Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2022 Hadir di Surabaya, Medan, dan Makassar

Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) akan juga diadakan di Surabaya, Makassar, dan Medan pada tanggal 4 – 6 November 2022. Bedanya, kali ini mereka menggandeng BNI sebagai bank partner dan event ini sendiri akan memiliki penawaran nominal cashback dan promo yang berbeda dibanding dengan event GATF utama di Jakarta yang diselenggarakan di ICE BSD pada akhir Oktober lalu.

Untungnya, promo GarudaMiles yang ditawarkan masih sama yaitu diskon 40% untuk penukaran GarudaMiles ke semua rute apabila Anda tidak melakukan spending apapun pada event GATF dan diskon 60% jika Anda melakukan pembelian tiket Garuda Indonesia sebesar minimum Rp2.000.000,- pada event GATF ini.

Diskon Redemption hingga 60% untuk Award Ticket
  • Promosi ini berlaku bagi seluruh anggota GarudaMiles di atas 12 tahun (anggota GarudaMiles Junior tidak termasuk).
  • Promosi ini berlaku untuk penukaran sebagai berikut:
    • Jenis penukaran: Issued dari awal (new ticket)
    • Rute: Semua rute,
    • Kelas: Ekonomi dan bisnis
    • Jumlah penumpang: Bebas
    • Jadwal penerbangan: 5 November 2022-31 Maret 2023.
  • Untuk memperoleh diskon hingga 60% untuk penukaran GarudaMiles, Anda harus mengunjungi booth GarudaMiles selama GATF (4-6 November 2022) dan mengambil salah satu voucher berikut:
    • Paket A: Diskon 60% penukaran GarudaMiles dengan berbelanja minimal Rp2.000.000 di GATF
    • Paket B: Diskon 40% penukaran GarudaMiles tanpa syarat pembelanjaan.
  • Voucher hanya berlaku untuk 1 kali pemesanan.
  • Diskon penukaran GarudaMiles dari voucher tidak dapat digabungkan dengan diskon penukaran dari kartu kredit cobrand.
  • Setelah mendapatkan voucher, Anda dapat memakai voucher tersebut untuk memesan tiket di kantor penjualan Garuda Indonesia pada 5 November 2022 -12 November 2022

Pendapat

Promo ini merupakan promo terbesar dari GarudaMiles mulai dari era pandemi dan apabila digunakan dengan baik, maka Anda bisa memperoleh value yang luar biasa dari penukaran tiket tersebut.

Sebagai perbandingan, pada event GATF sebelumnya, Garuda Indonesia hanya mengadakan promo diskon penukaran GarudaMiles hingga 50% dan itu pun hanya terbatas untuk penerbangan domestik sehingga promo kali ini boleh dikata lebih menarik.

Flight Review: Garuda A330-900neo Business Class Jakarta - Denpasar | PinterPoin
Manfaatkan promosi diskon hingga 60% penukaran GarudaMiles ini untuk terbang di kelas utama Garuda Indonesia rute manapun. Foto: PinterPoin
Apakah Saya Sebaiknya Belanja di GATF Demi Diskon Penukaran 60%?

Jawaban singkatnya, tergantung. Apabila Anda memang berencana untuk membeli tiket berbayar, maka tidak ada ruginya bagi Anda untuk memanfaatkan bonus diskon penukaran GarudaMiles tersebut.

Di sisi lain, apabila Anda akan membeli tiket hanya untuk mengejar diskon tersebut, jangan lupa memperhitungkan biaya dan manfaatnya. Patut diperhatikan:

  • Tiket Garuda Indonesia dapat dibatalkan dengan denda mulai dari 20% tarif dasar (kelas ekonomi) lalu sisanya dikembalikan dalam travel voucher
  • Untuk mendapatkan voucher diskon 60%, hanya transaksi pembelian tiket selama GATF yang diperhatikan, tidak peduli bagaimana status tiketnya kedepannya (dalam arti, apakah dibatalkan atau dipakai terbang).

Sebagai contoh, apabila Anda membeli tiket kelas ekonomi fleksibel sekali jalan (subkelas ‘Y’) dari Jakarta (CGK) ke Makassar (UPG) sekali jalan hanya untuk mengejar voucher diskon 60% lalu membatalkan tiketnya, maka Anda akan dikenakan biaya pembatalan Rp366.000 (Rp1.830.000 x 20%) sebagai “harga” untuk mendapatkan ekstra 20% diskon.

Apabila menggunakan valuasi GarudaMiles menurut PinterPoin, maka Anda harus menghemat minimal 2.614 miles dengan ekstra 20% diskon tersebut.

Tiket Garuda Indonesia ekonomi fleksibel dari Jakarta CGK ke Makassar UPG sudah cukup untuk memenuhi syarat. Sumber: Matrix

Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan GarudaMiles

Baca juga: Panduan Lengkap GarudaMiles


Penutup

GATF akan kembali diadakan di kota-kota selain Jakarta juga pada tahun 2022 ini dan untungnya tidak ada perbedaan penawaran antara promo GarudaMiles pada event Jakarta dengan promo GarudaMiles pada event non-Jakarta ini yaitu diskon penukaran hingga 60% untuk seluruh rute Garuda Indonesia termasuk rute internasional.

Restrukturisasi Garuda Indonesia, Berapa Pesawat yang Tersisa? | PinterPoin
Tukarkan poin bank Anda menjadi GarudaMiles untuk ditukarkan ke tiket kelas bisnis Garuda Indonesia dengan diskon hingga 60%

Secara pribadi, saya akan merekomendasikan Anda untuk menukarkan GarudaMiles Anda pada event ini terutama jika Anda memiliki rencana untuk berwisata ke destinasi luar negeri seperti Australia, Korea Selatan, Hong Kong, dan sebagainya beberapa bulan ke depan dengan pertimbangan availability yang lebih baik dan rate penukaran yang hampir pasti lebih murah (ketika promo) dibandingkan dengan KrisFlyer Miles ataupun Asia Miles.

apakah Anda tertarik untuk menghadiri event GATF di Surabaya, Medan, dan Makassar ini?

Share
10 comments
  1. QUOTE
    Setelah mendapatkan voucher, Anda dapat memakai voucher tersebut untuk memesan tiket di kantor penjualan Garuda Indonesia pada 5 November 2022 -31 Maret 2023.
    UNQUOTE

    saya baru pulang dari GATF BNI di Medan, menurut petugas Garuda voucher hanya bisa di tukarkan sampai tgl 12 November 2022.

    Dan ada promo pembelian Miles juga. Beli 1,000 miles dapat tambahan 500 miles dengan harga Rp 277,500.

  2. Hai Pembaca Pinter Poin,

    Penukaran kupon tipe A(disc 60%) dan tipe B(disc 40%) di GATF. Tidak harus pemegang account garuda yang datang. Pengambilan kupon tidak diminta identitas diri, hanya menyebutkan no GFF, HP, dan email. Bagi yang berhalangan karena lain kota tempat tinggal, minta tolong teman di kota GATF.

    Terima Kasih

  3. @ Edwin: discount miles berlakunya utk penerbangan sampai Maret 2023. Misalnya kita pesan pp tgl 24 Pebruari dan kembali 4 Maret 2023 utk mendapat potongan miles. Lalu kita ubah tgl menjadi 8 Juni dan pulang 8 Juli, apakah bisa? Dan apa ada tambahan biaya? Terimakasih

  4. @ Edwin: kl misalnya kita pesan tiket dgn discount miles utk penerbangan sampai Maret 2023. Lalu kita ubah tgl menjadi Juni-Juli 2023. Apakah bisa? Dan apa ada konsekuensi miles atau biaya utk mengubah jadwal?

    1. Dari pengalaman promo redeem GarudaMiles sebelumnya sih tiket yang diberikan dalam promo-promo seperti ini bukan kelas Y tapi X. Untuk merubah jadwal akan dikenakan potongan 20% dari miles yang telah digunakan, kemudian diharuskan menambah lagi sejumlah miles untuk menutup selisih dari redeem rate penerbangan barunya.

  5. @ Bima : terimakasih
    @ Edwin: waktu GATF saya tanya apakah bisa upgrade kartu Garuda Platinum saya menjadi Garuda Signature? Dijawab lebih baik apply baru, kl sdh berhasil yg platinum ditutup. Saya apply dgn menyertakan no Garuda miles saya yg juga terconnect dgn Garuda Platinum. Kemarin Garuda Signature sdh saya terima, tetapi dapat no Garuda miles baru lagi. Bgmn sebaiknya? Apakah 2 nomor Garuda miles dibiarkan hidup ? Hanya sayang krn nomor yg lama punya tabungan miles 50 ribu an. Karena berikutnya saya akan pakai yg Signature dgn earning rate yg lebih baik. Atau saya tutup dulu yg Platinum, kemudian nomor yg di Signature diganti dgn yg lama? Atau opsi mengganti nomor bisa dilakukan tanpa menutup yg platinum?

    1. Tjahjono,

      Jujur BNI sangat tidak reliable dalam hal ini….. tapi saran saya adalah coba hubungi garuda indonesia untuk di merge antara akun garuda lama Anda dengan garuda baru-nya. Coba saja kontak pihak Garuda Indonesia/GarudaMiles untuk dimintakan sebuah solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea