Setiap penukaran miles, pastinya kita harus mempertimbangkan pajak dan biaya yang hadir bersama dengan sejumlah miles yang diperlukan. Kini, terdapat sebuah kabar yang kemungkinan besar akan membahagiakan bagi para loyalis Cathay Pacific, terutama bagi yang sering menukarkan miles.

Cathay Pacific resmi akan menghilangkan fuel surcharge efektif 1 Mei 2020. Saya menyebut kata kemungkinan besar di paragraf pertama karena ada kemungkinan fuel surcharge bisa diterapkan ke penerbangan hasil penukaran miles. Meski demikian, saya sendiri cukup yakin hal tersebut tidak akan terjadi.

Berikut update resmi dari website Cathay Pacific:

Cathay Pacific Fuel Surcharge

Cathay Pacific menghilangkan fuel surcharge efektif 1 Mei 2020.

Cathay Pacific Fuel Surcharge

Fuel surcharge untuk penerbangan dari Jepang.

Cathay Pacific Fuel Surcharge

Cathay Pacific menghilangkan fuel surcharge di hampir setiap penerbangan termasuk Indonesia.

Bisa dilihat jika seluruh penerbangan Cathay Pacific (kecuali dari Jepang dan Filipina) akan diuntungkan dari perubahan ini. Contoh jika Anda menukar miles untuk terbang dari Hong Kong ke Jakarta dengan Cathay, maka Anda akan menghemat US$48.7 yang saya rasa cukup signifikan.


Flight Review: Cathay Pacific First Class 777-300ER Tokyo Haneda – Hong Kong

Flight Review: Cathay Pacific First Class 777-300ER Hong Kong to Jakarta


Apakah Saya Harus Menunggu 1 Mei 2020 Untuk Membeli Tiket Cathay?

Saya merasa penghilangan fuel surcharge ini tidak akan berpengaruh banyak pada tiket yang dibeli dengan cash. Biasanya maskapai akan menaikkan harga tiket (base price) untuk menutupi biaya tersebut.

Artinya Anda tidak harus menunggu hingga 1 Mei untuk membeli tiket Cathay dengan cash untuk penerbangan di masa depan.

Sedangkan untuk penukaran miles, saya sarankan untuk menunggu hingga 1 Mei 2020 untuk menghemat fuel surcharge tersebut. Pengecualian jika Anda sedang mengincar award flight yang ketersediaannya langka.

Perlu diperhatikan jika penghilangan ini dipastikan hanya untuk penerbangan dengan pesawat Cathay Pacific saja. Jika Anda menukarkan Asia Miles untuk penerbangan maskapai oneworld lain, maka fuel surcharge akan tetap dikenakan sesuai kebijakan masing-masing maskapai.

Apakah Anda senang dengan penghilangan fuel surcharge Cathay Pacific ini?

H/T: The Milelion