Batik Air merupakan maskapai full service anggota Lion Air Group yang dibentuk untuk bersaing dengan maskapai lokal seperti Garuda Indonesia. Sedikit diketahui jika Batik Air memiliki frequent flyer program sendiri yang berjuluk Batik Miles.

Batik Miles tergolong cukup jarang terdengar di publik jika dibandingkan dengan GarudaMiles atau bahkan AirAsia BIG. Bagi saya, jarang tedengar bisa berarti 2 hal:

  • Program tersebut memang tidak menarik
  • Program tersebut bisa jadi menyimpan rahasia atau sweet spot yang sedikit diketahui

Dari research yang saya lakukan, bisa dibilang jika 2 poin diatas benar adanya. Batik Miles mempunyai sistem perolehan miles yang benar-benar tidak jelas. Maksud saya adalah benar-benar tidak ada informasi mengenai perolehan dan penukaran Batik Miles, wow!

Meski demikian, terdapat sebuah sweet spot luar biasa yang wajib dimanfaatkan jika Anda sering terbang dengan Batik Air atau maskapai lain di rute domestik. Tertarik? Mari mengenal sedikit lebih jauh tentang program Batik Miles ini.

Cara Mendaftar Menjadi Anggota Batik Miles

Mendaftar pada program Batik Miles sama sekali tidak rumit, pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui link ini.

Setelah mendaftar sebagai anggota, maka yang perlu Anda lakukan adalah mencapai status elite Batik Miles. Tingkatan keanggotaan Batik Miles sendiri hanya ada 3 jenis, yakni Member Biasa, Batik Silver dan Batik Gold dengan detil sebagai berikut:

  • Member Biasa (otomatis didapat setelah mendaftar)
    • Tidak ada benefit khusus
    • Kartu keanggotaan akan dikirimkan ke alamat Anda ketika sudah mencapai Batik Silver.
  • Batik Silver (didapat setelah 4x eligible flights*)
    • Mendapat diskon di merchant yang berkolaborasi dengan Batik Air
  • Batik Gold (didapat setelah 15x eligible flights*)
    • Tambahan bagasi sebesar 10 kg
    • Priority boarding di Jakarta: Soekarno-Hatta (CGK) dan Halim Perdanakusuma (HLP)
    • Gratis memilih preferred seating (contoh: kursi baris emergency exit) jika tersedia
    • Gratis upgrade ke Business Class (hanya bisa dikonfirmasi saat berada di bandara)
    • Mendapat diskon di merchant yang berkolaborasi dengan Batik Air

Batik Miles menggunakan sistem calendar year (Januari – Desember) untuk masa berlaku status. Jika berhasil mendapatkan status, maka status tersebut akan berlaku 12 – 23 bulan sejak di dapatkan. Contoh:

Saya berhasil mendapatkan status Gold pada bulan Maret 2020, maka status tersebut akan berlaku hingga Desember 2021. Jika tidak berhasil mempertahankan status Gold (dengan terbang 15x) di tahun 2020 atau 2021, maka status saya akan turun menjadi Silver mulai tahun 2022.

* 1x terbang di Economy Class Batik Air di rute manapun akan terhitung sebagai 1x eligible flight. Untuk mencapai status Batik Silver, maka diperlukan terbang 4x sekali jalan. Sedangkan untuk Batik Gold, diperlukan 15x terbang sekali jalan dengan Batik Air.

PENTING: Pemesanan tiket Batik Air harus dilakukan secara langsung melalui channel resmi Batik Air (telepon, website, kantor Lion Air). Pembelian tiket melalui online travel agent atau third party seller tidak akan terhitung sebagai eligible flight untuk naik status.

Jangan Lupa Memasukkan Nomor Keanggotaan

Perlu diperhatikan jika Anda wajib memasukkan nomor keanggotaan Batik Miles pada saat membeli tiket atau paling lambat pada waktu check in di bandara. Jika lupa, maka Anda tidak bisa melakukan kredit/retroactive mileage registration dengan cara apapun.

Cara Naik Status ke Silver atau Gold

Bagian ini yang saya anggap cukup merepotkan karena Anda harus secara manual mengirimkan data penerbangan 4 atau 15 eligible flights kepada pihak Batik Air melalui email callcenter@batikair.com.

Nantinya setelah berhasil dikonfirmasi, status Anda akan dinaikkan sesuai dengan jumlah penerbangan yang sudah Anda ambil. Dengan demikian, saya sarankan untuk menyimpan kertas boarding pass Anda sebagai bukti sudah terbang dengan Batik Air.

Batik Miles

Sweet Spot Batik Miles?

Dari penelusuran singkat yang saya lakukan, Batik Miles ini ternyata mempunyai sebuah sweet spot yang hanya bisa didapatkan oleh anggota Batik Gold. Sweet spot ini sendiri sudah dimanfaatkan oleh segelintir orang yang salah satunya merupakan pengikut PinterPoin.

Spesifiknya, sweet spot yang saya maksud adalah: Gratis upgrade ke Business Class (jika ada ketersediaan kursi).

Business Class Batik Air A320. Kredit: Batik Air.

Anda membaca dengan benar, setiap kali membeli tiket Economy Class Batik Air, maka anggota Batik Gold akan mendapat upgrade gratis ke Business Class asalkan ada ketersediaan kursi!

Melihat manfaat tersebut memang sangat menarik dan menggiurkan. Namun saya aslinya cukup ragu-ragu jika hanya bergantung pada informasi yang tersedia di website resmi Batik Air. Awalnya saya tidak bisa menemukan informasi detil di website Batik Air, namun ternyata terdapat syarat & ketentuan lengkap yang bisa ditemukan pada laman pendaftaran anggota baru (scroll ke bawah).

Saya sendiri sudah menghubungi pihak Batik Air yang menjawab jika fasilitas upgrade akan diberikan kepada anggota Gold setiap saat jika ada kursi kosong di Business Class.

Namun tidak menutup kemungkinan jika informasi yang tertulis atau diinfokan dari agen bisa saja masih ambigu dan tidak seperti yang diperkirakan oleh pelanggan.

“Free Upgrade Ticket at Airport if available”

Dengan kalimat “if available” maka sebenarnya bisa muncul banyak kemungkinan:

  • Available dalam artian alokasi kursi untuk upgrade anggota Gold tersedia (Misalnya hanya ada 4 dari 12 kursi yang dikhususkan untuk anggota Gold). Maka jika ada 4 anggota Gold yang mendapat upgrade lebih dulu, Anda tidak akan di-upgrade.
  • Available dalam artian jika memang ada kursi kosong di Business Class, anggota Gold akan di-upgrade gratis secara cuma-cuma
  • dll.

Namun dari informasi dan data yang saya kumpulkan sejauh ini, gratis upgrade memang selalu diberikan kepada anggota Batik Gold asalkan ada kursi kosong di Business Class, wow!


Baca juga: Batik Air Luncurkan WiFi Entertainment Gratis di Pesawat (Akses Melalui Gadget Pribadi)


Pendapat

Batik Miles sendiri aslinya sudah mengalami devaluasi pada programnya. Sebelumnya, fasilitas upgrade ke Business Class bisa dinikmati pada penerbangan rute internasional. Kini upgrade hanya diberikan untuk penerbangan domestik.

Saya sendiri sudah mempunyai keanggotaan Batik Miles namun belum pernah mencapai status Silver atau Gold. Melihat manfaat yang sangat generous tersebut, saya cukup tertarik untuk mulai loyal dengan Batik Air khususnya di rute domestik.

Meski produk Business Class Batik Air tidak terlalu superior (pengecualian jika Anda mendapat pesawat Airbus A330-300 yang kursinya bisa direbahkan angled-flat), namun tentunya konsep mendapat kursi dan pelayanan Business Class hanya dengan membayar tiket Economy Class terdengar sangat menarik.

Batik Air Business Class A330

Kursi Business Class Batik Air A330-300. Foto: PinterPoin.

Namun perlu diingat kembali jika upgrade hanya akan diberikan jika ada ketersediaan kursi kosong di kabin Business Class. Jika Anda pernah memanfaatkan status Gold ini, silahkan bagikan pengalaman Anda melalui kolom komentar di bawah.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi anggota Gold Batik Miles?