Akhirnya! Tidak Lagi Perlu Tes Covid-19 untuk Pergi ke Amerika Serikat

Setelah Jerman menghilangkan kebijakan tes Covid-19 apabila hendak berkunjung, sekarang akhirnya giliran negara Paman Sam mengikuti jejak negara-negara barat lainnya. Pertama kali dilaporkan oleh CNN, Pemerintahan Biden akhirnya telah memutuskan bahwa sejak tanggal 12 Juni 2022 ini semua pengunjung internasional tidak lagi diharuskan untuk melakukan tes Covid-19 untuk memasuki Amerika Serikat (AS)!

Oleh karena itu, semua pengunjung internasional yang mendarat di Amerika Serikat efektif sejak tanggal 12 Juni 2022 pukul 00:00 sudah tidak diperlukan tes Covid-19. Pemerintahan Biden memastikan akan bekerja sama dengan semua maskapai yang berkaitan untuk memastikan masa transisi ini berjalan dengan lancar.

Tes PCR dan Antigen sudah tidak diperlukan untuk memasuki AS!

CDC (Centers for Disease Control and Prevention) menyatakan bahwa tes Covid-19 ini sudah tidak lagi diperlukan ‘berdasarkan ilmu pengetahuan dan data’. Meski begitu, CDC juga menyatakan bahwa mereka akan tetap memonitor perkembangan situasi Covid-19 dan akan mengevaluasi ulang dalam 90 hari ke depan dan apabila diperlukan, maka tes Covid-19 untuk keberangkatan (pre-departure test) akan dilakukan kembali.

Aturan yang memerlukan negatif tes Covid-19 untuk berkunjung ke Amerika Serikat ini sendiri telah diterapkan sejak Januari 2021 dan dengan melihat kondisi Covid-19 yang semakin kondusif di AS, membuat banyak pihak berharap jika aturan ini segera dihilangkan. Saya sendiri termasuk salah satu orang yang juga menyambut dengan antusias pengumuman ini karena saya merasa sudah sewaktunya AS mengikuti kebijakan negara-negara lain.

Penutup

Aturan hasil negatif tes Covid-19 memang adalah hal yang sangat wajar untuk dilakukan di saat penanganan Covid-19 di AS masih di fase yang tidak jelas. berkaca dari pengalaman pribadi, saya telah keluar masuk Amerika sebanyak 4 kali dan walaupun sangat setuju dan paham apabila diperlukan hasil negatif tes Covid-19 tetapi selalu ada elemen tidak tenang apabila ternyata hasil saya ternyata keluar positif.

Hasil tes COVID-19 yang positif tentunya akan mengacaukan rencana perjalanan Anda

Saya sangat beruntung tidak pernah dihadapkan ke situasi di mana hasil tes mengganggu acara bepergian ke AS saya, namun saya juga pernah sekali waktu ‘dipaksa’ mundur saat hendak terbang pulang ke Indonesia, semuanya dikarenakan oleh hasil tes PCR saya yang tak kunjung keluar. Sungguh bukanlah pengalaman yang mengasyikkan namun tentunya menjadi cerita menarik untuk diceritakan ke teman dan keluarga saya! 😅

Dengan berita gembira ini, apakah Anda makin tertarik untuk segera berlibur atau di lain pihak malah membuat Anda Berpikir Dua Kali Untuk Berlibur ke Amerika Serikat?

HT: Loyaltylobby

Share
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea