Sebelum penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Semarang beberapa hari lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Saphire Blue Sky Lounge di terminal 3 domestik Soekarno-Hatta. Lounge ini terletak persis diseberang gate 13, dan kebetulan juga penerbangan Garuda saya akan menggunakan gate 13, convenient!

Saya menggunakan keanggotaan Priority Pass untuk mengakses lounge ini. Keanggotaan tersebut bisa didapatkan dari beberapa kartu kredit seperti HSBC Visa Signature dan Citi Premier Miles.

Situasi terminal 3 domestik Soekarno-Hatta pada pukul 04.00 pagi.

Penerbangan saya berangkat pada pukul 05.35 pagi, sedangkan lounge ini sudah mulai buka pada pukul 04.00.

Setelah melewati area security check, saya segera menuju ke lounge. Anehnya, saat saya tiba di lounge pada pukul 04.15, petugas lounge awalnya tidak mengijinkan saya masuk dan beralasan bahwa lounge baru akan buka pada pukul 05.00.

Karena tahu tentang jam operasional lounge, maka saya kembali melakukan konfirmasi kepada staf tersebut dan barulah saya diizinkan masuk. Mungkin staf lounge tidak biasa menerima pengunjung sebelum pukul 05.00? Well..

Saphire Blue Sky

Area depan Saphire Blue Sky lounge terminal 3 (seberang gate 13).

Saphire Blue Sky

Akses masuk ke lounge.

Beberapa pilihan bacaan yang terdapat di pintu masuk.


Baca juga: Promo KrisFlyer Spontaneous Escapes Singapore Airlines Ditiadakan

Baca juga: Kebijakan Pembatalan & Perubahan Jadwal Garuda Indonesia Dalam Rangka Epidemi Virus Korona


Area Tempat Duduk

Saya tidak kesulitan untuk menemukan tempat duduk karena situasi lounge yang sama sekali kosong. Bahkan saya merupakan satu-satunya pengunjung di lounge ini hingga akhirnya muncul 2-3 orang lain pada pukul 05.00.

Saphire Blue Sky

Area tempat duduk di lounge.

Saphire Blue Sky

Area tempat duduk di lounge.

Makanan

Makanan di lounge ini cukup identik dengan lounge yang dioperasikan oleh Blue Sky lainnya. Karena datang sebagai pengunjung pertama, makanan yang disediakan masih melimpah dan terlihat baru matang.

Bubur ayam dan soto.

Makanan panas di lounge.

Makanan panas di lounge.

Dessert dan minuman.

Tersedia air minum dalam kemasan.

Terdapat live cooking station dimana hidangan yang disediakan akan bervariasi mengikuti jam. Seperti layaknya lounge Blue Sky lainnya, terdapat juga layanan mie instan yang ternyata sangat populer di kalangan traveler lokal 😉 .

Live cooking station.

Live cooking station.

Di pagi buta seperti ini, live cooking station ini hanya melayani hidangan telur. Saya meminta untuk dibuatkan scrambled egg dengan sejumlah topping seperti paprika dan bawang bombay.

Saphire Blue Sky

Jenis hidangan telur.

Selain live cooking station, terdapat juga coffee bar dimana pengunjung bisa memesan sajian kopi sesuai selera. Saya memilih segelas cappuccino yang dibuat dalam hitungan menit.

Saphire Blue Sky

Coffee bar.

Saphire Blue Sky

Terdapat beragam sajian kopi.

Saphire Blue Sky

Scrambled egg dan cappuccino untuk memulai hari.

Saya cukup senang mendapat pesawat Garuda Indonesia dengan livery retro.

Penutup

Dikarenakan saya mengunjungi lounge ini di pagi buta, maka pengalaman yang saya dapatkan bisa dibilang sangat baik. Keadaan lounge tetap sepi sehingga saya bisa bekerja dengan tenang.

Saya tidak mencoba makanan buffet yang disediakan, alhasil saya tidak bisa menilai rasa dari makanan yang disediakan. Namun saya memberikan nilai plus dengan adanya live cooking station dan coffee bar yang menyajikan sajian telur dan kopi yang bermutu.

Apakah Anda pernah mengunjungi lounge Saphire Blue Sky ini?