Lupa Memasukkan Nomor Keanggotaan Anda Saat Membeli Tiket Pesawat? Gunakan Fitur Retroactive Miles Registration

Salah satu langkah awal paling penting bagi orang yang ingin mengumpulkan poin/miles adalah memastikan bahwa anda akan mendapatkan poin/miles dari penerbangan anda.

Saya ingin menegaskan kembali bahwa poin/miles bisa disamakan dengan mata uang asing yang bisa anda pergunakan untuk banyak hal. Artinya, setiap poin/miles yang anda lewatkan, itu merupakan kerugian material yang mungkin tidak anda sadari.

img_5069
Miles bisa membawa anda terbang dengan nyaman. Foto kursi business class Singapore Airlines Boeing 787-10 Dreamliner.

Hal yang paling umum terjadi adalah lupa untuk memasukkan nomor keanggotaan frequent flyer pada saat membeli tiket penerbangan. Pernahkah anda lupa memasukkan nomor keanggotaan frequent flyer anda saat membeli tiket atau tidak menunjukkan kartu keanggotaan anda pada saat check in?

Jika jawabannya adalah pernah, jangan khawatir. Anda bisa menggunakan fitur Retroactive Miles Registration untuk mengklaim miles anda tersebut. Hampir seluruh maskapai di dunia memiliki fitur ini, namun tentunya dengan peraturan yang berbeda-beda. Berikut contoh peraturan dari Garuda Indonesia untuk mengklaim miles:

GarudaMiles_logo.svg

  • Anda hanya bisa mengklaim GarudaMiles yang belum dikreditkan ke akun manapun
  • Klaim GarudaMiles hanya bisa dilakukan pada penerbangan 6 bulan terakhir sejak tanggal klaim anda
  • Anda tidak bisa meng-klaim GarudaMiles untuk penerbangan yang anda lakukan sebelum terdaftar menjadi anggota GarudaMiles
  • Anda diharuskan untuk mengisi Missing Mileage Form dan melampirkan boarding pass dan passenger coupon atau itinerary receipt e-ticket dan mengirimkannya ke GarudaMiles Center Jakarta atau kantor penjualan Garuda Indonesia
  • Anda juga dapat melakukan proses klaim melalui situs GarudaMiles sesuai ketentuan yang tertera pada situs tersebut. Klaim anda akan diproses dalam jangka waktu minimum 2 minggu setelah dokumen lengkap diterima oleh GarudaMiles Center.

Anda bisa menuju ke laman Garuda Indonesia ini untuk mengklaim miles anda.

Berikut langkah-langkah untuk memastikan anda akan mendapatkan miles:

  1. Pastikan untuk selalu menggunakan nama yang sama dengan yang terdaftar di akun frequent flyer anda pada saat membeli tiket penerbangan
  2. Pastikan untuk memasukkan nomor keanggotaan anda beserta jenis program frequent flyer yang anda miliki
  3. Jika anda lupa memasukkan nomor keanggotaan pada saat membeli, anda bisa menunjukkan kartu keanggotaan anda pada saat check in

Penutup

Tanpa anda sadari, poin dan miles yang anda kumpulkan bisa membawa anda lebih dekat menuju liburan impian anda selanjutnya. Jadi, pastikan untuk selalu mendapatkan poin dan miles yang sudah menjadi hak anda.

Pastikan anda mengikuti seluruh aturan yang diterapkan oleh tiap maskapai untuk mendapatkan miles anda kembali.

Butuh bantuan? Sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Share
24 comments
  1. Saya tdk bisa masuk ke Akun, lupa password akun, saya sdh beberapa kali mencoba utk mereset password akun, tapi tdk pernah berhasil, bgm cara saya utk mereser password
    dan masuk ke akun, terimakasih atas bantuan.

    1. Halo Ahmad,

      Akun maskapai mana yang Anda bicarakan? Saran saya adalah pergi ke kantor sales office/ticketing office maskapai tersebut di kota Anda untuk melakukan reset password atau sejenisnya. Jangan lupa membawa identitas yang jelas seperti paspor atau KTP dan mintalah solusinya pada pihak Customer Service maskapai tersebut.

  2. Salam Edwin
    Akun gff garuda, lupa password menurut aplikasinya garuda bisa di reset secara online, saya sdh beberapa kali coba tdk pernah berhasil,
    terimakasih sarannya.

  3. Pak saya mau tanya, kalau misalnya kita beli tiket dan sudah masukin garuda miles, terus h-1 sudah Mobile check in. Nah apabila kita ada halangan untun pergi . Apakah miles dan frequency flight kita bertambah di Garuda miles kita ?? Ato hanya akan bertambah apabila kita ikut terbang ??

  4. Dear team pinterpoin,
    Mau tanya, saya sudah terbang pakai thai airways tgl 15 -22 jun 2019, lalu saya baru membuat account krisflyer tgl 27 jun 2019. Apakah saya bisa redeem miles dari flight saya tersebut? Saya sudah coba redeem tapi tulisannya “Your booking class on the flight is not eligible for mileage accrual”.FYI booking class saya Y, saya beli melalui promo OTA, apakah tidak eligible utk dapet miles kalau beli tiket promo?

    1. Suhandi,

      Anda harus telah memiliki akun KrisFlyer SEBELUM penerbangan usai. Artinya Anda tidak eligible untuk mendapatkan miles dari penerbangan Thai tersebut.

      1. Wah baru tau saya kirain krisflyer itu hanya kalau terbang pake SQ makanya saya ga pernah buat membernya. Ok deh thx info nya

      2. saya juga mengalami hal serupa. Penerbangan saya malaysia airlines pada 29 mei – 5 juni’19 lalu. Saya baru tahu kalau malaysia airline ternyata grup dari asia miles sehingga saya baru buat account hari ini 1 Juli. Kalau member krisflyer saya punya sebelum penerbangan tersebut. Apakah saya bisa mengklaim kan miles saya via asia miles / krisflyer dengan kondisi tersebut ?

  5. Saya lupa mendaftarkan keanggotaan pada saat melakukan penerbagan GA indonesia tgl 26 mei dan tgl 13 juni 2019

  6. Kalau pas beli tiket belum bikin member garuda miles
    terus perginya masih bulan depan, apakah bisa claim garuda miles tersebut pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea