Jika tidak memfaktorkan adanya promo cashback atau diskon, maka DANA bisa dengan mudah menjadi aplikasi pembayaran online favorit saya. Alasannya? Karena bisa membayar menggunakan kartu kredit yang berarti mendapatkan poin/miles, bahkan untuk transaksi bernominal kecil sekalipun.

Selama ini, DANA hanya menerima kartu kredit terbitan Visa, MasterCard, dan GPN. Kabar baiknya, kini DANA telah menerima kartu terbitan American Express dan JCB.

DANA American Express JCB

Kartu terbitan JCB dan American Express kini bisa digunakan pada aplikasi DANA.

Sepertinya penambahan tersebut baru resmi diimplementasikan hari ini, 4 Juli 2020. Kini, setelah melakukan percobaan, bisa dipastikan kartu Amex dan JCB memang bisa digunakan di aplikasi DANA.

DANA Amex American Express JCB

Penambahan JCB dan Amex saya anggap wajar mengingat semakin populernya kartu-kartu terbitan 2 penerbit kartu global tersebut. Bahkan kartu JCB Ultimate dari CIMB Niaga sempat menjadi kartu kredit terbaik di Indonesia, namun sayangnya harus mengalami devaluasi.

Saat ini, untuk pasar Indonesia, JCB sudah menggandeng sejumlah bank ternama di Indonesia yang terdiri dari; BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Mandiri, dan Maybank.

Sedangkan American Express di Indonesia menggandeng BCA dan Bank Danamon untuk kartu personal, BNI dan Danamon untuk kartu business, dan Danamon untuk kartu korporat.

CIMB Niaga JCB Ultimate

CIMB Niaga JCB Ultimate sempat menjadi kartu kredit terbaik di Indonesia. Foto: CIMB Niaga.


Baca juga: Promo: Welcome Bonus 1.000.000 Membership Rewards Untuk Kartu BCA American Express Platinum

Baca juga: Trivia: Penampakan Asli Kartu American Express Centurion ‘Black Card’


Penutup

Sekilas melihat, JCB dan American Express sendiri saat ini sedang berusaha keras untuk melakukan penetrasi ke market Indonesia. Tentunya penambahan kedua penerbit kartu tersebut saya pandang sebagai sesuatu yang positif bagi aplikasi DANA kedepannya.

Sayangnya, DANA tergolong jarang mengadakan promo belakangan ini. Jika DANA mampu menambahkan promo menarik menyaingi kompetitornya, maka DANA akan dengan mudah selalu menjadi pilihan utama saya.

.

Apa pendapat Anda tentang penambahan JCB dan American Express pada aplikasi DANA?