita pulang pergi. Via Google Flights.

Bagi Anda yang ingin terbang dari Bali (karena harga lebih murah) namun ingin merasakan lounge First Class di Jakarta, maka Anda juga bisa membeli tiket dengan transit di Jakarta dengan harga yang sama seperti ini:

Denpasar – Jakarta – Tokyo untuk merasakan lounge di Jakarta.

Perolehan GarudaMiles

Melalui penerbangan berbayar ini, Anda akan mendapatkan perolehan award/tier miles yang cukup besar karena Garuda Indonesia memberikan perolehan award/tier miles yang sama untuk tiket First Class apapun, termasuk discounted ticket:

Perolehan dari tiket First Class Garuda Indonesia.

Dari tiket Denpasar – Tokyo Narita one way, anggota reguler GarudaMiles akan mendapatkan:

  • 6 frekuensi GarudaMiles
  • 10.425 tier miles
  • 7.124 award GarudaMiles

Jika Anda mengincar status GarudaMiles, maka saya sarankan untuk membeli tiket dengan transit (contoh: Denpasar – Jakarta – Tokyo Haneda). Anda akan mendapat frekuensi, award, dan tier miles di tiap segmen penerbangan dimana total perolehannya akan menjadi:

  • 4 frekuensi (Business DPS-CGK) + 6 frekuensi (First Class CGK-HND)
  • 1.222 tier miles + 10.755 tier miles
  • 947 award GarudaMiles + 7.349 award GarudaMiles

Jika mengasumsikan Anda tidak memiliki status sama sekali dengan GarudaMiles, maka setelah penerbangan ini Anda akan langsung menjadi anggota Silver karena telah memenuhi persyaratan 10.000 tier miles atau 10 frekuensi.

PENTING: Saat ini memang bukan waktu yang tepat untuk traveling, namun menurut saya tidak ada salahnya untuk mulai membuat rencana bepergian di akhir tahun atau tahun depan. Tentu dengan harapan bahwa pandemik global Coronavirus (COVID-19) telah usai.

First Class Garuda Indonesia Diambang Kepunahan?

Saya sendiri memprediksi jika First Class Garuda akan segera dihilangkan. Sebelumnya, dari 10 pesawat Boeing 777-300ER, sebanyak 8 pesawat mempunyai kabin First Class. Kemudian Garuda melakukan perubahan strategi dan kemudian hanya tersisa 2 pesawat saja.

Lalu kita sempat dibuat “panik” ketika 1 dari 2 pesawat tersebut diambil alih oleh Istana Kepresidenan. Namun untungnya PK-GIG kembali melayani penerbangan komersial.

Melihat rendahnya permintaan untuk First Class dan rute yang terbatas hanya Tokyo, maka bukan tidak mungkin jika First Class Garuda akan segera dihilangkan.

Boeing 777-300ER Garuda Indonesia dengan kabin First Class (nomor registrasi PK-GIG) disewakan kepada Istana Kepresidenan. Foto: @putueka93.

Penutup

US$1,002 untuk First Class Garuda tentunya merupakan salah satu harga terendah yang pernah ditemui untuk produk kebanggaan Garuda ini. Namun mungkin saat ini akan terasa lebih mahal karena melemahnya kurs Rupiah dibandingkan USD.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Jepang atau ingin mencoba terbang di produk tersebut namun tidak memiliki GarudaMiles, maka ini merupakan kesempatan yang baik.

First Class Garuda Indonesia

US$1,002 tergolong rendah jika dibandingkan dengan harga pada umumnya. Via Google Flights.

Jika Anda tidak terburu-buru, maka mungkin Anda ingin menunggu hingga promo diskon penukaran GarudaMiles selanjutnya sembari mengumpulkan miles dari sekarang.

Diskon sebesar 30-50% untuk penukaran GarudaMiles umum untuk dijumpai. Tentunya diskon tersebut bisa sangat bermanfaat mengingat Anda memerlukan 108.000 GarudaMiles untuk terbang sekali jalan ke/dari Tokyo di First Class Garuda.

.

Apakah Anda tertarik untuk memanfaatkan harga murah untuk terbang di First Class Garuda?