Hingga 2024 mendatang, terhitung akan dibuka 130 hotel baru di Indonesia dengan total kapasitas 23.989 kamar. Menariknya, dari ratusan hotel tersebut, saya mencatat ada 12 hotel atau resort mewah berbintang lima yang akan dibuka di tiga daerah: Bali (7 hotel), Jakarta (4 hotel), dan Surabaya (1 hotel).

Terdapat sejumlah brand hotel internasional yang menurut saya sangat menarik dan layak untuk dinantikan. Berikut daftar lengkapnya:

Jakarta

1. Park Hyatt Jakarta (Pertengahan 2021)

Hotel yang berlokasi di MNC Center ini akan menjadi properti World of Hyatt terbaru & termewah di Jakarta. Belum diketahui tanggal pasti hotel ini mulai beroperasi, kemungkinan besar di pertengahan tahun 2021.

Hotel Mewah Baru di Indonesia | PinterPoin

Foto: Living room di Park Suite Deluxe – Park Hyatt Jakarta

 

2. The Langham Jakarta (2021)

Langham Hospitality Group yang menaungi brand hotel The Langham dan Cordis akan membuka hotel pertamanya di Indonesia.

The Langham Jakarta District 8 yang berlokasi di SCBD merupakan kolaborasi proyek antara Agung Sedayu Group dengan Langham yang berbasis di Hong Kong. Hotel ini akan menyediakan 170 kamar dan 30 suites.

Terdapat juga apartemen The Langham Residence yang berkapasitas 57 unit (19 lantai) yang berlokasi di gedung yang sama dengan hotel.

Kamar di The Langham Jakarta

 

3. St. Regis Jakarta (2022)

Hotel yang berlokasi di Kuningan ini akan menjadi hotel termewah milik Marriott Bonvoy di Jakarta dan pastinya juga menjadi salah satu hotel termewah di Jakarta. Sayangnya proses perampungan hotel ini masih belum diketahui dengan pasti. Banyak yang memprediksi hotel ini akan dibuka pada pertengahan tahun 2022.

ST Regis

Rendering St. Regis Jakarta (hotel & Residences). Kredit: Biru Indonesia

 

4. Waldorf Astoria Jakarta (2023)

Merek hotel termewah dari Hilton Honors ini akan menempati gedung Autograph Tower, di kompleks Thamrin Nine dan ketika dibuka nanti akan memegang predikat sebagai hotel tertinggi di Indonesia. Ketinggian gedung mencapai 382,9 meter dan masuk kategori supertall.

Waldorf Astoria Jakarta akan memiliki 183 kamar dengan total 38 kamar kategori suites dan 1 presidential suite.

Hilton sendiri tidak memiliki portfolio properti yang kuat di Indonesia. Ketika beroperasi nanti, Waldorf Astoria akan membantu Hilton kembali ke ranah persaingan hotel mewah di ibukota.

Lobi Waldorf Astoria Jakarta. Kredit: Kompas


Bali

1. Andaz Bali Sanur (1 April 2021)

Merek hotel Andaz akan memulai debut di Indonesia. Hotel anggota World of Hyatt ini berlokasi di Sanur dan pastinya akan menjadi salah satu akomodasi high-end terbaik di daerah Sanur. Reservasi sudah dibuka mulai dari 1 April 2021 dengan harga US$248 per malam sebelum pajak.

Properti kategori 4 ini bisa ditebus dengan 15.000 poin Hyatt per malamnya.

Hotel Mewah Baru di Indonesia | PinterPoin

Foto: Andaz Bali

 

2. Renaissance Bali Nusa Dua (2021)

Properti Renaissance kedua di Indonesia juga akan berlokasi di Bali. Hotel yang Instagrammable ini saya rasa akan mengundang banyak generasi milenial untuk mencoba menginap disini.

Hotel ini menempati kategori 5 penukaran poin Marriott Bonvoy (27.000 poin Off Peak – 35.000 poin Standard – 40.000 poin Peak).

Rendering lobi Renaissance Bali Nusa Dua. Kredit: Marriott

 

3. Swissôtel Bali Bukit Pandawa (2021)

Swissôtel kedua di Indonesia (setelah Swissôtel Jakarta PIK Avenue) akan menempati lokasi baru di Bali yang sedang naik daun: Bukit Pandawa.

Perpaduan hospitality ala Swiss & Bali ditambah dengan desain bangunan yang elegan pastinya akan mengundang banyak perhatian. Portofolio properti Accor sepertinya tidak akan berhenti bertambah.

Hotel Mewah Baru di Indonesia | PinterPoin

Rendering Swissôtel Bukit Pandawa

 

4. Waldorf Astoria Bali Bukit Pandawa Resort & Golf (2021)

Resort dengan 96 kamar ini akan menjadi salah satu akomodasi paling mewah di Bali. Saya yakin properti ini akan mengundang banyak anggota elite Hilton Honors untuk menginap di sini ketika berkunjung ke Bali.

Setelah tertunda tahun lalu, seharusnya properti ini akan mulai beroperasi paling lambat akhir tahun 2021.

Hotel Mewah Baru di Indonesia | PinterPoin

Rendering villa Waldorf Astoria Bali Bukit Pandawa Resort & Golf. Kredit: SCDA Architects

 

5. Regent Bali Canggu (N/A)

Regent yang kini telah tergabung dalam jaringan hotel IHG akan membuka cabang di Bali, tepatnya di area touristy Canggu. Beberapa waktu lalu, Edwin sempat berkunjung ke area konstruksi hotel ini & sepertinya masih akan memakan waktu lama sebelum hotel ini mulai beroperasi.

Rendering Regent Canggu. Foto: IHG

 

6. Kimpton Naranta Bali Nusa Dua (Pertengahan 2021)

Boutique hotel anggota IHG ini akan menjadi hotel Kimpton pertama di Indonesia. Terkenal dengan pelayanannya yang personal & unik kemudian ditambah dengan hospitality khas Bali dan bentuk bangunan yang unik, hotel ini menurut saya layak untuk dicoba.

Kimpton Naranta mengusung konsep all-villa resort dengan total sebanyak 50 villa yang terdiri dari:

  • Garden Villa (3)
  • Pool Villa (17)
  • Maj Valley Pool Villa (17)
  • Oceanic Pool Villa (11)
  • Two Bedroom Pool Residences (2)

Jangan lupa untuk menyebut kode rahasia ketika menginap di hotel Kimpton agar bisa mendapatkan hadiah kejutan ketika check in!

Villa di Kimpton Naranta. Kredit: Kimpton Naranta

 

7. Jumeirah Bali Uluwatu (N/A)

Merek hotel ikonik dari Dubai akan membuka resort di Bali yang memadukan pelayanan khas Bali & Arab. Bangunan resort ini terinspirasi dari istana air Hindu abad ke-9 dan merupakan villa-only resort dengan kolam renang pribadi di setiap villa. Tidak perlu diragukan lagi, resort ini akan menjadi salah satu yang termewah di Bali ketika dibuka nanti.

Foto: Jumeirah Bali


Surabaya

1. Pullman Surabaya (N/A)

Berbeda dari Pullman Surabaya City Centre yang kini berubah menjadi Wyndham Surabaya, Pullman Surabaya baru ini akan dibangun di area Kertajaya. Properti dengan 300 kamar ini rencananya akan rampung pada tahun 2022. Selebihnya, belum ada informasi detil mengenai properti ini.

Pullman Hotel, Central Jakarta - Picture of Pullman Jakarta Indonesia - Tripadvisor

Kamar di Pullman Jakarta Thamrin (bukan Surabaya)


Penutup

Dalam beberapa tahun kedepan, akan ada 130 hotel baru di Indonesia yang 12 diantaranya diklasifikasikan sebagai hotel mewah berbintang lima. Jujur saya pribadi sudah tidak sabar untuk mencoba menginap di hotel mewah baru tersebut.

Penambahan 130 hotel tersebut juga akan menjadikan Indonesia sebagai negara peringkat pertama di Asia Tenggara dalam urusan penambahan hotel & jumlah kamar.

Jaringan hotel besar masih tergolong konservatif dalam memperluas portofolio di sektor luxury. Berikut distribusi total hotel & resort mewah baru menurut jaringan hotel:

  • Accor – 2 properti
  • Hilton – 2 properti
  • Hyatt – 2 properti
  • IHG – 2 properti
  • Jumeirah – 1 properti
  • Langham – 1 properti
  • Marriott – 2 properti

Bila diperhatikan, semua hotel mewah tersebut mengalami keterlambatan/penundaan pembukaan. Selain karena pandemi COVID-19, sejumlah hotel juga sepertinya terganjal masalah pendanaan yang terhambat. Mari berharap agar pembukaan hotel tersebut bisa segera terwujud dan industri pariwisata bisa kembali pulih.

.

Apa hotel mewah baru yang Anda nantikan di Indonesia?