Jepang Kembali Menerima Turis Individual Pada 11 Oktober 2022 & Taiwan Pada 13 Oktober 2022

Jepang akan kembali menerima turis individual pada 11 Oktober 2022 mendatang sekaligus menerapkan kembali kebijakan bebas visa (visa waiver) bagi turis yang bisa mendapatkan waiver tersebut. Secara praktis, hal ini berarti bagi Anda yang memegang e-paspor Indonesia, Anda akan bisa kembali mengunjungi Jepang tanpa visa pada 11 Oktober 2022 mendatang.

“We are a nation that has flourished through the free flow of people, goods and capital. COVID-19, of course, interrupted all of these benefits, but from October 11, Japan will relax border control measures to be on par with the U.S., as well as resume visa-free travel and individual travel.”

– Fumio Kishida, Perdana Menteri Jepang dalam pidatonya di New York Stock Exchange (NYSE) pada 22 September 2022
Jepang akan kembali menerima turis individual pada 11 Oktober 2022 mendatang

Di satu sisi, Taiwan juga akan kembali menerima turis efektif pada 13 Oktober 2022 mendatang.

Namun, berbeda dengan Jepang yang benar-benar mensyaratkan pembebasan syarat masuk apapun bagi orang Indonesia dikarenakan Indonesia masuk dalam kategori ‘Blue Country’ (Tidak perlu sertifikat vaksin ataupun tes PCR), Taiwan sekilas masih mewajibkan on-arrival rapid antigen test ketika Anda masuk negara tersebut.

Berikut sedikit informasi dari Taiwan News yang mengutip pernyataan dari kepala Central Epidemic Command Center (CECC) Victor Wang:

The CECC head said that once it has been established that the epidemic has reached its climax and a downward trend is observed, the country can open its borders significantly through the “0 + 7” plan. Under this formula, inbound passengers no longer need to undergo quarantine and instead will need to carry out seven days of self-health monitoring.

Sekilas, kebijakan masuk Taiwan dengan skema 0 + 7 ini akan nampak sebagai berikut:

  • Kebijakan bebas visa masuk Taiwan akan kembali dilanjutkan
  • Wajib Rapid Antigen Test ketika Anda memasuki Taiwan,
  • Jika hasilnya negatif, maka Anda tidak perlu karantina dan bisa menggunakan moda transportasi apapun ke akomodasi Anda
  • Penghilangan larangan group tour
Taiwan akan kembali menerima turis tanpa karantina pada 13 Oktober 2022

Penutup

Dua negara favorit saya kembali buka untuk turis pada pertengahan Oktober 2022 nanti dan hal tersebut sungguh membuat saya bahagia.

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate, ini adalah saatnya bagi Anda untuk mulai planning liburan Anda ke Jepang menggunakan spending reward dari kartu tersebut.

Alternatifnya, saya merekomendasikan Anda menggunakan Alaska Mileage Plan Anda untuk ditukarkan tiket JAL ke Jepang di kelas bisnis (25.000 miles) atau EVA Air Miles Anda untuk juga pergi ke Jepang dengan stopover di Taiwan (50.000 miles PP di kelas bisnis EVA Air).

Saya sudah tidak sabar untuk kembali berkunjung ke Jepang. Kredit Foto: Living Nomads

Secara pribadi, saya akan merekomendasikan Anda untuk wait and see terlebih dahulu sampai aturan teknis untuk masuk ke Jepang benar-benar diterbitkan secara resmi. Untuk Taiwan, saya juga akan menyarankan Anda untuk wait and see terlebih dahulu sebelum memesan tiket ke negara tersebut di hari pertama mereka buka kembali untuk turis. Jangan meniru saya yang YOLO memesan tiket di hari H mereka buka 😉 karena berisiko tinggi.

Jika tidak ada halangan, seharusnya aturan resmi untuk bisa masuk ke kedua negara tersebut akan diterbitkan minggu ini atau selambat-lambatnya akhir bulan ini.

Apa pendapat Anda mengenai dibukanya kembali Jepang dan Taiwan untuk turisme ini?

Share
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea