Untuk membatasi epidemi virus Corona yang merebak, pemerintah Indonesia memutuskan untuk menangguhkan sementara visa kunjungan untuk Warga Negara Asing (WNA) selama satu bulan. Berikut kutipan dari kementerian luar negeri (kemenlu) Indonesia:

“Pemerintah Indonesia memutuskan bahwa kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK), Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa on Arrival) dan Bebas Visa.Diplomatik/Dinas ditangguhkan selama satu bulan”

Dengan kebijakan ini, turis dari negara lain yang biasanya tidak memerlukan visa untuk berkunjung ke Indonesia ataupun yang bisa mengurus Visa on Arrival tidak akan bisa memperoleh visa kunjungan efektif tanggal 20 Maret 2020 pukul 00.00 WIB. 

Untuk bisa memperoleh visa kunjungan ke Indonesia, sekarang WNA diwajibkan untuk mengajukan visa dari perwakilan Indonesia dengan menyertakan maksud dan tujuan kunjungan serta melampirkan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan yang berwenang di negara asal.

Epidemi virus Corona membuat dunia traveling dan aviasi di seluruh dunia kacau. Kredit: Tempo

Selain itu, pemerintah Indonesia juga melarang Warga Negara Asing yang pernah berkunjung ke Vatikan, Spanyol, Jerman, Swiss, Prancis, dan Inggris dalam 14 hari terakhir untuk masuk ke Indonesia dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona lebih lanjut.

Bagi WNI yang sempat berkunjung ke negara-negara tersebut, mereka akan dikenakan pemeriksaan tambahan begitu tiba di Tanah Air. Jika ditemukan gejala yang menyerupai gejala Covid-19, maka mereka akan diobservasi di.fasilitas pemerintah selama 14 hari. Jika tidak, maka mereka diminta untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.


Baca juga: Promo KrisFlyer Spontanenous Escapes Ditiadakan Akibat Epidemi Virus Corona
Baca juga: Kartu Kredit Baru – Traveloka Mandiri Card Visa Platinum

Penutup

Tidak pelak kebijakan ini akan semakin menekan industri pariwisata di Indonesia, terutama pada destinasi wisata yang bergantung pada turis asing. Namun, kebijakan ini sangat perlu dilakukan untuk membatasi penyebaran virus Corona mengingat pada awal-awal penyebararan, hampir seluruh kasus Covid-19 adalah kasus impor dan bukan local transmission.

Seperti biasa, saya hanya berharap epidemi virus Corona ini akan segera berakhir karena epidemi ini sedikit banyak berpengaruh ke kehidupan kita semua.

.

Apa pendapat Anda mengenai kebijakan pemerintah Indonesia yang menangguhkan sementara visa kunjungan untuk WNA?