Menarik: 4 Hotel Indonesia Masuk ‘100 Best Hotels in the World’

Baru-baru ini majalah traveling favorit saya Travel+Leisure (T+L) mengumumkan daftar pemenang penghargaan tahunan yang merupakan hasil dari voting para pembacanya.. Menariknya, 4 hotel di Indonesia masuk dalam list ‘100 best hotels in the world‘ tersebut.

Survei dari T+L ini dilakukan di periode tanggal 25 Oktober 2021 sampai dengan 28 Februari 2022 dan hasilnya diumumkan di majalah T+L edisi Agustus 2022 dan di website T+L. Jika Anda tertarik untuk mengetahui metodologi survei, silahkan merujuk ke link ini.

Untuk daftar lengkap dari 100 hotel terbaik dunia, Anda dapat melihat daftarnya dengan lengkap di sini.

Rosewood Castiglion Del Bosco menjadi hotel #1 terbaik di dunia tahun 2022 versi T+C

Saya sendiri termasuk golongan traveler yang selain menyukai eksplorasi negara-negara baru dan juga mempunyai impian untuk menginap di hotel-hotel terbaik dunia (harap digarisbawahi kata: ‘impian’ 😁).

Di tahun 2022 ini, Indonesia berhasil menorehkan ‘prestasi’ dengan mengisi 4 slot dari total 100 slot yang tersedia. Berikut adalah daftar hotel yang berhasil menempati posisi ‘100 best hotels’ tersebut:

NoNama HotelPeringkatJaringan Hotel
1Capella Ubud, Bali7GHA Discovery
2Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve, Bali13Marriott Bonvoy
3Nihi Sumba, Sumba37
4Alila Villas Uluwatu, Bali 49World of Hyatt

Faktanya, jika kita melihat daftar di atas, 3 dari 4 hotel pemenang merupakan hotel-hotel yang tergabung dalam jaringan-jaringan hotel dunia yang tentunya sudah tidak awam buat para pembaca PinterPoin 😉.

Tergabung ke dalam jaringan-jaringan hotel tentu saja memperbesar kesempatan untuk dapat menginap di hotel-hotel tersebut karena kita tidak dibatasi hanya bisa menggunakan uang tunai saja tetapi kita juga bisa menggunakan poin yang telah susah payah dikumpulkan!

Nihi Sumba masuk pada salah satu ‘top 100 hotels’. Foto: Nihi Sumba

Cara Menginap Smart Ala PinterPoin

Untuk relevansi dengan konsep yang diusung PinterPoin, mari kita menelisik lebih lanjut 3 hotel selain Nihi Sumba yang mana Anda bisa menggunakan poin untuk menginap.

Capella Ubud, Bali
Foto: Capella Ubud, Bali

Resor yang didisain oleh Bill Bensley ini menggunakan sebuah jembatan suspensi untuk menuju ke 22 villa tenda yang terletak di tengah hutan yang rindang bersama desa-desa kecil dan berhektar-hektar sawah di lembah Keliki, Ubud.

Capella Ubud pernah menduduki peringkat 1 di tahun 2020 silam dan sudah berulang kali masuk di 10 besar teratas. Termurah, hotel ini pernah dibanderol sekitar Rp11,000,000/malam. Capella Ubud adalah salah satu hotel impian saya, namun saya sendiri berdomisili di Bali sehingga sulit sekali menjustifikasi uang sebanyak itu untuk sebuah staycation.

Brand Capella sendiri tergabung dalam GHA Discovery yang belum terlalu lama ini merombak program loyaltinya menjadi lebih menarik dari sebelumnya dengan memberikan poin berupa cashback pada saat menginap. Cashback ini dinamakan Discovery Dollar (D$) dan besaran cashback yang diberikan tergantung pada tier keanggotaannya (kisaran 4-7%) di mana 1 D$ ekuivalen dengan 1 USD.

Sayangnya, status Titanium yang ‘hanya’ memberikan 2 tingkat room upgrade dan D$ yang masih sedikit membuat saya masih belum besar hati untuk mencoba hotel eklektik ini.

Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve, Bali
Photo: Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve

Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve juga terletak di Ubud namun hotel ini memiliki konsep yang berbeda dengan Ritz-Carlton pada umumnya.

Jika properti Ritz-Carlton ‘biasa’ digolongkan ke dalam kategori hotel eksklusif maka Brand Ritz-Carlton Reserve dibuat jauh lebih ekslusif lagi. Brand ini khusus ditujukan kepada traveler-traveler yang mengapresiasi pengalaman menginap immersive di lokasi yang eksotis dengan harga menginap lebih premium lagi tentunya!

Sekedar informasi, saat ini Ritz-Carlton Reserve hanya ada di 5 lokasi saja, yaitu:

Selama ini, brand ‘Ritz-Carlton Reserve’ tidak tergabung dengan Marriott Bonvoy sehingga anggota Marriott Bonvoy tidak dapat memperoleh poin saat menginap dan tidak dapat menggunakan poin untuk menginap di brand ‘Ritz-Carlton Reserve’ ini. Untungnya, sejak pertengahan April 2022, mereka telah resmi bergabung dengan Marriott Bonvoy sehingga Anda bisa menebus akomodasi di hotel ini menggunakan poin Marriott Bonvoy.

Meski begitu, menginap di Mandapa lagi-lagi juga memaksa kita untuk merogoh kantong dalam-dalam, harga termurah untuk 1 malam setidaknya di kisaran angka Rp12,000,000. Kita dapat menginap dengan menebus sekurang-kurangnya sebesar 94,000 poin Marriott Bonvoy di tanggal-tanggal tertentu.

Tentu saja 94,000 poin adalah jumlah yang sangat banyak, namun setidaknya kesempatan untuk menginap di Mandapa menjadi lebih besar dan jumlah poin masih dalam kisaran angka yang masuk akal. Kesempatan menggunakan poin dan harapan upgrade kamar karena status Titanium Marriott Bonvoy mendorong saya untuk segera mewujudkan impian saya untuk menginap di Mandapa di masa mendatang.

Alila Villas Uluwatu, Bali
Photo: Alila Villas Uluwatu

Alila Villas Uluwatu adalah properti Alila pertama yang keseluruhan kamarnya adalah Villa. Berlokasi di Uluwatu, hotel ini menawarkan pengalaman yang berbeda dengan 2 hotel sebelumnya yaitu view lautan lepas khas Uluwatu yang menakjubkan.

Alila Villas Uluwatu sendiri adalah satu-satunya hotel Indonesia yang berada di dalam daftar pemenang T+L 2022 yang pernah saya inapi. Sebagai pemilik status Globalist, saya tidak mendapatkan upgrade karena hotel ini tidak memiliki tingkatan-tingkatan selazimnya hotel pada umumnya.

Alila Villas Uluwatu mengkategorikan tipe berdasarkan jumlah kamar saja yaitu: Villa 1, 2, dan 3 kamar. Pihak hotel kala itu berbaik hati dengan menempatkan saya di Villa di posisi tertinggi yang menawarkan pemandangan lautan yang lebih jelas dibandingkan di posisi dibawahnya.

Harga menginap permalam di hotel ini dipatok sekurang-kurangnya sekitar Rp13,500,000-an. Anda dapat menggunakan poin World of Hyatt anda senilai 25,000/30,000/35,000 poin (off-peak/standard/peak). Valuasi yang sangat baik apabila mengacu pada valuasi PinterPoin tahun 2022.

Saya sendiri ketika itu menginap di Alila Villas Uluwatu di tahun 2021 dengan menggunakan certificate 1-7 yang saya dapatkan sebagai hadiah setelah berhasil menyelesaikan milestone ke 60 malam tahun lalu.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengumpulkan poin sebanyak itu maka salah satu solusi terbaik adalah dengan membeli poin World of Hyatt pada saat promosi. Promosi penjualan poin ini biasanya dengan skema pemberian bonus atau diskon.


Baca Juga: Valuasi Poin & Miles Tahun 2022


Penutup

Ajang ‘The 100 Best Hotels in the World’ edisi tahun 2022 versi survei T+L telah dirilis dan 4 hotel di Indonesia berhasil masuk di dalam daftar tersebut.

Capella Ubud, Mandapa, dan Alila Villas Uluwatu adalah 3 hotel yang tergabung dalam jaringan-jaringan hotel yang keanggotaannya sudah banyak dimiliki oleh warga negara Indonesia terlebih lagi warga negara PinterPoin 😃. Dengan memanfaatkan poin dan status elit hotel, Anda akan bisa menginap dan memperoleh manfaat yang lebih ketika menginap di hotel-hotel tersebut.

Harap diingat, penghargaan ini adalah semata-mata hasil dari survei tahunan pembaca majalah T+L yang bukan berarti hotel-hotel tersebut adalah terbaik secara objektif. Setidaknya dengan adanya penghargaan T+L ini, kita bisa mendapat input lebih akan hotel-hotel yang mungkin mau kita coba suatu hari nanti di masa depan.

Apakah Anda Setuju Dengan Pemenang-pemenang Tahun Ini? Hotel Indonesia Mana yang Seharusnya Masuk Penghargaan Best 100 Hotel ini?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea