pohon, outdoor, langit, air, bangunan, kolam renang, Kolam refleksi, Kota spa, Kota resor, danau, refleksi, resor, Thermae, rumah, kolam, malam, matahari terbenam

Ulasan: Conrad Bali, Surga Bagi Member Elite Hilton Honors

Terdapat ribuan hotel yang bisa anda pilih di Bali. Namun, jika anda memiliki status elit (Gold atau Diamond) dengan Hilton Honors, maka menurut saya Conrad merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menginap di Bali.

Private beach area untuk tamu Conrad Suites.

Conrad dan Waldorf Astoria adalah hotel high-end milik grup hotel Hilton. Artinya, jika anda memiliki status elit dengan Hilton Honors, anda akan mendapatkan benefit yang lebih saat menginap di hotel high-end tersebut. Selain Conrad, terdapat 2 hotel yang tergabung dengan grup hotel Hilton di Bali, yaitu Hilton Bali Resort dan Hilton Garden Inn.

Saya memiliki status Hilton Diamond yang saya dapatkan secara gratis dari promosi status match yang diadakan Hilton. Anda bisa membaca tentang promo tersebut di artikel PinterPoin ini:

Cara Menjadi Member Gold atau Diamond Hilton Secara Instan dengan Status Match

Berikut beberapa contoh manfaat yang didapatkan sebagai member Diamond:

• Wi-Fi Premium khusus member Diamond
  • Mendapatkan 20 poin per USD $1 yang dibayar untuk menginap
  • Dibebaskan dari biaya resor di hotel tertentu, tidak berlaku jika anda menggunakan poin
  • Late checkout sampai dengan 4pm
  • Malam ke 5 gratis saat menukarkan poin untuk menginap
  • Upgrade kamar sampai dengan Standard Suites
  • Gratis continental breakfast kecuali di properti Hilton Grand Vacations
  • Akses lounge eksekutif
  • Kemampuan untuk menghadiahkan status elit kepada orang lain setelah menginap 60 malam dalam 1 tahun
  • 2 botol air per menginap

Selengkapnya tentang benefit dari menjadi member elit Hilton bisa dibaca di website Hilton disini. http://hiltonhonors3.hilton.com/en/explore/benefits/index.html

Kami tiba di Denpasar Bali pada hari Sabtu, 30 Juni 2018. Saya memutuskan tiba di Bali lebih awal sebelum menghadiri acara penyambutan Singapore Airlines Boeing 787-10 Dreamliner di Denpasar Bali yang diselenggarakan pada hari Senin, 2 Juli 2018.

Setelah mendarat dengan selamat pada pukul 10.35, kami langsung menuju ke Conrad Bali yang berlokasi di area Tanjung Benoa menggunakan Go-Car dengan biaya Rp 70.000 termasuk tip. Jika anda berminat, tersedia juga airport pick-up & transfer service resmi Conrad dengan harga USD $22 sekali jalan.

Lobby Conrad Bali.
Terdapat road map piala dunia 2018 di lobby. Conrad menyediakan fasilitas nonton bareng di bar/lounge yang terletak di depan lobby.
Nuansa Bali yang melekat pada bangunan Conrad Bali.

Bangunan hotel nampak sudah berumur namun tetap dalam kondisi yang terawat. Rasanya menyenangkan saat berjalan masuk disambut dengan angin segar dari pantai. Anda akan dapat mencium aroma laut begitu anda melewati lobby.

Jalan menuju ke bagian timur hotel.

Pengalaman check in yang tidak sesuai standar Conrad

Kami tiba di resor pada pukul 11.45 dan segera menuju ke lobby untuk check in. Kami lalu diberikan welcome drink dan wet towel oleh staff hotel. Dikarenakan saya tiba lebih awal, saya meminta early check in, namun ditolak dengan sopan. Waktu check in yang ditentukan oleh Conrad Bali adalah pukul 15.00.

Awalnya, staff hotel tidak menyadari bahwa saya memiliki status Hilton Diamond. Namun, setelah staff tersebut menginput informasi booking ke dalam sistem, staff kemudian menyambut saya kembali ke properti Hilton dan berterima kasih karena telah menjadi member Diamond Hilton. Staff juga menginfokan bahwa saya bisa melakukan early check in.

Mendapatkan welcome letter saat check in.

Sebagai member Diamond, saya mendapat fasilitas early check in dan upgrade kamar sampai ke Standard Suites. Kali ini, saya di upgrade menjadi Conrad Suites yang terletak di bagian timur properti. Namun, saya mendapat pengalaman check in yang tidak menyenangkan.

Awalnya, staff agent menjanjikan bahwa kamar saya akan siap dalam 1 jam. Artinya, saya seharusnya sudah berada di dalam kamar sebelum jam 13.00. Staff hotel mengatakan bahwa saya dapat menggunakan Conrad Suites lounge yang terletak tepat di atas restoran RIN dan akan ditelepon setelah kamar saya siap.

Conrad Suites lounge yang terletak tepat di atas RIN.
Bagian luar dari executive lounge.

Disinilah dimulai permasalahannya, staff hotel tidak menelpon sampai jam 14.30! Saya kemudian menelpon ke front desk dan staff hotel mengatakan bahwa kamar saya belum siap. Pada momen ini, saya mulai menyadari bahwa staff tersebut sedang “mengharuskan” saya untuk check in pada jam 15.00. Staff kemudian mengatakan bahwa saya akan ditelepon kembali saat kamar saya sudah siap.

Pukul 15.05, tetap tidak ada telepon dari staff hotel. Akhirnya saya menelpon kembali dan staff yang sama mengatakan bahwa kamar saya sudah siap dan kunci bisa diambil ke lobby. Sekilas informasi, jarak dari lobby menuju ke RIN adalah ujung ke ujung.

Saya mengerti bahwa waktu check in yang ditentukan adalah 15.00. Namun, seharusnya staff hotel berkata jujur dan apa adanya dari awal daripada membuat saya menunggu selama 3 jam di hotel. Saya bisa saja memanfaatkan 3 jam tersebut untuk keluar makan siang atau menjelajahi Bali daripada terdampar di hotel. Dan, sebagai member Hilton Diamond, early check in adalah hal yang sudah lumrah didapatkan.

Properti bintang 5 yang masih terawat dan sedang dalam proses renovasi

Sayangnya, hotel ini sedang dalam tahap renovasi sehingga beberapa area hotel seperti kolam renang utama, lagoon pool, kamar di bagian selatan akan ditutup. Jika sesuai rencana, renovasi akan selesai paling lambat pada 31 Agustus 2018 menurut staff hotel.

conrad bali
Layout Conrad Bali. Bagian barat hotel sedang dalam tahap renovasi. Kredit Gambar: FunTravel.
Proses renovasi sedang berlangsung dan dijadwalkan akan selesai pada akhir Agustus 2018.

Akibat dari renovasi tersebut, kolam renang khusus tamu Conrad Suites dijadikan sebagai kolam renang umum untuk sementara menggantikan kolam utama. Alhasil, kolam yang relatif kecil ini menjadi padat dan dipenuhi oleh anak-anak di waktu tertentu. Alternatifnya, terdapat juga kolam renang di area Jiwa spa yang relatif lebih sepi.

Kolam renang yang terletak di Conrad Suites.
Kolam renang di Jiwa spa yang ‘tersembunyi’.
Kapel untuk acara pernikahan yang terletak di depan private beach.

Conrad Suites

Sebagai Hilton Diamond, saya berhak mendapatkan complimentary upgrade sampai ke Standard Suites. Kali ini, saya diugprade dari Deluxe King Resort View menjadi Conrad Suites. Nice!

Seluruh tamu Suites mendapat tambahan benefit seperti gratis makanan untuk anak-anak berusia dibawah 12 tahun dan akses ke Reflections Lounge dimana anda bisa bersantai, bermain billiar atau menggunakan komputer/printer.

Jalan masuk menuju bangunan Conrad Suites.
conrad floorplan.jpg
Floor plan Conrad Suites. Kredit Gambar: Conrad Bali.
Conrad Suites.
Ranjang berukuran queen.
Terdapat juga sebuah boneka monyet yang bisa anda bawa pulang.
Saya menamakan boneka monyet ini Conrad.
Complimentary TWG Tea untuk seluruh kamar Suites.
Ruang tamu dari Conrad Suites.
Kursi selonjor yang pas untuk bersantai.
Balkon yang menghadap ke kolam renang Conrad Suites.
Sofa bed yang terdapat di balkon.
Kursi dan meja yang terletak di balkon.
Mini bar.
Terdapat dua kulkas kecil, satu digunakan untuk mini bar dan satu lagi dibiarkan kosong untuk digunakan tamu hotel.
Peralatan makan dan perangkat elektronik.
Kamar mandi dengan bath tub, shower, dan closet terpisah.
Shower room.
Closet.
Anda bisa menggunakan bath tub sambil menonton TV.

Di Conrad Suites ini terdapat 3 TV, 1 terletak di ruang tamu, 1 di kamar tidur, dan 1 di bath tub. Wow!

Amenity kit dari Shanghai Tang.
Sea salt & flower petals untuk berendam.
Walk in closet yang luas.
Bath robe dan sleep wear.
Bantal ekstra.
Pintu geser yang memisahkan ruang tamu & dapur dengan kamar tidur.

Welcome gift untuk anggota Hilton Diamond

Ini area dimana Conrad membuktikan identitasnya sebagai hotel high-end. Sebelum tiba, saya menghubungi pihak hotel untuk menyiapkan welcome gift untuk merayakan anniversary. Tidak lama setelah memasuki kamar, kami disambut dengan sebotol sparkling wine, kue, dan buah-buahan.

Sacred Hill Brut Cuvée.
Generous portion of cream cake.
Buah-buahan segar.

Tips: Jika anda berencana untuk menginap di Conrad untuk merayakan hari penting, anda bisa mencoba untuk menghubungi pihak hotel untuk menyiapkan welcome gift.

Evening cocktail di executive lounge

Sebagai member Hilton Diamond, saya mendapatkan free breakfast di restoran RIN atau Spice, afternoon tea dan evening cocktail di Conrad Suites lounge.

Conrad Suites lounge full menu. Anda dapat memesan apa saja dari menu, gratis!

Saya memesan segelas cocktail Blue Lagoon, Hatten Rosé, Equil sparkling water ditemani dengan kudapan seperti keripik, ikan pepes, lumpia, dan maki roll.

Complimentary evening cocktail hours untuk member Hilton Diamond. It’s nice to be an elite member!

Selesai bersantai, saya menuju ke private beach yang dikhususkan untuk tamu hotel Conrad. Terdapat juga area khusus tamu Conrad Suites yang relatif lebih sempit namun lebih terjaga privasinya.

Area private beach khusus tamu Conrad Suites.

Dikarenakan kondisi air yang mulai surut, saya kemudian memutuskan untuk berenang di Conrad Suites pool. Untungnya kolam sudah semakin sepi menjelang matahari terbenam.

Conrad Suites pool.

Pantai Tanjung Benoa

Saya adalah tipe orang yang menikmati suara ombak dan angin laut dengan tenang tanpa gangguan. Jadi, saya lebih menyukai Nusa Dua ketimbang Tanjung Benoa. Ditambah, air laut di pantai Nusa Dua jauh lebih bersih dan bening. Saya merasa cukup risih dengan pantai Tanjung Benoa karena banyaknya aktivitas water sports dan penduduk lokal yang menghampiri dan menawarkan massage atau water sports di area private beach hotel.

Asap polusi dari kapal dan suara bising mesin kapal akan mengganggu waktu anda bersantai di pantai.
Tamu hotel lain, termasuk kami, seringkali merasa terganggu. Total, saya dihampiri sebanyak 5 kali oleh orang yang menawarkan water sports dan massage saat berada di pantai.

Free breakfast di RIN restaurant

Terdapat dua restoran di Conrad Bali yang melayani breakfast, yaitu RIN dan Spice. Bagi anda yang membawa anak-anak, pilihan anda terbatas dengan Spice saja. Saya memutuskan untuk sarapan di RIN karena jarak yang lebih dekat dari kamar.

RIN restaurant yang terletak di sebelah Conrad Suites pool.
Pintu masuk menuju RIN.
RIN indoor dining room.
Anda juga bisa makan di outdoor.

Terdapat banyak varian makanan di area buffet. Berikut foto-foto yang saya jadikan slideshow.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain buffet, anda bisa memilih dari menu à la carte.

Kami memulai sarapan dengan segelas jus jeruk segar lalu diikuti dengan segelas teh Sencha, Minutes Steaks with extra bacon dan diakhiri dengan dim sum.

Minutes Steaks.
Dim sum.

Bagaimana cara saya membooking?

Untuk mendapatkan poin dan harga termurah, saya menyarankan anda untuk membooking hotel langsung dari website resmi Hilton/Conrad.

Kebetulan saat saya sedang mencari hotel, sedang diadakan promo diskon 30% hotel Hilton di Asia Tenggara. Saya membayar Rp 1.686.208 untuk kamar standar Deluxe King Resort View yang kemudian diupgrade menjadi Conrad Suites seharga Rp 4.700.000. Great deal!

Jika sedang tidak ada diskon, kamar standar Deluxe King Resort View berada dikisaran harga Rp 2.200.000++.

Sebagai member Diamond, saya berhak mendapat 100% bonus ekstra poin. Total, saya mendapat 3.925 Hilton Honors poin dari penginapan ini. Menurut valuasi terkini PinterPoin, 1 Hilton Honors setara dengan Rp 86,4. Artinya, saya mendapat poin senilai Rp 339.120. Sebagai perspektif, dengan 5.000 Hilton Honors poin, saya bisa menginap 1 malam di Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport.

Anda juga bisa menggunakan poin Hilton Honors anda dimulai dari 48.000 poin untuk 1 malam di Standard Room sampai dengan 144.000 poin untuk 1 malam di Conrad Pool Villa.

Kartu kredit apa yang harus anda gunakan untuk membooking

Saya sarankan untuk menggunakan CIMB Niaga Visa Infinite untuk mendapatkan 1 KrisFlyer/GarudaMiles/AsiaMiles atau 3 AirAsia BIG Points per Rp 5.000. Dari pemesanan hotel ini, anda akan mendapatkan 337 KrisFlyer/GarudaMiles/AsiaMiles atau 1.012 AirAsia BIG Points.

Anda bisa membaca artikel PinterPoin tentang kartu kredit travel & welcome bonus terbaik di Indonesia saat ini:

Kartu Kredit Travel & Welcome Bonus Terbaik Saat Ini

Penutup

Conrad Bali merupakan pilihan terbaik di Bali jika anda memiliki status elit Hilton Honors. Opsi lain yang anda miliki adalah Hilton yang berada di Nusa Dua dan Hilton Garden Inn yang terletak tidak jauh dari bandara Ngurah Rai.

Jangan lupa, anda bisa memanfaatkan promo status match yang diadakan Hilton jika anda memiliki status elit dengan program hotel lain seperti yang saya lakukan. Hilton ingin anda merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang member elit melalui promo ini, dan saya jamin anda akan puas dengan treatment yang akan anda dapatkan.

Pernahkah anda menginap di properti Conrad? Bagikan pengalaman anda dibawah.

3 comments
  1. This is a great review! Saya pernah menginap di hotel ini setahun yang lalu, dan ulasan ini cukup akurat. Saya merasakan hal yang sama mengenai check-in yang tidak menyenangkan. Saat itu, saya tinggal selama tiga malam namun sebagai member Hilton Diamond, saya tidak mendapatkan upgrade sampai pada malam terakhir. Walau demikian, mereka menyediakan amenities seperti kue ulang tahun dan sparkling wine (which are greatly appreciated).

Menurut saya, kamar-kamar di hotel ini perlu direnovasi karena terkesan tua. Saya juga tidak terlalu menikmati tempat tidurnya yang tampaknya belum diganti dan sudah menunjukkan usianya. Ini cukup disayangkan karena hotel bintang 4 saat ini pun mempunyai tempat tidur yang jauh lebih baik. To sump up, I think overall the hotel is still really good, but renovation is desperately needed for it to compete with other luxurious hotels in Bali.

1. James,

Terima kasih sudah berbagi pengalamannya. Sayang sekali karena anda tidak mendapatkan upgrade hingga malam ke tiga.

ICYMI, Conrad baru saja menyelesaikan renovasi di bangunan utama dan main swimming pool. Saya belum berkesempatan untuk kembali lagi ke properti tersebut untuk mereview.

Generally, saya setuju dengan anda kalau Conrad memang membutuhkan renovasi besar-besaran untuk bersaing dengan properti baru.

2. Terima kasih untuk reviewnya. Berdasarkan review ini, saya tidak akan ke hotel ini karena:
    1. Pengalaman di pantai yg tdk menyenangkan dgn suara2 kapal dan gangguan pedagang2.
    2. Service yang kurang bagus. Banyak sekali orang yg mengeluh bahwa servicenya kadang2 bagus and kadang2 jelek. Jadi aku tidak mau ambil resiko tinggal disini.
    3. Aku juga Hilton Diamond dan tidak mau ambil resiko diperlakukan seperti anda.