Tips: Cara Memperoleh Visa Schengen Multiple Entry 5 Tahun

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Eropa, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan mengajukan Visa Schengen Multiple Entry 5 tahun untuk mempermudah perjalanan Anda ke benua biru tersebut dalam jangka panjang.

Seiring dengan kenaikan biaya pengajuan visa Schengen di tahun 2020 lalu, terdapat beberapa poin.yang direvisi termasuk cara memperoleh visa multiple entry dengan durasi yang lebih lama.

Berikut kutipan poin baru tersebut yang saya kutip dari SchengenVisaInfo.com:

“…multiple-entry visas with a long validity shall be issued for the following validity periods, unless the validity of the visa would exceed that of the travel document:

(a) for a validity period of one year, provided that the applicant has obtained and lawfully used three visas within the previous two years;

(b) for a validity period of two years, provided that the applicant has obtained and lawfully used a previous multiple-entry visa valid for one year within the previous two years;

(c) for a validity period of five years, provided that the applicant has obtained and lawfully used a previous multiple-entry visa valid for two years within the previous three years,”

Secara praktis, perubahan poin diatas dapat diartikan sebagai berikut:

  • Untuk memperoleh Visa Schengen multiple entry dengan masa berlaku 1 (satu) tahun, Anda harus.pernah memperoleh dan menggunakan tiga visa negara apapun dalam periode waktu 2 (dua) tahun terakhir.
  • Untuk memperoleh Visa Schengen dengan masa berlaku 2 (dua) tahun, Anda harus pernah memperoleh.dan menggunakan Visa Schengen multiple entry 1 (satu) tahun dalam periode waktu 2 (dua) tahun terakhir.
  • Untuk memperoleh Visa Schengen dengan masa berlaku 5 (lima) tahun, Anda harus pernah memperoleh.dan menggunakan Visa Schengen multiple entry 2 (dua) tahun dalam periode waktu 3 (tiga) tahun terakhir.
Daftar negara yang tergabung dalam kawasan Schengen

Baca juga: Panduan Lengkap Mengajukan Visa Schengen


Penutup

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Eropa, Anda wajib mempertimbangkan memiliki Schengen Visa dengan Multiple Entry yang berlaku lebih dari 2 (dua) tahun dikarenakan hal ini tentunya mempermudah Anda traveling ke Eropa.

Sebelumnya, negara yang tergabung di kawasan Schengen bisa dengan bebas menentukan durasi visa Schengen multiple entry Anda namun dengan adanya aturan ini, seharusnya sekarang Anda bisa lebih pasti mengetahui durasi visa Schengen yang Anda peroleh.

.

Apakah Anda tertarik memperoleh Visa Schengen multiple entry dengan jangka waktu 5 (lima) tahun?
Share
16 comments
    1. Bro Edwin,

      Nice article.

      Untuk statement “memperoleh dan menggunakan tiga visa negara apapun” apa bisa di jabarkan lebih lengkap sehingga pembaca2 yg lain bisa lebih jelas.

      Contoh dalam 2 tahun terakhir pernah ke Singapore, Malaysia dan Jepang apa di hitung ?

      Atau hanya negara2 yang kita ajukan visa saja yang mana visa di tempel ke passport seperti Jepang, China, Korea.

      Thanks for sharing

      1. Suwanto,

        Saya rasa sudah cukup jelas dengan statemen ‘memperoleh dan menggunakan tiga visa negara apapun’.
        Singapore, Malaysia, dan negara ASEAN lainnya dihitung sebagai negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia, jadi tidak dihitung.

        Sebaliknya, Jika anda melewati tahapan ‘aplikasi visa’ seperti visa Jepang (bagi non e-paspor), visa korea, visa USA, visa Australia dan sebagainya maka akan dihitung sebagai ‘memperoleh visa’.

      2. Mas Edwin, saya sudah memiliki pengalaman ke schengen area tapi yang saya ingin tanyakan bagaimana cara mengajukan visa schengen multiple entry durasi selama 1 tahun? Karena akan lebih mudah untuk bolak-balik kesana lagi. Apakah ini tertera di formulir visa schengennya? Thanks

        1. Zulfa,

          Sistem visa Schengen secara otomatis akan track record perolehan visa terpanjang Anda. Jika Anda sebelumnya sudah pernah dapat visa 6 bulan multiple entry, maka saya cukup yakin pada pengajuan selanjutnya Anda akan bisa memperoleh visa Schengen multiple entry durasi setidaknya 1 tahun.

        2. Oooh ok baik mas edwin 🙂
          Berarti saya hanya tinggal melakukan apply visa schengen seperti sebelumnya saja tetapi dengan durasi selama 6 bulan? Misalnya pada saat saya apply dgn bookingan tiket saya selama 90 hari tapi mencantumkan di form schengen visany selama 6 bulan, apakah bisa demikian? Mohon bantuannya mas edwin. Thanks really a lot

        3. Zulfa,

          Anda apply schengen seperti biasa saja, nanti sistem secara otomatis memberikan durasi stay di schengen lebih lama jika Anda sebelumnya sudah pernah mengajukan visa schengen untuk 6 bulan dalam kurun waktu tertentu.

          “Misalnya pada saat saya apply dgn bookingan tiket saya selama 90 hari tapi mencantumkan di form schengen visanya selama 6 bulan, apakah bisa demikian? ” –> Bisa. Dan sekedar tips aja, Anda mungkin mau apply di kedutaan Belanda yang biasanya selalu tidak pelit memberikan visa Schengen dengan durasi cukup lama 😉

        4. Okay nice info!
          Thanks a lot ya mas Edwin!
          Saya mau coba apply visa schengen multiple entry durasi 6 bulan ini saat setelah pandemi berakhir hehe, sekali lagi terima kasih ya mas Edwin! Gbu mas edwin! 🙂

        5. Hallo mas Edwin,sebelumnya saya dapat visa kunjungan selama 9 bulan,dan sudah 2 kali saya pakai untuk berkunjung,tapi saat kemarin saya apply visa lagi kok hanya dapat visa 2 bulan ya,apakah karena masih pandemi sehingga visa di berikan terbatas?

        6. Maya,

          Bisa jadi. Kalau boleh tahu Anda mengajukan di kedutaan mana ya? Kedutaan jerman biasanya lebih pelit dalam memberikan visa dengan durasi lama sedangkan kedutaan belanda biasanya lebih generous dalam memberikan visa dengan durasi lama.

  1. Mas Edwin mau tanya…
    Saya tiap tahun bolak balik Eropa,apakah saya bisa mendapatkan visa schengen durasi 5 tahun ya Mas?

    1. Rahmat,

      Tentunya bisa. Terutama jika sebelumnya Anda telah mendapat visa Schengen dengan durasi 2 tahun dan telah memenuhi syarat yang ada untuk memperoleh visa Schengen dengan durasi 5 tahun.

  2. kalau visa schengen nggak ada benefit ya kalau buat PNS? waktu itu saya gunakan status PNS istri untuk bikin visa korea langsung 5 tahun tanpa perlu persyaratan pernah ke korea sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea