Cara Mengetahui Nilai Poin Anda

Bagaimana cara untuk mengetahui nilai poin dan miles anda? Jawaban setiap orang akan berbeda-beda tergantung dengan cara mereka memaksimalkan poin yang mereka miliki.

Penting untuk mengetahui apakah anda telah menggunakan poin atau miles anda secara maksimal atau tidak. Di artikel ini, saya akan membagikan cara untuk menghitung dan memaksimalkan penggunaan poin anda.

Metode yang saya gunakan untuk menghitung valuasi poin dan miles

Berikut rumus yang saya gunakan:

(Harga Asli Tiket – Biaya/Pajak Menggunakan Miles Untuk Tiket)

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷Dibagi÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

(Jumlah Miles Diperlukan Untuk Tiket Tersebut + Miles Yang Berpotensi Untuk Anda Dapatkan Dari Membeli Tiket Dengan Uang)

Contoh:

Tiket economy class Singapore Airlines dari Jakarta – Singapore seharga Rp 1.800.000 sekali jalan. Anda bisa menggunakan 7.500 KrisFlyer miles (+S$15 untuk pajak dan biaya) untuk tiket tersebut.

Jika anda memilih membayar dengan uang, maka KrisFlyer miles yang berpotensi untuk anda dapatkan adalah 390 KrisFlyer miles. Maka contoh hasil perhitungan valuasi dari penggunaan miles anda adalah:

(Rp 1.800.000 – S$15 atau Rp 150.000) ÷ (7.500 KrisFlyer Miles + 390 KrisFlyer Miles)

= Rp 209 / 1 mile

Jika anda bisa mendapatkan valuasi yang lebih tinggi (biasanya dengan menukarkan tiket business/first class), maka anda akan semakin memaksimalkan penggunaan poin anda.

Contoh:

Screen Shot 2018-04-15 at 10.53.25 AM

  1. Untuk penerbangan kelas bisnis dari Jakarta (CGK) menuju Singapura (SIN) dengan menggunakan maskapai Singapore Airlines, anda harus membayar Rp 13.850.000
  2. Jika anda memilih untuk menggunakan KrisFlyer miles anda, miles yang anda butuhkan untuk penerbangan ini adalah 17.500 KrisFlyer miles

Screen Shot 2018-04-15 at 10.52.05 AM.png

Berarti, nilai per 1 KrisFlyer miles yang anda dapatkan adalah sebagai berikut

(Rp 13.850.000 – Rp 150.000) ÷ (17.500 KF Miles +585 KF Miles)

= Rp 757 per 1 KF Mile

Nilai tersebut jauh diatas valuasi poin dan miles versi PinterPoin untuk KrisFlyer, yakni Rp 210 per 1 KrisFlyer miles. Artinya, dengan mendapatkan Rp 757 per 1 miles dibandingkan dengan Rp 210 per 1 miles, anda telah berhasil meningkatkan valuasi miles anda.

Mungkin anda akan bertanya dari mana angka Rp 210 per 1 KrisFlyer miles itu saya dapatkan. Itu adalah harga maksimal yang akan saya bayar seandainya saya bisa membeli KrisFlyer miles.

Penting bagi anda untuk mengkalkulasikan nilai poin dan miles anda sebelum menggunakannya. Anda bisa lihat valuasi poin dan miles tiap program versi PinterPoin di tautan berikut:

Valuasi Poin & Miles Terkini

Sudahkah anda mengetahui nilai dari poin dan miles yang anda miliki?

Share
5 comments
  1. Dear pinterpoin,

    Untuk miles yang berpotensi didapatkan,
    apakah seharusnya ada 3 komponen ya:
    – actual miles yang didapat ketika terbang
    – miles yang didapat dari kartu kredit atas pembelian tiket tsb
    – spending reward dari program (seperti cimb visa infinite)

    1. Halo Hermawan,

      Spending reward dari program (seperti CIMB Niaga Visa Infinite) biasanya mensyaratkan hangusnya poin yang Anda kumpulkan sehingga komponen ‘Spending reward dari program’ seharusnya digabungkan dengan komponen ‘miles yang didapat dari kartu kredit atas pembelian tiket tsb’ karena ujung-ujungnya poin kartu kredit tersebut akan dihanguskan untuk spending reward tsb.

  2. halo pinter poin.

    bgmn langkah langkah untuk menukarkan poin miles krisflyer yang kita miliki untuk dijadikan jadi tiket pesawat baik economy atau business?

    tidak terasa saya sudah memiliki sekitar 200 rb miles dan akan menuju ke 400 rb miles di tahun depan . kira kira alternatif untuk pemilihan reward yang baik apa ya? terima kasih

    1. Raemon,

      KrisFlyer terbaik digunakan untuk penerbangan Singapore Airlines sendiri. Sayangnya akibat transit ban ini KrisFlyer menjadi kurang berguna untuk sementara waktu. Tentunya juga terdapat sweet spot lain yang sama menarik yang kami share di MasterClass PinterPoin yang praktis untuk orang Indonesia.

  3. Hi Vincent / Edwin,
    Saya ada rencana terbang dari Sydney ke Melbourne round trip, dan rupanya Krisflyer miles bisa untuk redeem penerbangan tersebut dengan Virgin Air. Jika membeli tiket secara cash, harga nya round trip A$228 x Rp. 10,400 = Rp. 2,371,200. Bila kita redeem krisflyer, miles yang dibutuhkan yaitu 22,000 miles + A$46.77. Bila kita konversi ke Rupiah, maka value miles kita adalah 22,000 miles x Rp. 200 + (A$ 46.77 x Rp.10,400) = 4,886,408 (mohon koreksi bila salah). Dalam hal ini, apakah tidak worth it bila kita redeem Krisflyer? Dan apakah benar cara menbandingkan antara redeem miles vs beli cash dengan metode ini? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BoardingArea