Cerita Pembaca: Pengalaman Menukarkan KrisFlyer Miles Untuk iPhone SE di KrisShop

Cerita pembaca kali ini berasal dari BS yang menceritakan pengalaman beliau menukarkan 79.317 KrisFlyer Miles untuk Iphone SE di KrisShop. Nominal tersebut sudah termasuk ongkos kirim DHL ke Indonesia.

Berikut kisahnya:


(disunting untuk kemudahan membaca)

Bermula dengan kekhawatiran saya akan poin KrisFlyer yang segera hangus yang mana walaupun sudah di-extend oleh Singapore Airlines, dan sepertinya setelah di-extend lagi sekalipun saya masih belum ada rencana untuk pergi kemana-mana, maka saya memutuskan untuk menukarkan KrisFlyer sebesar 79.317 miles untuk sebuah iphone SE 2020 yang di KrisShop dibanderol seharga SGD 606.54 atau bisa juga ditebus dengan 75.817 KrisFlyer Miles. Sedangkan sisanya yaitu kurang lebih 3.500 miles adalah untuk ongkos kirim DHL.

Pajak dari barang tersebut dihitung dari harga barang senilai 606,54 SGD ditambahkan dengan biaya pengiriman sebesar 28 SGD. Setelah dikonversikan ke Rupiah, pajak yang harus saya bayar kurang lebih 17,5% harga total yaitu sebesar 1,18 juta Rupiah. Ditambah dengan biaya administrasi dari DHL, maka total biaya yang harus saya bayar adalah sebesar 1,358 juta Rupiah. 

Menggunakan DHL, pembayaran pajak sangat mudah dikarenakan DHL akan membayarkan terlebih dahulu pajak tersebut. Baru setelah mendapatkan clearance dari pihak kepabeanan (customs), DHL akan mengirimkan link pembayaran ke e-mail kita dan pada link tersebut juga terdapat opsi untuk membayar menggunakan transfer bank ataupun dengan menggunakan kartu kredit.

Sebelum KrisShop mengirimkan barang ke alamat saya via DHL, mereka mengirim surel terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi mengenai pajak dari barang yang saya redeem menggunakan KrisFlyer Miles ini. Mereka mengingatkan kalau barang ini akan kena pajak dan tidak bisa ditukarkan ataupun dikembalikan seandainya pembeli/penukar poin keberatan untuk membayar pajak yang ada.

Mereka juga meminta tax ID (NPWP) saya untuk dilampirkan ke DHL agar potongan pajak saya bisa minimal. Sesuai aturan pajak, jika orang tersebut tidak memiliki NPWP, maka pajak yang harus dibayar adalah 2 kali lipat pajak semula.

Berikut kronologis penukarannya:

  • 22 Juli: Poin saya redeem di KrisShop
  • 23 Juli: Pihak KrisShop mengirim surel untuk konfirmasi pesanan
  • 24 Juli: Barang dikirimkan
  • 30 Juli: Barang diterima

IMEI didaftarkan secara otomatis oleh pihak DHL setelah pajak saya bayarkan.


Opini

Kisah yang sangat menarik dari pembaca BS.

Berbeda dengan penukaran Asia Miles untuk gadget Samsung dengan diskon 50% yang terkendala masalah pengiriman, sekilas penukaran KrisFlyer Miles di KrisShop jauh lebih simpel dan tidak berpotensi menimbulkan masalah apapun.

Tukarkan KrisFlyer Miles dengan gadget Apple di KrisShop

Lantas, berapa value yang diperoleh dari penukaran KrisFlyer Miles untuk penukaran ini?

Berdasarkan Iprice, harga dari Apple Iphone SE 64GB adalah sekitar 7,8 juta Rupiah. Kurangkan angka tersebut dengan segala jenis pajak yang muncul sebesar 1,36 juta Rupiah maka akan ditemukan angka 6,44 juta Rupiah.

Bagi angka tersebut dengan total KrisFlyer Miles yang dibutuhkan yaitu 79.317 maka akan ditemukan valuasi sebesar 81,2 Rupiah per 1 KrisFlyer Miles.

Apakah penukaran tersebut merupakan penerapan redeem miles yang baik? Bisa ya, bisa tidak.

Jika airline miles Anda akan segera kadaluarsa (expired), maka penukaran ini merupakan strategi cash out yang cukup baik karena bagaimanapun juga 81,2 Rupiah masih jauh lebih baik dibanding 0 Rupiah.

Sebaliknya, jika Anda memiliki rencana traveling yang pasti dalam jangka waktu dekat ataupun menengah dan merasa nyaman memegang airline miles dalam jumlah besar di tengah ketidakpastian ini, maka penukaran ini bisa dikatakan bad value.

.

Apa pendapat Anda mengenai penukaran KrisFlyer Miles untuk Iphone SE ini? 

.

Artikel penukaran KrisFlyer dengan gadget bisa Anda baca di sini.

Share
38 comments
    1. kenapa diminta KTP ya? waktu saya redeem pihak krisshop hanya menanyakan tax ID saja, bukan ID Card saya.
      memang kebetulan alamat KTP saya sama dengan NPWP, tapi saya tidak mengirimkan scanned copy KTP maupun paspor saya ke krisshop.

      karena sebenarnya, pengiriman ini bisa saja dialamatkan ke orang lain, misalnya sebagai hadiah.

        1. hahaha, terima kasih juga sharing saya sudah ditampilkan disini mas Edwin, senang bisa berbagi.

          oh jika ada yang bertanya type iphone SE 2020 yang saya redeem, type yang saya redeem adalah yang paling terjangkau, 64GB.

        2. setelah order berapa lama kita akan di hubungi oleh pihak DHL ya? saya ada order juga lewat krisshop sudah 4 hari belum ada respon apa”, baru konfirmasi pesanan saja

    2. Pengalaman saya cuman dimintain npwp/tax id aja. Dan alamat yang saya gunakan juga beda dengan di npwp. Tetapi barang sampai dgn selamat tanpa ribet.

  1. Hati-hati dengan pembelian/pengiriman barang dari luar. Asumsi bahwa pihak pengiriman (seperti DHL) akan membayarkan pajak terlebih dahulu tidaklah benar, atau lebih tepatnya tidak selalu demikian. Belum lagi diminta tambahan dokumen seperti bukti bayar/transfer, ktp, npwp, tujuan pengiriman, dsb. Saya pernah beli obat dari Singapore seharga SGD 300 kirim ke jakarta, dari pihak DHL di indonesia menagihkan pajak 8jt lebih, walaupun dari pengirim disana sudah memberikan invoice dan sudah pre-paid tax. Sekedar sharing pengalaman saya

    1. Pak Luki,

      Terus… Seperti apa lanjutannya? Apa akhirnya obatnya Anda tebus atau Anda debat dengan DHL dulu agar pajaknya dikurangin atau sebagainya gitu? Apa ada solusi dari pihak DHL?

      1. Mau tidak mau ya tebus. Karena obat untuk keperluan orang tua dan nenek. Kalau udah masalah pajak debat juga tidak berguna, serasa debat dengan tembok saja. Pihak DHL juga tidak membantu. Hanya main tai-chi saja kesana sini (dari pihak dhl indo lempar ke bea cukai, bea cukai lempar ke pengirim & dhl singapore, dhl singapore lempar balik, dst)

    2. Spertinya ketentuan pajak untuk obat obatan emang mahal. Di indonesia kalau utk elektronik dibawah 1500 usd kalau nggak salah dikenakan 17.5%. Lalu pengalaman sy beli dompet di singapore terkena pajak sampe 47.5% dari bea cukai

      1. Yg membedakan adalah bagian tarif bea masuk barang. Bisa dari 7.5% – 30%.

        Kalau PPh & PPn Kurang Lebih sama.

        Terus Dr 2020 seharusnya PPh sudah turun Jd 0 Jadi tidak ada keperluan untuk NPWP lagi. Kalau seperti saya udah dari dulu sering kirim barang import masuk (keperluan pribadi Dan Pre order rame2 temen) Memang sudah mendaftar kan NPWP dari dulu.

        Karena dengan Adanya NPWP, PPh Itu Jadi 10%. Tanpa NPWP Itu 20%. Jadi tidak dobel secara keseluruhan sih ya seperti yg di tulis di article, hanya komponen PPh aja yg dobel.

        Bea tarif masuk
        PPn
        2 komponen ini tetep sama with/without NPWP

        Terus 1 tip, kalau ada pilihan jgn pake DHL. Pake lah JNE, tax nya Lebih murah Karena tax yg di tagih oleh DHL Itu sudah di bayar dulu oleh DHL Sebenarnya maka Itu barang sudah sampe sini baru tax di tagih. Tapi Karena itu jg, kalian di kenakan biaya oleh DHL. Coba baca breakdown tax cost kalian di rincian Dr DHL.

        Sedangkan dari JNE (biasa saya belanja di iherb, pajak JNE di bayar kan langsung dengan ongkir JNE nya sendiri)

        1. kebetulan sy cari artikel yg pernah belanja di iherb.. mohon info sy rencana beli obat di iherb total dirupiahin 600rb include tax ( sy pilih JNE krn palingmurah dan ternyata free shipping) apakah tax yg muncul di web iherb pada saat tiba di indonesia tidak ditagihkan kembali atau bagaimana ya? Terimakasih

        2. mbak jadi pesen dari iherb? boleh info ga gmn proses bayar pajaknya? apa yg di JNE emg udh termasuk pajak dll?

        3. Mba bagaimana kelanjutan belanja di iherb? Karna aku jg Ada rencana beli obat di iherb. Tolong Bantu info nya ya

  2. Saya redeem PS4 Pro, sama kaset PS4 ada 3.. Total miles abis 110rbuan sudah + ongkir DHL..

    Bayar pajak DHL 1,5jt.. Sama prosesna kurleb.. Jaga2 miles dlm waktu dekat tidak bsa maksimal digunakan..

    1. wah barusan saya cek PS4 Pro ada diskon redemption jadi hanya perlu 60ribu miles. sayang jumlah miles udah ga cukup hehehe

  3. Hmm, aneh ya dari artikel ini masih terkena pajak. Saya pengalaman 2x pengiriman dari Singapura melalui DHL di tahun ini tidak kena pajak sama sekali. Salah satunya redeem dari Krisshop. Memang pada waktu konfirmasi di email diinformasikan bahwa akan kena pajak, tapi di email saya sampaikan ke pihak Krisshop bahwa paket bisa dikirim sebagai mark as Gift. Demikian juga paket satunya sent as Gift. Alhasil sampai di Indonesia tinggal terima barang saja di rumah tanpa bayar sepeserpun. Kurang tau kenapa bisa begitu, mungkin kalau gift perhitungan pajaknya sudah include di biaya pengiriman. Mungkin ini salah satu trik yang bisa saya sharing dan tidak ada salahnya untuk dicoba. Minimal kalaupun berhasil jadi bisa lebih hemat seperti pengalaman saya sebelumnya.

      1. 1 hal kalau kirim as gift ada satu negative ya harap sadar.

        Kalau Paket hilang / destroy. Value yg di bayar gk akan sesuai brng, Jadi sebaiknya barangnya berharga jgn d kirim set as gift.

        Karena value yg di compensate biasa sesuai packing list.

        1. Oh berbeda antara gift dan declared value. Jadi dalam Consignment Note (CN) tetap akan declare value sesuai nilai barang, karena kalau ditulis 0 maka kemungkinan besar akan masuk SPJM / Jalur Merah di Bea Cukai. Mengenai gift hanya dicantumkan mark as gift, bukan dengan declare menjadi nol. Pada umumnya insurance akan mencakup sesuai nilai paketnya. Bukan berarti kalau misal kita kirim jam tangan mewah ke teman di luar negeri sebagai hadiah maka kita pasrah dan tidak bisa klaim kalau barangnya hilang ataupun diambil kurirnya.

  4. Mgkn tips ini bs digunakan utk produk lainnya, kalo utk HP sperti nya wajib bayar tax mengingat HP hrs didaftarkan imei nya

  5. Selamat siang,

    Itu ada pajak sekitar 17.5% yang dibayarkan, apakah itu sudah termasuk pendaftaran IMEI hp tersebut?

    Terima kasih mohon infonya.

        1. Saya juga baru melakukan penukaran miles untuk apple watch di krisshop.

          Total redemption sudah termasuk item cost, shipping cost (~30 SGD), dan import fees (~13% dari item cost).

          Apakah saya masih harus membayar untuk cukai nantinya?

        2. Terima kasih untuk informasinya. Izin bertanya lagi:

          1. Berarti pajak yang dibayar di Indo akan dikurangi dari import fee (~13% dari item cost) yang kita bayarkan ke SQ ketika checkout? Jika tetap bayar full (~17.5% dari cerita di atas), berarti import fee yang dibebankan ke kita dari SQ untuk apa ya?
          2. Penagihan pajak dari siapa? Apakah pihak SQ atau ekspedisi (DHL)?

        3. Penagihan dari DHL nya. Rinciannya :
          – IMPORT EXPORT DUTIES
          – ADMINISTRATION FEES
          – DUTY HANDLING CHARGES (ADVANCE PAYMENTS)
          – VAT FOR OTHER CHARGES

          Klo di persentase, total biayanya hampir 50% dari harga barang yang dibeli.

        4. MM, bagaimana kelanjutnnya? Apakah sampai Indo masih kena pajak lagi?
          Kebetulan saya blm ada rencana pergi k LN, saya mau tukar miles saya
          Saya coba test ombak, pembelian HP sudah kena import fee di krisshop, apakah sampai di Indonesia mesti bayar pajak lagi?

    1. Apakah ada yg pernah redeem milesnya 1-2 bulan terakhir?

      tadi saya coba checkout, udah ada termasuk taxnya… dan saya konfirmasi telp ke krisshop, katanya kalau udah ada tax pas checkout brarti udah include, tinggal terima barangnya aja… ada yang bisa konfirmasi kah?

      saya jg msh bingung punya 160rban miles, mau tukar iphone 13 atau ipad ya, secara value sih iphone harganya lebih mahal

  6. Saya mencoba redeem miles saya, dan dikenakan impor fee sebesar 40% . Harga barang 330 sgd ( headset senheisser ) sehingga tdk terasa ‘ menguntungkan’ menukar miles spore airlines

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea