Panduan Pemula: Cara Menukarkan Asia Miles Untuk Penerbangan Oneworld

Pada artikel panduan pemula kali ini, saya akan menjelaskan step-by-step bagaimana cara.menukarkan Asia Miles Anda dengan penerbangan di maskapai yang tergabung dalam aliansi Oneworld.

Maskapai aliansi Oneworld per 1 Desember 2021

Pengenalan

Walaupun tidak sepopuler KrisFlyer Miles ataupun GarudaMiles, Asia Miles merupakan salah satu Frequent Flyer Program (FFP) yang sangat mudah dikumpulkan bagi orang Indonesia.

Bagaimana tidak, hampir seluruh kartu kredit di Indonesia memiliki fitur konversi poin kartu kredit menjadi Asia Miles. Hal ini efektif menjadikan FFP dari Cathay Pacific ini sebagai salah satu airline miles yang paling ‘merakyat’. Bagi Anda yang pernah mengikuti MasterClass PinterPoin, Anda pasti tahu maksud saya 🙂

Dengan memiliki akun Asia Miles, Anda bisa menukarkan airline miles yang Anda miliki untuk penerbangan di Cathay Pacific dan juga maskapai lain yang tergabung di Oneworld.

Selain itu, Anda juga bisa menukarkan Asia Miles yang Anda miliki untuk travel rewards seperti penyewaan mobil, akomodasi hotel, dan travel experiences yang cukup good deal ketika ada diskon besar.

Anda bisa menukarkan poin Asia Miles menjadi travel experience seperti tiket masuk Disneyland

Berikut adalah daftar maskapai yang penerbangannya bisa Anda redeem menggunakan Asia Miles:

  • Air Canada
  • Air China
  • Air New Zealand
  • Austrian Airlines
  • Bangkok Airways
  • Fiji Airways
  • Gulf Air
  • LATAM
  • Lufthansa
  • Shenzhen Airlines
  • Swiss International Air Lines

Dan berikut adalah daftar maskapai yang tergabung di OneWorld yang bisa Anda tukarkan juga penerbangannya menggunakan Asia Miles:

  • Alaska Airlines
  • American Airlines
  • British Airways
  • Finnair
  • Iberia
  • Japan Airlines
  • Malaysia Airlines
  • Qantas
  • Qatar Airways
  • Royal Jordanian Airlines
  • S7 Airlines
  • SriLankan Airlines
  • Royal Air Maroc

Baca juga: Panduan Pemula – Cara Menukar KrisFlyer Miles ke Penerbangan Star Alliance


Cara Menukar (Via Website Asia Miles)

1. Buka website Asia Miles dan login ke akun Anda.

2. Pilih opsi redeem awards di kolom bagian atas lalu kemudian pilih flight awards

3. Cari opsi other flight awards dan pilih ‘redeem now‘.

Nantinya, akan ada kolom isian seperti gambar di bawah.

4. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan memilih kelas kabin yang Anda inginkan beserta dengan jumlah penumpang dan tanggal keberangkatan yang Anda inginkan.

5. Setelah memilih tanggal yang Anda inginkan, biasanya akan muncul kalender ketersediaan award seat seperti dibawah ini.

Dan juga opsi penerbangan yang tersedia pada hari itu.

Jika Anda memilih salah satu opsi diatas, sistem akan secara otomatis menginformasikan Anda jumlah miles yang dibutuhkan dan taxes & surcharges yang harus Anda bayar.

6. Isi semua data yang dibutuhkan, lakukan pembayaran untuk taxes & surcharges yang muncul dan Voila, Anda akan menukarkan Asia Miles Anda dengan penerbangan di maskapai yang tergabung dalam Oneworld.


Plus Minus Menukar Penerbangan Oneworld Menggunakan Asia Miles

Tukarkan Asia Miles Anda untuk penerbangan di Japan Airlines (JAL)

Kelebihan

(+) Praktis, Anda bisa memilih penerbangan direct ke tujuan yang Anda inginkan.

(+) Ketersediaan penerbangan (availability) cukup baik meskipun untuk partner award redemption.

(+) Beberapa maskapai Oneworld memiliki taxes & surcharges yang lebih rendah untuk rute yang sama.

Kekurangan

(-) Terdapat maskapai Oneworld yang mensyaratkan pemesanan wajib roundtrip (contoh: Iberia).

(-) Tidak semua partner award seat bisa diakses (contoh: JAL Bisnis untuk rute domestik Jepang).


Baca juga: Panduan Lengkap Asia Miles

Baca juga: 10 Kartu Kredit Terbaik Untuk Mengumpulkan Asia Miles


Penutup

Dalam beberapa situasi, akan lebih menguntungkan bagi Anda untuk menukar Asia Miles dengan penerbangan di maskapai Oneworld dibanding dengan penerbangan Cathay Pacific itu sendiri terutama jika ada kelas kabin yang lebih baik dan rute yang lebih direct.

Dalam beberapa situasi tertentu pula, akan lebih bijaksana bagi Anda untuk menukarkan Asia Miles yang Anda miliki untuk penerbangan partner Oneworld alih-alih membayarnya secara cash.

Tebus penerbangan Intra-Jepang hanya dengan 7.500 Asia Miles

Sebagai contoh, akan lebih bijaksana bagi Anda untuk menebus 7.500 Asia Miles + 41 HKD untuk penerbangan one-way Tokyo Haneda (HND) – Sapporo (CTS) seperti pada contoh diatas alih-alih membeli tiket dengan cash yang bisa memakan biaya sekitar 3 juta Rupiah untuk tanggal dan kelas yang sama.

PinterPoin memvaluasi 1 Asia Miles senilai 210 Rupiah. Jadi, dengan menukarkan Asia Miles untuk penerbangan tersebut instead of using cash, Anda bisa menghemat hampir separuh biaya penerbangan Anda (1,58 juta vs 3,17 juta Rupiah). Cukup good deal bukan?

Cash fare untuk penerbangan dan kelas yang sama bisa memakan biaya 3 juta Rupiah lebih!!

Contoh diatas hanya merupakan salah satu contoh penggunaan Asia Miles yang strategis.

Terdapat banyak sekali contoh-contoh penggunaan Asia Miles lainnya yang bisa menghemat biaya berwisata Anda. Anda hanya perlu teliti dalam menganalisa suatu penerbangan apakah lebih baik ditebus menggunakan cash ataukah dengan airline miles.

.

Apakah Anda pernah menukar Asia Miles untuk penerbangan di maskapai Oneworld?

Share
11 comments
  1. Halo Edwin,
    Saya sudah coba paduan diatas, dan pencarian untuk 2 sektor:
    Sector 1: CGK-NRT
    Sector 2: HND-CTS

    Yang mau saya tanyakan. Untuk sector 2 HND-CTS kan flight flight domestic. Apakah perlu bayar untuk bagasi? Atau, awards ticket sector 2 nya sdh termasuk bagasi?

    Thanks.

  2. Halo Pak Edwin, kebetulan saya baru saja buat Asia Miles dan coba liat2 Redeem Ticket nya. Menurut saya surcharge tax Asia Miles harganya gak kira2 mahalnya (seharga tiket ekonomi). Saya aja yang merasa begini atau memang mahal ?
    Selain Asia Miles apa ada preference frequent flyer lain untuk One World yang lebih worth it ?
    Thank you

    1. Aurela,

      Sebenarnya surcharge tax Asia Miles bergantung pada destinasi tapi biasanya semakin jauh tujuannya maka akan semakin mahal tax-nya. Sebenarnya kalau terbang di business/first class, perhitungan surcharge tersebut akan masuk akal sih kecuali apabila Anda pergi ke UK.

      Untuk one world selain Asia Miles jujur saya mungkin mempertimbangkan British Airways Avios ataupun Qantas. Keduanya memiliki sweet spot sendiri-sendiri namun saya tetap lebih prefer menggunakan Asia Miles.

    1. Tony,

      Jujur saya tidak tahu tapi melihat pola-nya, biasanya promo bonus penukaran poin kartu kredit menjadi Asia Miles diadakan pada awal tahun.

  3. Edwin,

    Untuk destinasi tujuan, saya mencoba melihat rute cgk-bcn namun tidak tersedia, sedangkan Qatar pada tiket berbayar menyediakan rute tersebut, apakah tidak semua rute bisa diperoleh via redeem asia miles? atau adakah trik sehingga muncul rute cgk-bcn? thank you in advance

  4. Halo P. Edwin,
    Saya pemula join di blog ini, mau tny kl utk flight Jkt-Auckland, lebih menguntungkan/murah tukar point Asia Miles atau Krisflyer, dan dgn airlines/flight apa dan rutenya transit kota apa ?

    1. Lis,

      KrisFlyer karena selain hemaat waktu (Anda tidak perlu ‘transit’ hongkong yang notabene 5 jam dari sini), miles yang dibutuhkan juga seringkali lebih sedikit. jadi saran saya lebih cocok krisflyer – Singapore Airlines yang transit dari Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea