Invalid request error occurred.

10 Kartu Kredit Terbaik di Indonesia untuk Mengumpulkan GarudaMiles

GarudaMiles, frequent flyer program dari Garuda Indonesia adalah salah satu program favorit orang Indonesia. Bagaimana tidak, banyak sekali pihak ketiga terutama bank penerbit kartu kredit memiliki opsi penukaran poin kartu kredit menjadi GarudaMiles.

Selain itu, Garuda Indonesia juga sering mengadakan bonus penukaran poin kartu kredit menjadi GarudaMiles ataupun promo diskon penukaran GarudaMiles untuk penerbangan sehingga mempermudah Anda untuk mengumpulkan dan menukarkan GarudaMiles secara efektif.

Garuda Indonesia juga banyak melayani rute domestik maupun internasional sehingga apabila Anda sering berpergian ke luar kota ataupun luar negeri, maka keanggotaan GarudaMiles adalah sesuatu yang wajib Anda miliki.

Oleh karena itu, melalui post kali ini, saya akan membahas beberapa kartu kredit yang layak Anda pertimbangkan untuk miliki apabila Anda memang serius ingin mengumpulkan GarudaMiles.

Berikut adalah beberapa rekomendasi saya:


1. OCBC NISP Voyage

teks, cuplikan layar, Font, nomor, Merek

Dengan program Voyage Complimentary di tahun 2023, kartu kredit OCBC NISP Voyage efektif menjadi kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan GarudaMiles.

Kartu kredit ini memiliki earning rate yang bervariasi bergantung pada nominal spending Anda namun secara praktis:

  • Earning rate efektif Rp5.454/GarudaMiles ketika Anda bertransaksi tepat Rp60.000.000 dalam satu billing statement.
  • Earning rate efektif Rp5.000/GarudaMiles ketika Anda bertransaksi tepat Rp250.000.000 dalam satu billing statement.
  • Earning rate efektif Rp4.000/GarudaMiles ketika Anda bertransaksi tepat Rp500.000.000 dalam satu billing statement.

Hanya saja, kartu kredit ini tidak dilengkapi dengan welcome bonus dan dengan limit minimum Rp100.000.000, kartu ini bukan merupakan kartu kredit yang mudah didapat karena termasuk kartu kredit spesial.

Baca juga: Review Kartu Kredit OCBC NISP Voyage


2. Danamon World Elite Mastercard
teks, cuplikan layar, Font, nomor

Danamon World Elite Mastercard (WEM) adalah kartu kredit top-tier dari Bank Danamon yang juga merupakan kartu kredit terbaik kedua di Indonesia untuk mengumpulkan GarudaMiles.

Kartu ini memiliki tingkat perolehan Rp4.687/GarudaMiles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp3.125/GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Sayangnya, kartu ini memiliki iuran tahunan sebesar Rp6.000.000 yang tidak bisa dihapuskan kecuali apabila Anda melakukan penempatan dana sebesar Rp5.000.000.000 (lima miliar Rupiah) di Bank Danamon,

Perlu Anda ketahui juga bahwa efektif pada 1 September 2023, terdapat pembatasan (capping) perolehan D-Point di kartu kredit Danamon World Elite Mastercard (WEM) sehingga Anda hanya bisa mengakumulasikan maksimal setara 91.428 GarudaMiles di kartu ini setiap bulannya.


Baca juga: Review Kartu Kredit Danamon World Elite MasterCard


3. Mandiri World Elite Mastercard
teks, cuplikan layar, lingkaran, Font, logo, deasin

Kartu kredit Mandiri World Elite Mastercard adalah kartu kredit spesial dari Bank Mandiri yang mensyaratkan Asset Under Management (AUM) setidaknya Rp20.000.000.000 (baca: Dua Puluh Miliar Rupiah) untuk bisa mengajukan kartu kredit ini.

Kartu ini memiliki earning rate Rp5.000/GarudaMiles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp2.500/GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Jika Anda bukan merupakan nasabah private banking dari Bank Mandiri, maka Anda bisa melupakan memiliki kartu kredit ini karena tidak ada cara lain untuk mengajukannya.


4. Mandiri Prioritas World Mastercard
teks, Font, cuplikan layar, logo, lingkaran, memori flash

Kartu kredit Mandiri Prioritas World Mastercard adalah kartu kredit spesial dari Bank Mandiri yang mensyaratkan Asset Under Management (AUM) setidaknya Rp1.000.000.000 untuk bisa mengajukan kartu kredit ini.

Kartu ini sendiri memiliki earning rate Rp6.667/GarudaMiles untuk transaksi apapun dalam Rupiah dan Rp3.333/GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing.

Secara praktis, kartu kredit ini adalah versi inferior dari kartu kredit Mandiri World Elite Mastercard namun dengan syarat pengajuan yang lebih mudah juga yaitu cukup menjadi nasabah Prioritas dari Bank Mandiri.


Baca juga: Review Kartu Kredit Mandiri Prioritas World MasterCard


5. Citi Prestige

teks, cuplikan layar, lingkaran, logo, Font, elektronik, deasin

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/GarudaMiles (atau Rp6.520/GarudaMiles jika Anda adalah nasabah Citigold) dan welcome bonus setara 30.000 airline miles, kartu kredit Citi Prestige juga merupakan salah satu kartu kredit rekomendasi PinterPoin untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat.

Sayangnya, kartu kredit ini cukup sulit didapatkan dengan limit minimum Rp100.000.000 dan memiliki iuran tahunan sebesar Rp3.500.000 yang tidak bisa dihapuskan namun masih sebanding dengan fitur luxury airport transfer yang Anda peroleh.

Kartu ini akan ditransisikan menjadi UOB Infinite efektif pada 18 November 2023 mendatang.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Prestige


6. Maybank BMW/MINI

Maybank BMW/MINI adalah kartu kredit top-tier terbaru dari Maybank Indonesia yang ditujukan untuk mengumpulkan airline miles dengan cepat melalui kombinasi welcome bonus terbesar di Indonesia yaitu setara 60.000 GarudaMiles dan earning rate yang menarik untuk transaksi pada kategori tertentu.

Saya akan merekomendasikan kartu kredit ini apabila Anda sering bertransaksi di kategori airline, hotel, transportasi, dan transaksi dalam mata uang asing di mana earning rate-nya adalah Rp5.000/GarudaMiles. Di luar kategori tersebut, earning rate-nya adalah Rp10.000/GarudaMiles yang tergolong standar.


Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank BMW/MINI


7. Maybank Visa Infinite

Maybank Visa Infinite

Setelah perubahan perolehan poin Maybank pada 1 November 2021 lalu, Maybank Visa Infinite juga menjadi salah satu kartu kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat.

Dengan tingkat perolehan Rp7.500/GarudaMiles dan welcome bonus yang cukup menarik yaitu 10.000 TREATS Points (setara 10.000 GarudaMiles), kartu ini cocok bagi Anda yang sering bertransaksi di kategori apapun.

Kartu kredit Maybank Visa Infinite (termasuk versi cobrand BMW/MINI) sendiri relatif cukup mudah diperoleh dengan syarat limit minimum hanya Rp49.000.000 saja.


Baca juga: Review Kartu Kredit Maybank Visa Infinite


8. BCA American Express Platinum
teks, mata uang, uang, Kolektibilitas, muka, dolar

Kartu kredit BCA American Express Platinum adalah satu-satunya kartu dari BCA yang bekerja sama dengan American Express.

Dengan earning rate sebesar Rp7.500/GarudaMiles, kartu ini memiliki kelebihan utama berupa poin yang berlaku selamanya dan iuran tahunan yang bisa dihapuskan.

Sayangnya, kartu ini jarang ditawarkan dengan welcome bonus yang menarik dan belakangan promo point multiplier yang gencar ditawarkan oleh kartu ini juga justru menjadi semakin kurang menarik.

Saya hanya akan merekomendasikan kartu ini jika Anda benar-benar merupakan seseorang yang oportunis dan merupakan nasabah Prioritas/Solitaire BCA agar bisa memperoleh gratis iuran tahunan dengan syarat.


Baca juga: Review Kartu BCA American Express Platinum


9. BRI Paper.id UNIVERSECARD

teks, cuplikan layar, multimedia, Sistem operasi

BRI Paper.id UNIVERSECARD adalah kartu kredit yang relatif baru (dirilis pertengahan Juli 2023) namun memiliki tingkat perolehan GarudaMiles yang cukup baik yaitu Rp8.333/GarudaMiles.

Kelebihan kartu ini terletak pada welcome bonus yang ditawarkan (bervariasi, bisa up to cashback sebesar Rp3.000.000), promo spesial yang ditawarkan khusus untuk kartu ini (contoh: diskon 0,3% untuk MDR paper.id), term pembayaran yang lebih lama, dan iuran tahunan yang bisa digratiskan.


10. UOB PRIVI Miles

teks, cuplikan layar, Font, jam, nomor

Efektif 18 November 2023, kartu kredit UOB PRIVI Miles akan memiliki earning rate sebesar Rp8.750/GarudaMiles untuk transaksi dalam Rupiah dan Rp5.000/GarudaMiles untuk transaksi dalam mata uang asing yang mana menjadikan kartu ini sebagai salah satu kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles.

Kelebihan utama kartu kredit ini terletak pada kemudahan memperoleh (limit minimal hanya Rp25.000.000) dan iuran tahunan yang bisa digratiskan.


Baca juga: Review Kartu Kredit UOB PRIVI Miles


Spesial: Citi Garuda Indonesia & BNI Garuda Indonesia Visa Signature

Kartu kredit Citi Garuda Indonesia dan BNI Garuda Indonesia Visa Signature walaupun tidak termasuk pada 10 kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan GarudaMiles layak untuk memperoleh posisi honorable mention dikarenakan fasilitas diskon 10% penukaran GarudaMiles permanen.

Secara praktis, hal ini berarti kedua kartu kredit ini mampu meningkatkan efektifitas penggunaan GarudaMiles Anda sebesar 10%.

Di antara kedua kartu kredit tersebut, berikut pertimbangan masing-masing kartu:

  • Citi Garuda Indonesia lebih cocok digunakan bagi Anda yang sering bertransaksi membeli tiket Garuda Indonesia (Rp6.667/GarudaMiles). Selain itu, fitur gratis tambahan bagasi sebanyak 20kg juga bisa sangat berguna bagi Anda yang sering traveling di maskapai Garuda Indonesia. Kartu ini akan ditransisikan menjadi UOB Garuda Indonesia efektif pada 18 November 2023.


Baca juga: Review Kartu Kredit Citi Garuda Indonesia

Baca juga: Review Kartu Kredit BNI Garuda Indonesia Visa Signature


Penutup

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara termudah untuk mengumpulkan GarudaMiles dengan cepat.

Saya menghimbau Anda memiliki kartu kredit yang memiliki orientasi jangka panjang (memiliki earning rate yang bagus) dan orientasi jangka pendek (memiliki welcome bonus besar) dalam mengumpulkan GarudaMiles.

Garuda Indonesia First Class
Tukarkan GarudaMiles Anda untuk terbang di Garuda Indonesia First Class

Per 25 Oktober 2023 ini, saya akan bilang bahwa kartu kredit terbaik di Indonesia untuk mengumpulkan GarudaMiles adalah OCBC NISP Voyage yang mana bisa membantu Anda memperoleh hingga 125.000 GarudaMiles setiap bulannya.

Saya juga akan merekomendasikan kartu kredit dengan welcome bonus yang besar untuk bisa jumpstart akun GarudaMiles Anda. Dalam kasus ini, saya merekomendasikan Maybank BMW/MINI (60.000 miles) dan BNI Garuda Indonesia (bervariasi, bisa up to 25.000 miles)

Garuda Indonesia sendiri sangat sering mengadakan promo bonus penukaran poin kartu kredit menjadi GarudaMiles dan juga diskon penukaran GarudaMiles yang harus bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya.

Dengan perencanaan yang baik, maka saya yakin Anda akan bisa terbang di kabin kelas bisnis atau bahkan kabin First Class Garuda Indonesia setiap saat.

Apakah Anda tertarik untuk mengumpulkan GarudaMiles melalui kartu kredit?
Share

52 comments
  1. Menambahkan satu kartu kredit lagi yaitu kartu kredit Mega Travel Card. Setiap pembelanjaan 7.500 akan mendapatkan 1 mega mileage point senilai Rp130 apabila ditukarkan di grup antavaya. Namun bisa juga dikonversikan ke garudamiles dengan rasio 1:1. Welcome bonus sebesar 5.000 mega mileage point (berlaku untuk nasabah baru bank mega). Selain itu, apabila dalam satu tahun pemakaian mencapai 120juta, akan diberikan loyalty bonus sebesar 10.000 mega mileage point.

    1. @suria wow, sekarang mega travel bisa tukar ke GM ya?, dulu waktu awal2 masih belum bisa, opsi nya cuma bisa tukar GM aja gan?.

      Lumayan menarik juga nih.

      1. @iwan Bisa, kemarin saya berhasil tukar mega mileage poin ke GM. Kata call center nya memang bisa ditukar seterusnya. Info penukaran ini yang ga mucul di websitenya bank mega maupun ringkasan produk mega travel card. Opsi penukaran miles cuma GM aja. Namun bisa ditukarkan di grup antavaya senilai Rp130/poin.
        Memang lumayan menarik apalagi ada bonus loyalty sebanyak 10.000 mega mileage point (setara 10.000 GM)

        1. @suria : untuk annual fee nya saya baca syarat ketentuan di tahun kedua tidak bisa dihapuskan ya pak ? atau bisa dengan spent2 tertentu ?

    2. Wow, saya juga baru tahu info ini. Berarti kalau belanja di luar negeri itu akan setara 3,750 per mile karena Mega Travel Card itu akan double point untuk pembelanjaan luar negeri.

    3. Mau tanya jika saya apply dan berhasil di approve untuk CC seperti Citi Premier Miles, HSBC Visa Signature, dsbnya dan melakukan syarat pembelanjaan, apakah miles yg didapat bisa diakumulasikan ke 1 akun Garuda miles? Jadi bisa dapat bonus 25k + 30k total 55k dari 2 CC tersebut?

      Bagaimana jika saya suka ganti2an pakai CC? apakah miles dari setiap transaksi CC yang berbeda bank itu akan terkumpul ke 1 akun Garuda Miles?

      Thanks atas infonya.

    1. Halo Ali,

      Pengalaman saya pribadi JCB Card mudah digunakan di Indonesia karena sekarang sudah banyak sekali merchant yang bekerjasama dengan JCB di Indonesia sebagai moda pembayaran.

      1. Pak Edwin. Ga kawatir pak ngumpulin Garuda miles banyak2? Saya kok kawatir ya. Habis lihat laporan keuangan garuda.. lagi pula rutenya yg international tidak banyak. Dan rute internationalpun lebih worth it scr poin miles dan fasilitas mending pakai asia miles atau kris.
        Atau at least saya sarankan cari yg bisa convert ke beberapa miles. Tidak hanya garuda miles.
        Makanya saya masi sedih jcb ultimate devaluasi besar2an. Padahal kalau sebelum devaluasi dgn spend jcb 33,33 juta. Kita sudah bisa dapat miles one way ke hongkong

  2. Mau tanya tentang Garuda Miles, Apabila kita sudah menjadi member Garuda Miles. setelah kita apply kartu kredit, apakah kita mendapatkan keanggotan garuda miles yang baru atau bisa di update dengan keanggotan miles sebelumnya?

    Terima kasih.

    1. Engga. Tinggal masukan no GM di formulit BNI Garuda Visa signature/platinum. Kalao kartu larn yg bisa tuker poin Gm,tinggal sebutin no GM yg ada pas tuker

  3. apakah benar untuk niga jcb ultimate pointnya semudah itu? berlaku jga untuk pembelian dalam negeri perolehan pointnya sesuai info tersebut? dan syarat applynya apakah mudah spt kk umumnya tau harus ada syarat kusus?

    1. Halo Andy,

      Betul sekali, kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate mendapatkan pointnya semudah dan se-efisien itu. Berlaku juga untuk pembelian dalam negeri perolehan poinya. Syarat apply cukup sulit karena kartu kredit ini tergolong kartu top-tier. Minimal limit 75 juta.

  4. Di sini dan di beberapa web lain ditampilkan seolah-olah konversi Fiesta Poin Bank Mandiri ke Garuda Miles adalah 1:1. Ini tidak valid. Sejak pertama kali saya menggunakan Fiesta Poin (ca 2016) hingga sekarang, rasio konversi tidak pernah berubah dari: 3:1. Perlu 3 Fiesta Poin untuk memperoleh 1 Garuda Miles.

    1. Halo Koen,

      Apakah kartu kredit Anda adalah Mandiri Visa Signature? Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website mandiri, konversi fiesta poin bank mandiri untuk visa signature adalah 1:1. Mungkin Anda perlu mention kartu Anda ketika menukarkan FiestaPoin untuk GarudaMiles :). Lengkapnya bisa Anda baca di sini.

    2. Koen,

      Sedikit tambahan – saya menanyakan beberapa orang pemegang kartu kredit Mandiri Visa Signature dan semua bilang konversi poin x-tra ke GarudaMiles adalah 1:1. Mungkin Ada sedikit kesalahan penukaran di pihak Anda, saya sarankan menukar menggunakan layanan phone service Mandiri.

    1. Di share Bro. Apa pernah terjadi kepada kamu/kel/teman?

      Biar mengedukasi yg membaca Karena saya jg Tertarik untuk tau

  5. Penukaran melalui website fiestapoin memang 3:1 untuk Garuda Miles dengan minimal penukaran 1000 fp untuk semua jenis kartu , namun penukaran melalui call center untuk Mandiri Visa Signature adalah 1:1 dengan minimal penukaran 10000 fp.

      1. Ya, paham terkait konversi baru. Saya ini mereffer ke pertanyaan koen diatas yang bilang penukaran fp 3:1. Entah kenapa jd komen baru

        1. Halo mau tanya, utk Mega Travel Card / Visa Infinite nya saya pernah tanya di Mega Call Center. Utk setiap transaksi Rp 10.000, dapat 130 Mega Rewards. Lalu butuh 17.500 Mega Rewards untuk dapat 100 Garuda Miles. Berarti per 1 Garuda Miles transaksinya Rp 13.461 (Tiga Belas Ribuan).

          Sedangkan di sini disebutkan hanya Rp 4.808 / GM.

          Yang benar yg mana ya pak? Atau ada transaksi minimal supaya dapat Rp 4.808 / GM?

          Thanks

  6. Saya sampai saat ini masih tidak bisa mendaftar sebagai anggota GFF.. apapakah memang sedang bermasalah? Mungkin ada yg tahu?

    1. Bro,

      Saya yang sudah lama menjadi anggota GFF aja sampai hari ini tidak bisa mengecek balance miles secara online…. kita tau lah gimana kualitas sistemnya GA.

  7. Hi Edwin,

    Mind elaborating kenapa GarudaMiles jadi salah satu FFP favorit? Fokus saya kumpulin miles adalah untuk cobain aspirational products.

    Selain GA F, apakah ada sweet spot redemption di maskapai lain? Karena setelah coba Super Diamond saya udah nggak tertarik lagi untuk kumpulin GarudaMiles berhubung ratenya yang mahal. Dua kali redeem GarudaMiles itu juga karena 1x diskon 70% (gagal coba Super Diamond) dan upgrade DPS-CGK (akhirnya berhasil coba Super Diamond).

    Pengen coba beberapa products-nya SkyTeam (SU A350, KL 787, etc), tapi mahal redeem via GarudaMiles.

    1. Refky,

      Menurut saya pribadi GarudaMiles mudah dikumpulkan dari kartu kredit, banyak bonus pengumpulannya (seperti promo bonus 30% sekarang), dan banyak diskon penukarannya (seperti pada saat Big Bang Jakarta) sehingga penukaran GarudaMiles untuk penerbangan Garuda Indonesia jujur bisa sangat sangat murah jika Anda tahu caranya.

      Dan untuk sweet spot redemption maskapai lain, setahu saya tidak ada. Satu-satunya sweet spot penukaran GarudaMiles adalah untuk first class-nya yang mana saat diskon ‘hanya’ 54.000 GarudaMiles. Cukup murah dan pengalaman penerbangan saya 2x di first class Garuda Indonesia sangat mind blowing.

  8. Nice thread 🙂
    Sangat bermanfaat untuk update miles GA.

    Sayang sy melewatkan batas waktu penukaran fiestapoin mandiri signature pdahal bisa di konversi 16 rb miles.

  9. Hallo Edwin,

    Saya coba hub CS danamon untuk daftar danamon Amex kok katanya khusus nasabah prioritas y? Setahu saya artikel Anda menyatakan ini terbuka buat semua. Apa ada CS khusus/datang ke cabang? Saya sudah HUCA 2x tetap sama soalnya.

    Makasih.

    1. Dwi,

      Danamon Amex kebetulan sepengetahuan saya memang bisa untuk nasabah biasa (non-prio) namun tetap harus mendapat sejenis rekomendasi dari kepala cabang (kacab) Danamon Anda.
      Saya sarankan menghubungi RM Anda di Danamon untuk informasi lebih lanjut.

  10. Mas Edwin, aku mau minta sarannya nih. Miles ku di Digibank Visa Travel Signature masih ada sekitar 400.000 miles, dan miles di Garuda udah hampir 800.000. Dengan program tambahan miles 30% pada desember ini apa sebaiknya miles saya yang di Digibank ditukar saja? Galau nih… karena dpt bonus hingga 100ribu miles juga jarang, walau pada Oktober lalu aku dapet juga bonusnya. Plis sarannya..

    1. Erfan,

      Tidak bijak untuk mengalokasikan semua miles Anda pada satu frequent flyer program layaknya sebuah perkataan ‘don’t put all your eggs in one basket
      Saya saran Anda lebih baik menukarkannya untuk Krisflyer dan Asia Miles juga saja. Saya sendiri jika jadi Anda akan menukarkan sebagian besar miles DBS tersebut ke Asia Miles karena Asia Miles memiliki opsi penukaran hotel yang menurut saya sangat baik.

    1. Fel,

      Tetap dapat namun yang diperhitungkan adalah bagian tiket tunai saja, semisal Anda beli kelas ekonomi pakai cash dan upgrade menggunakan miles – maka yang diperoleh hanyalah miles untuk penerbangan di kelas ekonomi saja bukan perhitungan di kelas bisnis.

      1. ga juga, dibanding SQ, sudah di simulasikan penerbangan di tanggal yang sama.
        70rb miles pp ke ICN dgn surcharge 2.4jt sedangkan SQ 54rb miles pp ke ICN dgn surcharge 801rb. beda 3x lipat. sedangkan asia miles di tanggal yg sama surcharge hanya 1jt dan 54rb miles juga dgn MH. saya rasa Garuda sangat shady dengan melakukan promo tapi ternyata nilai tukarnya lebih mahal dan ga worth it. btw, bro edwin, bagaimana bisa gabung ke grup telegramnya? grup telegram yg pinterpoin sudah tidak aktif dan broadcast only.

        1. Claz,

          Iya sih, apa yang Anda sampaikan ada betulnya. Oleh karena itu di MasterClass PinterPoin kita hanya merekomendasikan untuk tukar GarudaMiles ketika ada diskon penukaran GarudaMiles saja. Enaknya sih, tidak ada waitlist dan cari 5 seat itu cukup mudah.

          Untuk grup telegram PinterPoin Forum sih khusus untuk peserta MasterClass saja. Yang channel satunya memang sudah tidak aktif.

  11. mau bantu revisi. itu untuk mandiri, penukaran ya 3 fiesta poin = 1 miles. jadi hitungannya 6,666 x 3 baru dapat 1 garuda miles. lebih worth it bni signature garuda 24ribu dapat 2 miles

    1. Mansur,

      Berikut kutipan dari website Bank Mandiri halaman Mandiri Prioritas Mastercard World:

      “3x Livin’Poin setiap transaksi domestik ekuivalen Rp20.000 berlaku kelipatan.”

      “Penukaran 10.000 Livin’poin menjadi 10.000 mileage dengan berbagai pilihan maskapai penerbangan.”

      Dari sini, bisa disimpulkan bahwa setiap bertransaksi 20.000/3 alias 6.667 Anda akan mendapatkan 1 Airline Miles. Jadi, perhitungan Anda salah karena tiap kartu Bank Mandiri punya rasio konversi sendiri-sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.