Hotel Review: Hilton Singapore Orchard

Akhir bulan Agustus 2022 lalu, saya berkesempatan untuk menginap beberapa malam di salah satu hotel paling ikonik di Singapura yaitu Hilton Singapore Orchard.

Hotel ini sendiri menempati bangunan ikonik yang telah 4 kali berubah nama. Uniknya, saya pernah menginap di hotel-hotel sebelumnya, yang hingga pada akhirnya menjadi Hilton Singapore Orchard ini.

Hotel ini dulunya bernama Mandarin Orchard Singapore sebelum rebranding menjadi Hilton Singapore Orchard. Foto: The Straits Times

Pertama kali saya menginjakkan kaki di bangunan ini adalah pada tahun 1996 saat hotel ini masih bernama The Mandarin Singapore. Metamorfosa selanjutnya adalah hotel ini berganti nama menjadi Meritus Mandarin Singapore dan lalu menjadi Mandarin Orchard Singapore sebelum akhirnya berubah nama lagi menjadi Hilton Singapore Orchard.

Menginap di Hilton Singapore Orchard ini menjadi sebuah momen yang spesial bagi saya karena gedung Hilton dan area perbelanjaan di sekitar jalan Orchard seperti Takashimaya dan Paragon adalah ingatan pertama saya akan negara Singapura ini.

Letak Hilton Singapore Orchard berdekatan dengan pusat perbelanjaan Ngee Ann City-Takashimaya yang tak kalah ikoniknya.
Hilton Singapore Orchard: Pemesanan

Hal lain yang membuat saya makin tertarik untuk segera mencoba hotel ini adalah fakta bahwa hotel ini dibuka di bulan Februrari 2022 di kala pandemi sehingga sangatlah sulit bagi pelancong luar negeri untuk bisa bepergian ke Singapura. Di periode menginap saya di bulan Agustus kemarin, hotel ini belum genap berusia 6 bulan.

Pemesanan saya lakukan langsung lewat website Hilton karena saya menyandang status Diamond dengan program loyalti Hilton Honors.

Harga kamar di periode menginap saya termasuk tinggi. Harga yang ditawarkan kepada masyarakat umum berada di kisaran angka Rp5.400.000-an per malamnya (perlu diingat harga hotel di Singapura sedang tinggi-tingginya semenjak negara ini kembali dibuka setelah pandemi berkelanjutan).

Semakin mendekati hari-H menginap, saya terus memantau reservasi saya lewat apps Hilton Honors dan akhirnya di H-3 saya mendapati kamar kami telah mendapat upgrade ke King Executive Room yang merupakan tipe kamar 1 tingkat di bawah tipe Suite.

Hilton Singapore Orchard: Proses Check In

Kami tiba di hotel dengan menggunakan taksi sekitar pukul 14:00, lokasi drop off masih tetap sama dengan hotel sebelumnya. Kami disambut oleh pihak bell men dan dipersilahkan untuk melakukan proses check in di Executive Lounge yang berada di lantai 6.

Proses check in pada umumnya bisa dilakukan di lantai 5, namun dengan memiliki status Diamond, saya bisa melakukan proses check-in dengan lebih nyaman di lounge sambil bersantai dengan makanan kecil dan minuman ringan.

Hotel ini terbagi menjadi 2 bagian yang disebut sebagai Orchard Wing dan Mandarin Wing. Letak drop off area ini berada di Mandarin Wing dan Executive Lounge sendiri berada di Orchard Wing sehingga untuk mencapai lounge, kami dipersilahkan menuju ke lift khusus yang berada di sisi Mandarin Gallery yang juga merupakan komplek pertokoan high end.

Area drop off.
Area penerimaan di lantai 1.
Area penitipan bagasi.
Pintu masuk Executive Lounge yang berada di lantai 6.
Jika Anda bukanlah anggota Diamond, maka Anda dapat melakukan proses check in umum di lantai 5 yang berada di Mandarin Wing.

Proses check-in dibantu oleh Claire dengan meminta paspor dan kartu kredit untuk pembayaran dan insidental. Kami dipersilahkan untuk duduk dan menikmati fasilitas lounge sambil menyelesaikan proses check-in.

Sayangnya, tidak tersedia suite untuk periode menginap saya, jadi saya hanya mendapatkan kamar upgrade sesuai dengan yang tertulis di apps Hilton Honors saya yaitu kamar King Executive yang pada akhirnya saya meminta diganti dengan kamar dengan ranjang twin bed.

Sungguh sangat disayangkan saya tidak dapat mencoba kamar suitenya, tetapi hal ini memang bisa dipahami dengan lokasi hotel yang sangat strategis tentu saja menjadi salah satu hotel yang sangat populer bagi para pelancong.

Hilton Singapore Orchard: Twin Executive Room

Kamar Twin Executive ini berada di Orchard Wing sehingga memiliki pemandangan jalanan Orchard dan letak kamar saya ada di lantai 24. Untuk jenis kamar yang merupakan 1 tingkatan di bawah Suite, menurut saya kamar tersebut tergolong cukup kecil karena hanya sekitar 29 meter persegi.

Nuansa kamar menggunakan perpaduan warna putih, abu-abu, dan hitam dengan aksentuasi warna hijau tua.

Twin Executive Room.
Twin Executive Room.
Twin Executive Room.

Disain kamar terasa ‘kekinian’ dengan dekorasi dinding di satu sudut ranjang dan karpet asimetris membuat kamar terkesan unik.

Saya mengapresiasi usaha tim disainer interior yang berhasil menyiasati ukuran kamar yang terbilang kecil ini dengan menghilangkan lemari pakaian konvensional yang biasanya memakan cukup banyak tempat dan menggantinya dengan rak-rak terbuka yang terletak di belakang panel televisi. Menurut saya desain tersebut sangatlah pintar!

Tidak terdapat lemari konvensional yang lazim dimiliki oleh sebuah kamar hotel dan digantikan dengan rak-rak terbuka dan terdisain apik di belakang panel televisi.
Cubicle kecil di belakang panel pintu. Disain yang sangat pintar untuk memaksimalkan ukuran ruangan yang relatif kecil.

Terdapat mesin kopi Nespresso beserta 4 kapsul kopi dan teh TWG melengkapi air putih dalam kemasan kotak yang diperbarui di tiap-tiap harinya. Kulkas juga terstok dengan berbagai macam minuman dari mini bar berbayar.

Kopi menggunakan kapsul kopi Nespresso dan teh keluaran TWG beserta air minum dalam wadah kertas. Go green!
Mini bar.
Pemandangan dari jendela kamar saya.

Kamar mandi berukuran cukup besar untuk kamar yang relatif kecil ini. Nuansa di kamar mandi adalah lebih ke nuansa gelap namun karena pencahayaan yang cukup banyak maka tidak terkesan suram.

Seperti layaknya kamar mandi di sebuah hotel bintang lima, terdapat ruangan untuk shower dengan 2 pilihan shower yang berupa pancuran standar dan rainfall, 1 wastafel, kloset dan juga terdapat bathtub. Pada kenyataannya, bathtub tidak terpakai dan jika saya boleh memilih, saya akan merelakan bathtub untuk memperbesar ruangan kamar dan menggantikannya dengan sofa.

Hilton Singapore uniknya menggunakan 2 macam merek untuk toiletries-nya, yaitu: Crabtree & Evelyn (yang merupakan toiletries standard untuk grup Hilton sedunia) dan Acca Kappa (yang baru sekali ini saya temui di hotel Hilton).

Sabun, sampo dan conditioner dari Crabtree & Evelyn yang merupakan toiletries standar untuk brand Hilton.
Sabun cuci tangan dan losion badan dari Acca Kappa yang sepertinya adalah toiletries spesifik untuk Hilton Singapore Orchard.

Di waktu sore hari pertama saat saya menginap, bel pintu kamar berbunyi dan rupanya saya mendapat kiriman sebuah Black forest cake dengan hiasan simbol Diamond di atasnya beserta welcome letter dari bapak Cedric Nubul selaku General Manager.

Black forest cake yang lezat beserta welcome letter dari General Manager.
Hilton Singapore Orchard: Makan Pagi

Salah satu keuntungan terbesar menjadi anggota Diamond adalah gratis makan pagi untuk 2 orang, pihak hotel memberikan 2 opsi kepada saya, yang pertama adalah makan pagi di dalam Executive Lounge dan yang kedua adalah makan pagi di Estate.

Dalam 3 kesempatan, saya bersarapan di Estate dan hanya sekali saja mencoba makan pagi di lounge semata-mata untuk merasakan sensasi makan pagi di lounge.

Memasuki area Estate, seperti biasa saya menyebutkan nomor kamar dan segera kami diarahkan ke meja kosong yang tersedia. Estate ini berukuran luas di mana terdapat sebuah jalanan panjang yang akan membawa kita ke berbagai macam ruangan meja makan dan stall makanan yang beraneka ragam.

Desain dari rumah makan Estate ini cukuplah unik, di mana terdapat banyak sekat-sekat ruangan sehingga area meja makan dan stall makanan semuanya berada di blok-blok yang berbeda sehingga terasa seperti kita sedang berada di dalam sebuah labirin.

Estate menyajikan sarapan dalam bentuk buffet dan jenis makanan dan minuman yang disajikan sangat beraneka ragam. Aneka makanan dari tradisional melayu seperti Nasi Lemak, makanan khas India, makanan khas Cina, dan tentu saja makanan Amerika.

Buah-buahan segar, berbagai macam yogurt, sereal dan juga roti-rotian juga tersedia. Salah satu stall yang menjadi favorit saya adalah stall yang menyajikan berbagai macam jus buah segar, Anda dapat membuat meminta kombinasi jus sesuai yang Anda inginkan dan jika Anda sarapan di Estate, jangan lupa untuk pergi ke bagian belakang yang agak tersembunyi untuk menemukan stall jus buah segar ini!

Berikut adalah beberapa foto saat saya mencoba bersantap pagi di Executive Lounge. Bersantap di lounge tentunya menjadi salah satu opsi bagi Anda yang ingin menikmati makanan di seting yang lebih tenang namun tentu saja jenis makanan lebih terbatas, karena tidak semua makanan yang ditawarkan di Estate juga tersedia di Lounge.

Hilton Singapore Orchard: Executive Lounge

Executive Lounge berada di Mandarin Wing di lantai 6 yang beroperasi dari pukul 6:30 hingga 22:30. Harap diketahui jika terdapat dress code berupa smart casual dan wajib mengenakan sepatu tertutup.

Seperti selayaknya Executive Lounge di hotel-hotel lain, selalu tersedia berbagai macam makanan ringan seperti kacang, marshmallow, biscotti, dan berbagai minuman ringan seperti teh, kopi, air putih, soda dan jus.

Kopi Nespresso selalu tersedia untuk menemani Anda di jam beroperasi lounge.
Berbagai macam teh TWG yang juga dapat Anda nikmati.

Di jam-jam tertentu, pemilik akses Executive Lounge dapat menikmati sarapan di pukul 6:30 hingga 10:30, afternoon tea di pukul 15:00 hingga 16:30, dan evening drinks di pukul 17:30 hingga 19:30.

Hilton Singapore Orchard: Fasilitas Gym & Kolam Renang

Selama menginap saya tidak sempat menggunakan fasilitas gym dan kolam renang, namun saya menyempatkan untuk mengambil beberapa foto dari fasilitas-fasilitas tersebut.

Gym yang buka 24 jam ini terletak di lantai 6 dan kolam renang terpisah di lantai 5 yang berada di dekat lobby utama. Kolam renang hanya dibuka di pukul 07:00 sampai dengan 19:00.

Ruangan gym berukuran cukup luas dan dilengkapi dengan alat fitness mutakhir keluaran Technogym.

Kolam renang berada di lantai 5 dan berukuran relatif kecil untuk hotel seukuran Hilton Singapore.

Hilton Singapore Orchard: Fasilitas-fasilitas Lain

Hilton Singapore Orchard juga memiliki beberapa restoran yang sempat saya kunjungi namun hanya sebatas melihat dan mendokumentasikan beberapa foto saja.

Salah satu yang terlihat menonjol adalah Ginger Lily yang sempat dipakai sebagai restoran untuk melayani sarapan pagi sebelum akhirnya berpindah ke Estate. Ginger Lily berukuran jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Estate, mungkin di bulan-bulan awal pembukaan hotel, keadaan hotel masih sepi apalagi di kala itu negara kota ini belum membuka diri untuk negara-negara lain sehingga akan lebih efisien untuk menggunakan Ginger Lily dibandingan Estate yang jauh lebih besar.

Ginger Lily menempati bagian yang dulunya dipergunakan sebagai lobby utama pada saat masih belum berubah menjadi Hilton Singapore Orchard ini. Konsep rumah makan berupa open space yang hanya dipisahkan dengan sekat-sekat rendah dan terbuka membuatnya menarik bagi orang-orang yang lalu lalang untuk melayangkan pandang ke area Ginger Lily ini. Anda dapat membeli berbagai macam roti dan pastries, dan di periode saya menginap, mereka juga menjual Moon cake.

Restoran lain yang juga sempat saya lihat adalah Osteria Mozza, letaknya bertetanggaan dengan Estate. Mungkin dari namanya Anda dapat menebak bahwa Osteria Mozza ini menawarkan kuliner khas Italia.

Saya mengunjungi restoran ini di saat sedang bersantap pagi di Estate di kala restoran tersebut masih tutup dan sedang dalam tahap persiapan untuk buka di siang hari nya.

Penutup

Sangatlah beruntung bagi saya untuk memiliki kesempatan menginap di hotel Hilton Singapore Orchard yang notabene adalah hotel Hilton terbesar di Asia Pasifik.

Hotel yang dibuka di bulan Februari tahun 2022 ini merupakan hotel yang telah 4 kali bermetamorfosis, di mana saya pernah menginap di 3 brand sebelum Hilton ini membuat pengalaman menginap saya menjadi semakin unik.

Lokasi yang sangat-sangat strategis, upgrade kamar dan akses Executive Lounge membuat lebih mudah bagi saya untuk memilih Hilton Singapore Orchard sebagai hotel pilihan saya, ditambah saya mendapati pelayanan hotel ini sangat baik dan ramah.

Memang saya hanya menginap di kamar ‘biasa’ namun semoga di kesempatan-kesempatan berikutnya saya dapat mendapatkan upgrade gratis ke suite 😉.

Apakah anda tertarik untuk menginap di Hilton Singapore Orchard ini?

Share

10 comments
  1. Halo Paulo,

    Apakah saya dapat menukarkan poin reward HSBC untuk menginap di Hilton Singapore Orchard ini? Karena saya lihat di daftar hotel di HSBC yg bisa ditukarkan adalah Mandarin Orchard Singapore. Namun mengingat Anda menyebutkan bahwa Hilton ini dulunya adalah Mandarin Orchard, saya jadi penasaran apakah bisa atau tidak.

    Terimakasih

  2. Hai Abraham,

    Bantu informasi. Seharusnya bisa dengan menukarkan 350.000 poin hsbc visa signatue/premiere. Karena jumlah peminat yang banyak untuk hotel hilton orchard tersebut membuat kuota untuk penukaran voucer hsbc di panorama habis/ tidak tersedia. Saya coba menukar pakai voucer hsbc untuk bulan januari-maret 2023 di panorama tidak tersedia. Dicoba saja Abraham, mungkin tersedia di bulan lainnya. Atau menunggu hsbc menambah fitur penukaran 400.000 poin untuk staycation

  3. upgrade ke king exec room itu room yang sama deluxe room cuman beda title aja kan kak?
    hilton sg pelit sih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea