BCA mendevaluasi konversi Reward BCA untuk GarudaMiles menjadi 198 : 1 dari sebelumnya 100 : 1 efektif pada 2 November 2020 lalu. Devaluasi ini boleh dikata cukup mendadak dan tidak ada pemberitahuan (notice) sama sekali.

Untungnya, tidak ada perubahan untuk konversi Reward BCA menjadi Singapore Airlines KrisFlyer.

Berdasarkan informasi dari pihak phone Customer Service BCA, devaluasi ini berlaku 2 tahun yakni dari 2 November 2020 – 2 November 2022 yang mana saya anggap cukup aneh karena baru kali ini saya menemukan devaluasi yang tidak permanen 🙂

Terdapat devaluasi konversi Rewards BCA menjadi GarudaMiles

Alternatif Penukaran

Dengan devaluasi ini, maka penukaran Reward BCA menjadi GarudaMiles sudah tidak menarik lagi.

Saat ini, opsi terbaik Anda adalah menukarkan Rewards BCA menjadi Singapore AIrlines KrisFlyer

Oleh karena itu, saya merekomendasikan Anda menukarkan Reward BCA Anda menjadi KrisFlyer Miles dengan skema konversi 150 : 1. Hal ini berarti untuk setiap 150 Reward BCA yang Anda tukarkan, Anda akan memperoleh 1 KrisFlyer miles senilai 210 Rupiah versi PinterPoin.

Mengecek Saldo Reward BCA

Terdapat banyak cara untuk mengecek saldo Reward BCA Anda namun yang termudah adalah dengan menggunakan BCA Mobile. Anda bisa mengecek saldo Reward BCA menggunakan BCA Mobile dengan cara sebagai berikut: m-BCA >> m-info >> info Reward BCA.

Alternatifnya, Anda bisa menghubungi Halo BCA untuk menanyakan saldo Reward BCA Anda. Hanya saja, cara ini memakan pulsa dan kurang efisien dibanding dengan apabila Anda mengeceknya melalui BCA Mobile.

Memperoleh Reward BCA

Anda bisa memperoleh Reward BCA setiap kali bertransaksi menggunakan kartu kredit BCA berlogo BCA Card. Jumlah Reward BCA yang Anda peroleh bergantung pada jenis transaksi namun rata-rata Anda akan memperoleh Reward BCA sejumlah 0,5% nilai transaksi Anda.

Kalau boleh jujur, saya sendiri sangat jarang menggunakan kartu kredit berlogo BCA Card sehingga saya kurang yakin dengan info persentase perolehan Reward BCA ini.

Hanya saja, berdasarkan pengalaman dan info dari berbagai narasumber, Anda bisa memperoleh Reward BCA sejumlah 0,5% – 5% nilai transaksi Anda yang mana bergantung pada jenis merchant tempat Anda melakukan transaksi.


Baca juga: Review Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Baca juga: Review Kartu Kredit BCA American Express Platinum


Penutup

Devaluasi ini boleh dikata cukup buruk terutama bagi Anda yang sering mengumpulkan Reward BCA.

Namun seharusnya jika Anda memiliki portofolio kartu kredit yang komprehensif, maka devaluasi Reward BCA ini tidak akan terlalu berasa terutama jika Anda sudah menggunakan kartu kredit dengan earning rate yang jauh lebih bagus.

BCA SQ Visa Infinite adalah kartu kredit dengan perolehan KrisFlyer Miles yang sangat baik di BCA

Bagi Anda yang masih belum menukarkan Reward BCA untuk airline miles, saya menyarankan Anda untuk menukarkannya dengan KrisFlyer dengan argumen nilai (value) yang Anda peroleh akan jauh lebih baik dibandingkan dengan jika Anda menukarkannya untuk GarudaMiles.

.

Apa pendapat Anda mengenai devaluasi konversi Reward BCA menjadi GarudaMiles ini?