Setahun Sekali: Bonus 100% Pembelian Miles AEGEAN, Tukar Untuk Penerbangan Star Alliance

Seperti yang saya duga, menyusul devaluasi yang baru saja dilakukan, kini AEGEAN telah resmi meluncurkan promo Black Friday bonus pembelian miles. Anda akan mendapatkan bonus 100% saat membeli miles AEGEAN pada periode promo yang berlangsung hingga 30 November 2019 (pukul 23.59 malam waktu Yunani).

AEGEAN 100%

Sekilas Tentang AEGEAN

AEGEAN merupakan maskapai anggota Star Alliance yang mungkin jarang terdengar. Namun, frequent flyer program maskapai yang berbasis di Yunani tersebut, Miles+Bonus, sejak lama telah menjadi pilihan populer bagi miles enthusiast.

Jika Anda benar-benar menekuni dunia poin & miles ini, maka mungkin Anda akan lebih memilih untuk mengkreditkan miles dari penerbangan ke AEGEAN ketimbang frequent flyer program Star Alliance yang populer seperti KrisFlyer.

Tukarkan miles AEGEAN untuk terbang dengan maskapai Star Alliance.

Syarat & Ketentuan Promo

  1. Award miles can be purchased by all active Miles+Bonus Members, regardless of their tier.
  2. Members are eligible to purchase up to 50,000 Award miles within their membership year (twelve consecutive months from their enrollment or last tier upgrade/retain). It is clarified that Members that haven’t registered at least one flight on their Miles+Bonus account, are eligible to purchase up to 30,000 Award miles.
  3. Purchase of Award miles cannot be canceled after completion, thus the transaction value is non-refundable.
  4. Award miles are sold in sets of thousand (1,000) at the price of 25.00€ per set.
  5. Award miles are credited to the Member’s Account immediately after the completion of the transaction.
  6. Purchase of Award miles can be realized only online, through www.aegeanair.com, after the Member logs in to Miles+Bonus using his/her personal credentials.
  7. The purchased Award miles are subject to the terms and conditions of Award miles as those are referred to the Miles+Bonus program.
  8. It is clarified that additional documentation may be requested upon payment completion.
ANA First Class THE Suite
Terbang di First Class ANA terbaru di pesawat 777-300ER ke Eropa dengan menukarkan 90.000 miles AEGEAN. Foto: ANA.

Tabel Award AEGEAN

AEGEAN menggunakan 1 tabel award untuk menentukan jumlah miles yang dibutuhkan ke setiap zona. Indonesia dan Asia dikategorikan sebagai ‘Far East’ dalam tabel tersebut.

Tabel penukaran miles AEGEAN. Harga yang tertera pada award chart tersebut merupakan harga round-trip. Untuk mendapatkan harga one way, Anda hanya perlu membagi 2 jumlah miles yang tertera tersebut.

Sweet Spot?

Sebelumnya, saya menganggap jika Business Class intra Asia merupakan sweet spot terbaik pada program AEGEAN. Anda hanya membutuhkan 21.000 miles untuk terbang 1x di Business Class maskapai Star Alliance kemanapun di Asia.

Artinya, dengan 42.000 miles (sekitar Rp 8 juta), Anda bisa membuat itinerary seperti:

  • Terbang pulang pergi ke Jepang di Business Class ANA
  • Terbang pulang pergi ke Korea di Business Class Asiana
  • Terbang pulang pergi ke Beijing di Business Class Air China

Baca artikel sebelumnya (tahun lalu) di link ini.

Sayangnya, dengan devaluasi yang baru saja dilakukan, sweet spot tersebut kini sudah menjadi semakin mahal. Anda kini membutuhkan 65.000 miles seharga Rp 12.610.000 (v.s. 42.000 miles seharga Rp 8 juta).

Penukaran Lain?

Untungnya, tidak banyak perubahan yang melibatkan region Far East selain rute intra Far East itu sendiri. Saya pribadi masih melihat valuasi yang baik di beberapa rute seperti:

  • Far East ke Hawaii
    • Business Class: 55.000 miles one way
    • First Class: 75.000 miles one way
  • Far East ke Afrika Selatan
    • Business Class: 55.000 miles one way
    • First Class: 75.000 miles one way
  • Far East ke Eropa & Afrika Utara
    • Business Class: 65.000 miles one way
    • First Class: 90.000 miles one way
  • Far East ke Amerika Serikat & Amerika Selatan
    • Business Class: 75.000 miles one way
    • First Class: 100.000 miles one way
AEGEAN Star Alliance
Gunakan miles AEGEAN untuk terbang dengan ANA. Foto: PinterPoin.

Tetap Mengkreditkan Penerbangan Star Alliance ke AEGEAN?

AEGEAN Miles+Bonus merupakan salah satu program Star Alliance yang tergolong generous, baik dalam perolehan miles dengan maskapai partner atau kemudahan mendapatkan status Star Alliance Gold.

Saya pribadi hampir selalu mengkreditkan penerbangan Star Alliance saya ke AEGEAN atau Alaska untuk perolehan miles yang lebih besar (seringkali diatas 100% meskipun tiket promo). Satu-satunya perubahan yang berdampak bagi saya & kebanyakan orang Indonesia adalah kenaikan harga award intra Asia saja.

Selain devaluasi tersebut, miles AEGEAN tetap atraktif di kebanyakan rute lain, terutama dengan adanya bonus 100% ini. Sejauh ini, saya masih menganggap AEGEAN sebagai frequent flyer program Star Alliance yang jauh lebih menarik ketimbang KrisFlyer.

Oleh karena itu, saya akan tetap mengkreditkan penerbangan ke AEGEAN Miles+Bonus, setidaknya untuk beberapa waktu ke depan.

Apakah Anda tertarik untuk membeli miles AEGEAN dengan bonus 100%?

H/T: Running with Miles

Share
21 comments
  1. Apakah bonus pembelian 100% Aegean miles ini rutin diadakan setiap tahun ?
    Dari segi penukaran apakah Aegean lebih baik dari Alaska ?

    1. Aurela,

      Secara historis, bonus 100% hanya dilakukan pada Black Friday saja (minggu ke-4 di bulan November). Artinya ini merupakan saat terbaik untuk membeli miles AEGEAN.

      Masing-masing mempunyai opsi penukaran yang baik, tergantung pada kebutuhan Anda (e.g. Kemana rute yang akan Anda tuju).

    2. Saya berencana untuk pergi ke Eropa tahun depan PP dengan business, apakah lebih baik membeli Aegean atau Alaska ?
      Maskapai partner apa yang dapat digunakan oleh Aegean dan Alaska ?

      1. Aurela,

        Untuk ke Eropa, saya lebih menyarankan AEGEAN karena koneksi maskapai Star Alliance-nya (contoh: SQ, ANA, EVA, Thai, Asiana, Air China).

        Sedangkan untuk Alaska, Anda terbatas dengan region & harus melakukan positioning ke Singapore (Finnair) atau Hong Kong (Cathay).

        1. Pak, saya berencana pergi ke Eropa bulan Desember tahun depan (2020).
          Saya berencana membeli 130.000 miles Aegean Nov ini, dan sisanya Nov tahun depan saat black friday.
          Apakah disarankan ?

        2. Apa bisa dilakukan alternatif langkah seperti
          Beli tiket pesawat Star Alliance (ekonomi), kemudian upgrade ke business dengan menggunakan Aegean Miles+Bonus ?

          Mohon petunjuk 🙂

        3. Redeem miles untuk Upgrade hanya kategori subclass khusus, jadi tidak semua Economy class bisa di upgrade ke bisnis. Problemnya adalah normalynya tiket yang murah kategori subclassnya tidak bisa di upgrade.

        4. Apabila concern saya utk family trip 4org katakanlah ke jepang…
          Apakah worth it menukarkan Aegean miles dgn 4 ticket kelas ekonomi (mengingat sweet spot nya utk redeem business class) , ataukah better menggunakan 4 akun supaya mendapatkan 4tiket bussines class?

        5. Jika menggunakan Aegean Miles dengan promo 100%, harga yang anda bayarkan untuk 1 trip CGK-HND-CGK ANA Economy class adalah 8jt sekian (account baru dapet 1-2k miles, kurang 33-34, harus beli 17k(x2)miles x 25€ + 90€(fee transaction) x 15.600), sedangkan untuk PP Bisnis adalah 13.880/pax, saran saya pergi economy pulang bisnis (nikmatin bisnis lounge Jepang) dengan harga 50k miles / pax atau setara 11.150idr..

          Kalo ambil economy PP dengan harga 8jt kurang worth secara harga tiket ANA di tra****** kisaran 6-10jt PP Economy

        6. Andreas,

          Best value penukaran airline miles biasanya adalah untuk kabin kelas bisnis/first. Dalam kasus ini, Anda lebih baik menggunakan 4 akun agar mendapatkan 4 tiket business class. Jika Anda memang berencana terbang ekonomi, saya lebih menyarakan untuk membeli tiket secara cash yang mana bisa lebih murah dan lebih banyak pilihannya.

  2. Dengan devaluasi yang baru, apakah pembelian member baru sebesar 9.000 miles akan memperoleh 18.000 miles yang cukup untuk ANA cgk-tyo one way, pak?!

    1. Sakti,

      Untuk rute intra Asia seperti ke Tokyo, Anda hanya memerlukan 17.500 miles untuk penerbangan one way. Jadi benar, Anda hanya perlu membeli 9.000 miles untuk mendapatkan 18.000 miles yang cukup untuk ditukarkan.

  3. Hi PinterPoin,
    Boleh dibantu penjelasannya terkait cara untuk mengkreditkan miles yang kita peroleh ke salah satu program FF yang kita kumpulkan saja seperti contoh di atas, Bro Vincent mengumpulkan di AEGEAN untuk star alliance flight nya.
    Bagaimana cara kita mengkreditkannya? Apakah saat pembelian tiket? Atau saat check in (Web or Counter) baru dapat dilakukan?
    Terima kasih atas wejangannya sebelumnya.

    1. Richie,

      Saat membeli tiket penerbangan maskapai Star Alliance (contoh: Singapore Airlines), masukkan nomor keanggotaan AEGEAN.

      Kalau lupa, bisa juga dilakukan pada saat check in di counter.

      1. Noted untuk hal ini..
        Artinya saat check in kita cukup infokan ke petugas di counter Program FF yang kita ingin kreditkan milesnya beserta nomornya ya.
        Sebab sering kali kita melakukan pembelian tiket saat ada travel fair atau melalui promo OTA, sedangkan secara langsung beli di website maskapai terhitung jarang dalam kasus saya.
        Terima kasih atas wejangannya.
        Sukses terus PinterPoin dan terus mengedukasi kita2 ya hahaha…

  4. Apakah Aegean Miles ini masih tidak ada expired-nya (seperti artikel2 Pinterpoin sebelumnya) sehingga layak utk dikoleksi/ditabung saja?

  5. Apakah bisa merubah krisflyer yg sudah kita miliki ke aegean? Karena pengumpulan miles saya sebagian besar lewat cc bca krisflyer.

  6. Pak, mau tanya untuk business class ke Europe, apakah bisa menggunakan SQ ? Kalau saya liat saat redeem miles hanya tersedia Turkish (65.000)

  7. Apakah miles aegean bisa digunakan untuk redeem atas nama orang lain seperti garuda atau alaska . Atau harus seperti SQ yang agak kaku dimana kita harus mendaftarkan siapa yang bisa menggunakan redeem miles kita. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea