Anda masih ingat post saya yang membahas perubahan kategori properti Marriott Bonvoy di Indonesia? Entah karena alasan apa, properti Marriott di Indonesia yang seharusnya naik kategori tidak mengalami kenaikan namun hotel yang mengalami penurunan kategori tetap mengalami penurunan. 

Berikut contohnya:

JW Marriott & Sheraton Surabaya

Kedua hotel ini seharusnya masuk dalam kategori 3 Marriott per tanggal 4 Maret 2020 lalu. Namun, nyatanya kedua hotel ini tetap masuk dalam kategori 2 Marriott per hari ini.

Four Points by Sheraton Pakuwon Indah

Hotel Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah ini seharusnya masuk dalam kategori 2 Marriott per tanggal 4 Maret 2020 lalu. Namun, nyatanya hotel ini masih masuk dalam kategori 1 Marriott per hari ini.

Yogyakarta Marriott Hotel

Yogyakarta Marriott Hotel seharusnya masuk dalam kategori 3 Marriott per tanggal 4 Maret 2020 lalu. Namun, nyatanya hotel ini masih masuk dalam kategori 2 Marriott per hari ini.

Aloft Jakarta Wahid Hasyim

Aloft Jakarta Wahid Hasyim seharusnya masuk dalam kategori 1 Marriott per tanggal 4 Maret 2020 lalu. Dan memang hotel tersebut pindah dari kategori 2 menjadi kategori 1.

The Westin Jakarta

The Westin Jakarta seharusnya masuk dalam kategori 4 Marriott per tanggal 4 Maret 2020 lalu. Dan memang hotel tersebut pindah dari kategori 5 menjadi kategori 4. FYI, hotel ini ideal untuk menukarkan Free Night Certificate kategori 4 Anda di Indonesia 🙂

Four Points by Sheraton Bali, Unggasan

Four Points by Sheraton Bali, Ungasan seharusnya masuk dalam kategori 2 Marriott per tanggal 4 Maret 2020 lalu. Dan memang hotel tersebut pindah dari kategori 4 menjadi kategori 2.


Baca juga: Panduan Lengkap Marriott Bonvoy

Baca juga: Perubahan Kategori Properti Marriott di Tahun 2020


Penutup

Berdasarkan narasumber terpercaya saya, kelihatannya ‘pembatalan’ kenaikan kategori properti Marriott di Indonesia ini terjadi dikarenakan banyak properti Marriott di Indonesia yang memprotes kebijakan tersebut karena ditakutkan akan mempengaruhi occupancy ratio mereka. Terlebih di tengah epidemi virus corona ini.

Apapun itu, menurut saya pribadi program Marriott Bonvoy di Indonesia akan semakin memiliki banyak sweet spot mengingat properti yang seharusnya naik kategori tidak jadi naik namun properti yang seharusnya turun kategori tetap mengalami penurunan.

Anda bisa menganggap perubahan 2020 ini memiliki banyak upside dan hampir zero downside 😉 Which is a good thing untuk semua member Marriott Bonvoy di Indonesia.

.

Apa pendapat Anda mengenai properti Marriott di Indonesia yang tidak jadi naik kategori ini?