Setelah tertutup selama lebih dari 2 tahun akibat pandemi COVID-19, turis asal Indonesia akan segera bisa mengunjungi Singapura tanpa harus menjalani karantina!

Terkini, pemerintah Singapura menambahkan Indonesia, India, Uni Emirat Arab, Qatar dan Saudi Arabia ke dalam daftar negara yang berpartisipasi dalam VTL (Vaccinated Travel Lanes).

Kebijakan tersebut akan berlaku mulai hari Senin, 29 November 2021 dan dijadwalkan hingga 26 Maret 2022 (tentatif).

Cara Kerja VTL

Tertarik untuk mengunjungi Singapura tanpa harus menjalani karantina? Apa implikasi dari bergabungnya Indonesia ke daftar negara VTL Singapura?

Berikut poin-poin penting yang wajib Anda ketahui agar bisa mengunjungi Singapura melalui VTL (tanpa karantina):

  • Pengunjung wajib menetap selama 14 hari di salah satu negara VTL sebelum mengunjungi Singapura
  • Pengunjung wajib menyertakan hasil tes negatif COVID-19 72 jam sebelum keberangkatan
  • Pengunjung yang bukan merupakan warga negara/permanent resident Singapura wajib mendaftarkan diri secara online untuk mendapatkan VTP (Vaccinated Travel Pass). Untuk Indonesia, VTP akan dibuka pada tanggal 22 November 2021.
  • Pengunjung wajib mengambil penerbangan yang resmi ditunjuk untuk VTL (selengkapnya dibawah)
  • Pengunjung wajib sudah divaksinasi secara penuh & bisa menunjukkan bukti secara digital
  • Pengunjung akan menjalani 2x tes COVID-19 sebagai pengganti karantina atau Stay-Home Notice
  • Anak berusia dibawah 12 tahun yang belum divaksinasi diizinkan untuk pergi bersama dengan orang tua yang sudah divaksinasi penuh
Tidak Ada First Class Suites Singapore Airlines Hingga Setahun Kedepan 355 Hari | PinterPoin

Singapore Airlines akan mengoperasikan penerbangan VTL perdana di rute Jakarta – Singapura. Foto: PinterPoin

Penerbangan VTL Indonesia – Singapura

Untuk saat ini, hanya ada 1 penerbangan yang dipilih sebagai penerbangan resmi VTL. Penerbangan tersebut dioperasikan oleh Singapore Airlines dengan jadwal sebagai berikut:

  • Periode: 29 November 2021 – 26 Maret 2022
  • Penerbangan: Singapore Airlines SQ953 (8:25am – 11:10am)

Untuk menghindari kebingungan, Singapore Airlines memberikan tanda khusus untuk penerbangan VTL yang nampak seperti ini di website-nya:

Penerbangan khusus VTL

Apabila Anda memutuskan untuk berkunjung ke Singapura, maka perlu diketahui bahwa (sejauh ini) WNI/WNA masih harus menjalani karantina ketika masuk ke Indonesia.

Pelaku perjalanan internasional penerima vaksin 1 dosis wajib menjalani karantina selama 5 hari. Sedangkan yang sudah menerima vaksin 2 dosis hanya wajib menjalani karantina selama 3 hari.


Tips: Gunakan Situs Ini Untuk Membandingkan Hotel Karantina di Jakarta


Penutup

Pengunjung Indonesia akan bisa mengunjungi Singapura tanpa harus menjalani karantina. Salah satu persyaratan utamanya adalah pengunjung berusia diatas 12 tahun wajib telah divaksinasi & bisa menunjukkan bukti vaksinasi secara digital.

Cepat atau lambat, pastinya kita harus hidup berdampingan dengan COVID-19. Saya pribadi optimis bahwa akan semakin banyak negara yang kembali membuka akses, dengan syarat pengunjung telah divaksinasi.

Sejauh ini, Indonesia masih menutup akses bagi pengunjung dari Singapura. Dengan dibukanya VTL bagi turis Indonesia, tentunya ada kemungkinan Indonesia akan turut membuka akses bagi pengunjung Singapura.

.

Tertarik untuk mengunjungi Singapura tanpa harus menjalani karantina?