Cerita pembaca kali ini berasal dari BS yang menceritakan pengalaman beliau menukarkan 79.317 KrisFlyer Miles untuk Iphone SE di KrisShop. Nominal tersebut sudah termasuk ongkos kirim DHL ke Indonesia.

Berikut kisahnya:


(disunting untuk kemudahan membaca)

Bermula dengan kekhawatiran saya akan poin KrisFlyer yang segera hangus yang mana walaupun sudah di-extend oleh Singapore Airlines, dan sepertinya setelah di-extend lagi sekalipun saya masih belum ada rencana untuk pergi kemana-mana, maka saya memutuskan untuk menukarkan KrisFlyer sebesar 79.317 miles untuk sebuah iphone SE 2020 yang di KrisShop dibanderol seharga SGD 606.54 atau bisa juga ditebus dengan 75.817 KrisFlyer Miles. Sedangkan sisanya yaitu kurang lebih 3.500 miles adalah untuk ongkos kirim DHL.

Pajak dari barang tersebut dihitung dari harga barang senilai 606,54 SGD ditambahkan dengan biaya pengiriman sebesar 28 SGD. Setelah dikonversikan ke Rupiah, pajak yang harus saya bayar kurang lebih 17,5% harga total yaitu sebesar 1,18 juta Rupiah. Ditambah dengan biaya administrasi dari DHL, maka total biaya yang harus saya bayar adalah sebesar 1,358 juta Rupiah. 

Menggunakan DHL, pembayaran pajak sangat mudah dikarenakan DHL akan membayarkan terlebih dahulu pajak tersebut. Baru setelah mendapatkan clearance dari pihak kepabeanan (customs), DHL akan mengirimkan link pembayaran ke e-mail kita dan pada link tersebut juga terdapat opsi untuk membayar menggunakan transfer bank ataupun dengan menggunakan kartu kredit.

Sebelum KrisShop mengirimkan barang ke alamat saya via DHL, mereka mengirim surel terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi mengenai pajak dari barang yang saya redeem menggunakan KrisFlyer Miles ini. Mereka mengingatkan kalau barang ini akan kena pajak dan tidak bisa ditukarkan ataupun dikembalikan seandainya pembeli/penukar poin keberatan untuk membayar pajak yang ada.

Mereka juga meminta tax ID (NPWP) saya untuk dilampirkan ke DHL agar potongan pajak saya bisa minimal. Sesuai aturan pajak, jika orang tersebut tidak memiliki NPWP, maka pajak yang harus dibayar adalah 2 kali lipat pajak semula.

Berikut kronologis penukarannya:

  • 22 Juli: Poin saya redeem di KrisShop
  • 23 Juli: Pihak KrisShop mengirim surel untuk konfirmasi pesanan
  • 24 Juli: Barang dikirimkan
  • 30 Juli: Barang diterima

IMEI didaftarkan secara otomatis oleh pihak DHL setelah pajak saya bayarkan.


Opini

Kisah yang sangat menarik dari pembaca BS.

Berbeda dengan penukaran Asia Miles untuk gadget Samsung dengan diskon 50% yang terkendala masalah pengiriman, sekilas penukaran KrisFlyer Miles di KrisShop jauh lebih simpel dan tidak berpotensi menimbulkan masalah apapun.

Tukarkan KrisFlyer Miles dengan gadget Apple di KrisShop

Lantas, berapa value yang diperoleh dari penukaran KrisFlyer Miles untuk penukaran ini?

Berdasarkan Iprice, harga dari Apple Iphone SE 64GB adalah sekitar 7,8 juta Rupiah. Kurangkan angka tersebut dengan segala jenis pajak yang muncul sebesar 1,36 juta Rupiah maka akan ditemukan angka 6,44 juta Rupiah.

Bagi angka tersebut dengan total KrisFlyer Miles yang dibutuhkan yaitu 79.317 maka akan ditemukan valuasi sebesar 81,2 Rupiah per 1 KrisFlyer Miles.

Apakah penukaran tersebut merupakan penerapan redeem miles yang baik? Bisa ya, bisa tidak.

Jika airline miles Anda akan segera kadaluarsa (expired), maka penukaran ini merupakan strategi cash out yang cukup baik karena bagaimanapun juga 81,2 Rupiah masih jauh lebih baik dibanding 0 Rupiah.

Sebaliknya, jika Anda memiliki rencana traveling yang pasti dalam jangka waktu dekat ataupun menengah dan merasa nyaman memegang airline miles dalam jumlah besar di tengah ketidakpastian ini, maka penukaran ini bisa dikatakan bad value.

.

Apa pendapat Anda mengenai penukaran KrisFlyer Miles untuk Iphone SE ini? 

.

Artikel penukaran KrisFlyer dengan gadget bisa Anda baca di sini.