Sebuah kabar buruk bagi saya dan penumpang lain yang akan terbang dengan Etihad di pesawat A380. Terutama bagi yang mengincar terbang di First Class Apartment atau The Residence Etihad yang khusus tersedia di pesawat tersebut.

Hingga 30 Juni 2020, Etihad telah menghilangkan jadwal penerbangan yang dioperasikan dengan pesawat dua tingkat tersebut. Rute-rute yang dilayani oleh Airbus A380 meliputi (dari/ke Abu Dhabi):

  • Sydney
  • New York
  • Seoul
  • London
  • Paris

Rute Etihad yang dioperasikan oleh Airbus A380.

Untuk Round the World trip saya di bulan Juni 2020 nanti (yang kini 95% hampir pasti saya batalkan), saya akan terbang di First Class Apartment Etihad dari Paris – Abu Dhabi – Seoul.

Kini, kedua penerbangan tersebut sudah digantikan oleh Etihad menjadi:

  • First Class 777-300ER untuk Paris – Abu Dhabi
  • Business Class 787-10 untuk Abu Dhabi – Seoul

Penggantian pesawat dari A380 menjadi 787-10 tanpa First Class.

Tentunya saya sangat kecewa dengan perubahan tersebut, namun saya memang akan membatalkan perjalanan ini. Namun, satu hal yang sangat mengkhawatirkan bagi saya adalah fakta bahwa saya memesan penerbangan tersebut dengan American Airlines AAdvantage miles.

Kini penerbangan Etihad tidak lagi bisa dipesan menggunakan AA miles dan berhembus rumor bahwa kedua maskapai tersebut akan memutus kerja sama menyusul adanya perjanjian baru antara American dengan Qatar Airways 🙁 .

Etihad A380 di bandara New York JFK. Foto: PinterPoin.

Penutup

Etihad nampaknya tepat dalam mengikuti langkah sejumlah maskapai di dunia yang mengoperasikan pesawat  A380. Tentu saja pesawat berukuran jumbo tersebut akan mempunyai operational cost yang sangat tinggi. Pada saat yang sama, maskapai harus bisa menjual lebih dari 500+ kursi yang mana terdengar tidak mungkin di situasi seperti ini.

Bahkan sudah banyak maskapai yang akan memensiunkan pesawat A380 untuk kemudian digantikan dengan pesawat yang jauh lebih efisien seperti Boeing 787 dan Airbus A350. Situasi COVID-19 ini semakin memperparah situasi sehingga hampir seluruh maskapai harus menerapkan strategi baru.

Saya sangat berharap agar pandemic COVID-19 ini bisa segera berakhir. Segala rencana yang saya buat hingga beberapa bulan kedepan kini tidak akan mungkin untuk direalisasikan.

Apakah Anda mempunyai jadwal terbang dengan Etihad A380 hingga akhir Juni 2020?

H/T: OMAAT