Sebuah video menunjukkan pilot AirAsia India yang keluar dari pesawat melewati jendela kokpit. Alasannya? Muncul rumor saat penerbangan bahwa terdapat penumpang di baris pertama terinfeksi Coronavirus. Alhasil, pilot memutuskan untuk tidak keluar melewati kabin bersamaan dengan penumpang dan kru pesawat lain.


Baca juga: RESMI: Olimpiade & Paralimpiade Tokyo 2020 Ditunda Hingga 2021


Video tersebut menunjukkan bagaimana kedua pilot berusaha keluar dari pesawat sambil membantu membawakan koper masing-masing.

Rumor dugaan tersebut dikabarkan mulai beredar setelah penumpang di baris pertama bersin. Di tengah kondisi Coronavirus (COVID-19) yang semakin meluas, tentunya segala macam gejala sakit akan secara mudah memercik spekulasi.

Seluruh penumpang dan kru kemudian menjalani proses pemeriksaan di bandara. Untungnya, setelah melalui pemeriksaan ketat, tidak ada penumpang atau kru pesawat yang terinfeksi Coronavirus.

Meski terlihat berlebihan, namun saya tidak bisa menyalahkan pilot AirAsia tersebut. Situasi saat ini tentunya sudah semakin mengkhawatirkan.

Bahkan, bersin yang merupakan hal normal kini menjadi sebuah momok menakutkan. Wajar saja melihat mudahnya penyebaran Coronavirus yang kini telah mencatatkan lebih dari 19.760 kematian di seluruh dunia.

Tentunya kita semua harus lebih berhati-hati dan usahakan sebisa mungkin untuk menghindari pergi ke tempat ramai. Satu-satunya cara untuk mengatasi pandemic global ini adalah dengan membatasi penyebarannya.

Apa pendapat Anda tentang insiden pilot AirAsia ini?

H/T: View From the Wing