Menimbun masker maupun disinfektan untuk saat ini merupakan ide yang sangat buruk karena Anda mempersulit hidup banyak orang, terutama tenaga medis. Tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan.pada dunia poin & miles yang mana strategi terbaik saat ini adalah timbun poin & miles sebanyak-banyaknya di kartu kredit.

Saya ulangi: Timbun poin Anda di kartu kredit dan bukan di Frequent Flyer Program (FFP).

Jika Anda masih belum mengerti bedanya, poin di kartu kredit contohnya adalah.poin X-Tra (CIMB), BCA Rewards (BCA), Fiestapoin (Mandiri), Citi Rewards (Citibank), dan sebagainya.

Sedangkan poin di Frequent Flyer Program contohnya adalah.KrisFlyer Miles (Singapore Airlines), GarudaMiles (Garuda Indonesia), Asia Miles (Cathay Pacific), Etihad Guest (Etihad), dan sebagainya.

Poin X-Tra dari CIMB adalah contoh poin di kartu kredit

Alasan mengapa saat ini lebih bijaksana menimbun poin di kartu kredit alih-alih menukarkannya ke FFP adalah sebagai berikut:

 

1. Lebih Aman

Untuk saat ini, hampir seluruh maskapai di dunia sedang menghadapi tantangan terberat sepanjang masa. Tidak akan mengejutkan apabila akan ada beberapa maskapai yang bangkrut akibat epidemi virus corona ini (seperti Flybe).

Jika sampai suatu maskapai bangkrut, maka Anda bisa menganggap poin yang Anda kumpulkan di maskapai tersebut hangus alias poin Anda akan menjadi worthless.

Sebaliknya, untuk saat ini saya tidak melihat bank-bank di Indonesia menuju tahap ataupun mensinyalkan kebangkrutan sehingga akan jauh lebih aman bagi Anda untuk menaruh poin Anda di kartu kredit. 

Flybe adalah ‘korban pertama’ epidemi virus corona. Kredit: Euronews.com

 

2. Lebih Fleksibel

Untuk saat ini, menimbun poin di kartu kredit akan lebih bijaksana karena Anda akan mendapat fleksibilitas yang bisa sangat berguna bagi rencana berwisata Anda selanjutnya.

Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin berwisata ke Jepang seusai epidemi virus corona namun ternyata Singapura masih memberlakukan kebijakan menutup akses bagi calon traveler sedangkan Hong Kong sudah tidak memberlakukan kebijakan yang sama, maka Anda hanya perlu menukar poin kartu kredit Anda menjadi Asia Miles.

Namun, jika Anda sudah terlanjur memasukkan poin Anda ke KrisFlyer Miles, maka poin Anda akan nyangkut (stuck) dan bisa jadi rencana berwisata Anda malah tertunda.

Oleh karena itu, konvertibilitas penukaran poin kartu kredit boleh dikata cukup penting terutama menjelang epidemi virus corona berakhir.

Kartu kredit terbitan Citi Indonesia memiliki konvertibilitas yang sangat baik.

.

Apakah Anda setuju dengan strategi timbun poin & miles di kartu kredit ini?