Cara Menukarkan KrisFlyer Miles untuk Anak Berusia Dibawah 2 Tahun | PinterPoin

Cara Menukarkan KrisFlyer Miles untuk Anak Dibawah 2 Tahun (Infant)

Pada artikel ini, saya akan membagikan mekanisme award redemption KrisFlyer untuk anak-anak berusia dibawah 2 tahun (infant). Ketika Anda membeli tiket dengan uang, maka Anda bisa langsung menambahkan infant secara online tanpa kerumitan. Lain ceritanya bagi penumpang yang ingin menukarkan KrisFlyer miles bagi infant.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya Singapore Airlines tidak mengijinkan penukaran KrisFlyer miles untuk anak dibawah 2 tahun. Lalu bagaimana cara menambahkan infant ke dalam award redemption Anda?

Proses menambahkan infant bisa dibilang sangat mudah dan straightforward. Berikut tips dan langkah-langkahnya:

  1. Anda harus terlebih dahulu menukarkan miles untuk diri sendiri
  2. Ketika tiket hasil penukaran miles sudah diterbitkan, Anda kemudian harus menelpon ke KrisFlyer untuk menambahkan infant (proses ini tidak bisa dilakukan online)
  3. Informasikan kepada agen Singapore Airlines bahwa Anda ingin menambahkan infant ke reservasi Anda. Agen telepon KrisFlyer biasanya sudah tahu tentang hal ini dan bisa membantu dengan cepat
  4. Satu orang penumpang hanya boleh menambahkan 1 infant
  5. Anak berusia dibawah 2 tahun dibebaskan dari penukaran miles, namun bukan berarti anak Anda akan bisa terbang secara gratis sepenuhnya. Anda masih diharuskan untuk membayar 10% dari harga tiket aktual pada hari itu untuk tiket anak Anda
  6. Sebisa mungkin untuk mengecek harga tiket sebelum menambahkan infant agar Anda tahu lebih dulu berapa harga kira-kira yang akan ditagihkan
  7. Ketika infant sudah berhasil ditambahkan, penumpang akan berhak untuk memilih kursi dengan bassinet di bulkhead, kursi ini biasanya di simpan untuk anggota PPS karena faktor ruang kaki yang lebih lega
  8. Infant juga akan mendapatkan jatah 1 bagasi dan Anda akan bisa melakukan pre-order makanan untuk infant.

Perlu diperhatikan juga bahwa maskapai umumnya sangat ketat perihal umur anak. Misalnya pada hari keberangkatan, anak Anda berusia 2 tahun + 1 hari, maka tiket anak Anda akan dihanguskan & Anda diwajibkan untuk membayar cash untuk tiket children yang mana hampir mendekati harga tiket orang dewasa. Jadi pastikan usia anak Anda masih dibawah 2 tahun pada tanggal penerbangan.

Pengalaman Pribadi

Kami menukarkan 99.000 KrisFlyer miles + US$12.40 (per orang) untuk tiket business class sekali jalan di rute terpanjang di dunia; New York (JFK) – Singapore (SIN).

Kebetulan ketika saya menelpon, Singapore Airlines pada hari tersebut baru mengumumkan bahwa penerbangan dari New York dikategorikan sebagai penerbangan VTL. Alhasil, harga tiket aktual melonjak dari US$2,000an menjadi US$6,000an sekali jalan! Akhirnya saya membayar pajak sekitar US$600an untuk tiket anak saya, yang mana tergolong mahal.

Andaikan saya menukar 1 hari lebih awal sebelum VTL diumumkan, biaya yang harus saya keluarkan hanya dikisaran US$200an saja. Sebisa mungkin langsung menambahkan infant ke reservasi ketika Anda merasa harga tiket sudah masuk akal.

Terbang dengan infant akan lebih nyaman di business class

Penutup

Bepergian dengan anak-anak, terutama yang masih berusia belia bisa membingungkan dan menakutkan bagi orang tua. Persiapan lebih tentunya sangat diperlukan, mulai dari membuat reservasi tiket hingga pada saat perjalanan.

Menambahkan infant ke award redemption KrisFlyer bisa dibilang cukup mudah. Untungnya, Singapore Airlines merupakan maskapai yang cukup memudahkan proses tersebut. Sebelumnya, saya pernah mencoba menambahkan infant untuk penerbangan Japan Airlines & ternyata cukup sulit karena kendala bahasa dan lamanya waktu menunggu.

Pada umumnya hampir semua maskapai akan mewajibkan infant untuk membayar 10% dari harga aktual tiket. Saya sarankan untuk mengecek harga tiket terlebih dahulu agar Anda mendapat gambaran berapa biaya yang akan ditagihkan untuk menambahkan infant Anda ke award KrisFlyer.

Share
9 comments
  1. Dear Pak Vincent
    Kalau redeem award children yang beda kelas dengan orangtua, apa via call center juga?
    Misalnya ortu dikasih kelas biz, anak2 redeem eco.
    Sistim reservasi SQ mengharuskan ada 1 adult. Tidak bisa pilih 2 children eco

    1. Delcan,

      Setahu saya khusus untuk infant tidak bisa mempunyai tiket sendiri tanpa kehadiran orang tua/wali.

      Untuk kasus children beda kabin dengan orang tua, seharusnya bisa diakali dengan menelpon ke call center SQ.

  2. Hi pak, kebetulan sekali saya sedang cari info ttg hal ini, dn terjawab di blog ini.

    Izin tanya, untk infant apa dapat meal + bagasinya, mohon informasi nya pak?

  3. Thank you Pak Vincent, saya baru aja add infant di redeemed flight saya dengan step di atas. Cukup straightforward via call center dan langsung di-assign seat dengan bassinet. Paling memang agak lama aja ya call center, saya hitung-hitung tadi hampir 30 menit dari call mulai sampai assign seat hehehehe.

  4. Pak Vincent,

    Anak infant saya twins. Kalau saya tambahkan mereka di tiket saya dan suami, tetap bisa kan? apakah di business class saama seperti di economy, dmna emergency oxygen mask nya hanya available 1 di setiap row? if yes, artinya saya dengan suami gk bisa duduk sebelahan dong ya?

  5. Hi Pak Vincent,

    Mau tanya,
    1. saya mau redeem flight dengan komposisi 2 adult, 3 child, 1 infant tetapi pas hari keberangkatan anak saya sudah over 12 tahun yaitu akan menjadi adult, apa akan masalah di hari keberangkatan? karena jika saya redeem sekarang, anak saya tidak muncul di kategori adult tetapi di kategori child.
    2. Pas di hari keberangkatan infant saya masih di bawah 2 tahun, bagaimana caranya redeem flight untuk si kecil jika saya mau beli seat (bukan di bassinet) untuk dia?
    mohon bantuannya, sangat membingungkan.

    1. Pak Michael,

      1. Untuk redemption tidak masalah karena jumlah miles yang diperlukan tetap sama antara adult & children.

      2. Untuk redeem seat infant, Anda saya sarankan untuk menelpon langsung ke airlines karena penukaran miles untuk infant biasanya tidak bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea