SilverKris First Class Lounge Hong Kong adalah lounge milik Singapore Airlines yang ditujukan untuk penumpang first class dari Singapore Airlines.

Airport Lounge ini terletak di dekat Gate 5 Hong Kong International Airport dan berbagi lokasi dengan SilverKris Business Class Lounge. Bedanya, first class lounge terletak di sebelah bagian dalam kiri sedangkan business class lounge terletak di sebelah bagian dalam kanan.

Penampakan SilverKris Lounge Hong Kong

Terdapat papan notifikasi keberangkatan penerbangan yang memiliki kabin first class.

Tempat favorit saya di lounge ini adalah productive pod ini 🙂

Kondisi lounge ini sendiri sangat sepi ketika saya berkunjung, terdapat banyak momen di mana saya adalah satu-satunya pengunjung lounge ini.

Singapore Airlines hanya menerbangkan rute first class ke Singapura dan San Fransisco dari Hong Kong dan kebetulan ketika saya berkunjung, Hong Kong sedang berada dalam aksi protes masal sehingga hal tersebut mungkin menjelaskan mengapa lounge ini sangat sepi pengunjung.

Makanan & Minuman

Begitu Anda masuk di lounge ini, saya cukup yakin pemandangan pertama yang menarik perhatian Anda adalah berbagai jenis minuman yang disediakan. Dari sampanye sampai dengan infused water, lounge ini hampir memiliki segalanya dan hal tersebut belum termasuk minuman tradisional lainnya yang disajikan.

Tips: Anda lebih baik menunggu Dom ataupun Krug di pesawat alih-alih minum sampanye di lounge ini.

Berbagai pilihan liquor apabila Anda mencari sesuatu yang lebih kuat 🙂

Terdapat juga berbagai minuman tradisional seperti barley water ini.

Untuk makanan, Anda bisa memilih 2 opsi yaitu prasmanan atau a la carte. Untuk menu prasmanan, Anda bisa mengambil makanan yang anda mau pada meja khusus yang menghidangkan makanan seperti gambar di bawah.

Hidangan yang disajikan sangat lengkap. Dari salad, sup, main course, keju, sampai dengan finger food semuanya tersedia dan rata-rata memiliki rasa yang lumayan enak.

   

Es krim yang tidak terbatas merupakan sebuah treat bagi saya 🙂

Untuk menu a la carte, terdapat beberapa pilihan makanan yang disesuaikan dengan selera lokal. Saya sendiri memesan roasted goose with rice yang tidak terdapat pada pilihan menu a la carte namun terdapat pilihannya di meja prasmanan. Rasanya cukup enak, seperti bebek panggang pada umumnya namun sedikit lebih liat dan lebih berlemak.

Pilihan menu A La Carte SilverKris First Class Lounge Hong Kong

Roast goose with rice yang cukup lezat. Saya memberi skor 8 dari 10.

Btw, SilverKris lounge ini juga dilengkapi dengan kamar mandi yang memiliki shower room. Hanya saja, tidak ada kamar mandiri sendiri untuk penumpang first class sehingga dalam jam-jam sibuk, mungkin Anda harus sedikit antri untuk bisa menggunakan shower room karena Anda berbagi shower room tersebut dengan penumpang kelas bisnis.

Penutup

SilverKris First Class Lounge memiliki kualitas yang sangat solid. Dari awal saya masuk di lounge ini sampai dengan saya keluar dari lounge, staff SilverKris lounge ini menyambut saya dengan sangat antusias seolah-olah saya adalah tamu VVIP (serius).

Tetapi hal itu mungkin dikarenakan saya adalah satu-satunya penumpang first class yang menyempatkan diri menikmati lounge 3 jam sebelum penerbangan 🙂 . Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, terdapat banyak momen di mana saya adalah satu-satunya tamu di first class lounge ini. 

Kualitas dari makanan maupun minuman dari lounge ini sendiri cukup baik, saya tidak banyak mencoba makanan a la carte di lounge ini karena saya mempersiapkan perut saya untuk penerbangan di Suites. Hanya saja, dari sedikit sesi icip-icip makanan prasmanan maupun dari menu a la carte, saya bisa bilang bahwa kualitas makanan di lounge ini cukup baik.

Jadi, apakah saya menyesal meluangkan waktu 3 jam di lounge ini? Absolutely not, saya menikmati setiap momen saya berada di lounge ini karena eksklusifitas-nya dan berbagai pilihan makanan/minuman yang tersedia.

Hanya saja, sedikit tips bagi Anda yang akan terbang first class ataupun Suites: Jangan makan atau minum terlalu banyak di lounge ini karena kualitas minuman/makanan yang disajikan di first class akan lebih baik lagi. 

Satu kesalahan saya adalah saya terlalu banyak mengkonsumsi alkohol di lounge ini dan juga makan terlalu banyak sehingga saya tidak bisa menikmati sepenuhnya full course yang disajikan di penerbangan first class saya ke Singapura.

.

Apakah Anda Pernah Mengunjungi SilverKris First Class Lounge Hong Kong Ini?