Dalam rangka kunjungan wisata ke Jepang beberapa saat lalu, saya berkesempatan mengunjungi salah satu properti Marriott di Jepang yang memiliki view langsung Gunung Fuji yakni Izu Marriott Hotel Shuzenji yang terletak di Izu-shi, prefektur Shizuoka.

Saya menginap di hotel tersebut beserta dengan teman saya yang juga sesama points & miles blogger yaitu Steve dari Uponarriving.

Kebetulan beliau memiliki status Ambassador Elite yang mana adalah status tertinggi dari Marriott Bonvoy sehingga.kami memperoleh upgrade kamar ke kelas tertinggi & benefit menarik lainnya sebagai member elit.


Sekilas Informasi

Izu Marriott Hotel Shuzenji adalah hotel jaringan Marriott Bonvoy yang terletak di tengah-tengah Izu, sebuah kota kecil di preferektur Shizuoka. Waktu tempuh untuk mencapai hotel ini dari pusat kota Tokyo adalah sekitar 2 jam menggunakan mobil.

Berdasarkan informasi resmi dari website hotel, Izu Marriott Hotel Shuzenji ini memiliki 126 kamar dan 2 suites.

Layaknya hotel Marriott ‘terpencil’ lainnya di Jepang, Izu Marriott ini terkenal akan Onsen (pemandian umum ala Jepang) dan pemandangannya yang menghadap ke Gunung Fuji. Dalam cuaca yang cerah, Anda akan bisa melihat Gunung Fuji dari kamar Anda 🙂

 

Gedung utama Marriott Hotel Shuzenji

Gedung samping

View gunung Fuji

Check in

Ketika kami tiba di hotel ini, staff hotel dengan sangat sigap menawarkan diri untuk mengangkat koper ke lobby hotel. Petugas check-in juga menyambut kami dengan ramah dan menanyakan bagaimana hari kami dan juga menjelaskan berbagai benefit yang kami peroleh di hotel ini sebagai member elit dari Marriott Bonvoy.

Dikarenakan Steve memiliki status elit tertinggi Marriott dan kamar suite juga tersedia, maka kami memperoleh upgrade kamar ke Junior Suite.

FYI, seperti yang sudah saya tulis, hotel ini hanya memiliki 2 suite. Jadi, memperoleh suite yang semalamnya berharga 200.000 Yen (±28 juta Rupiah) dari kelas kamar terendah merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Disinilah saya merasa status elit dari suatu hotel loyalty program benar-benar berguna.

Lobby hotel yang sangat estetik

Welcome Amenity

Kamar kami di-upgrade menjadi Junior Suite.  Kamar suite mungkin merupakan hal yang biasa bagi Anda yang memiliki status elit di hotel; Yang tidak biasa adalah sambutannya ketika kami tiba di kamar.

Dari sudut manapun Anda melihat kamar ini, tidak dapat dipungkiri bahwa welcome amenity yang kami peroleh sangat eye-catching. Sejauh ini, welcome amenity tersebut adalah yang welcome amenity terbaik yang pernah saya peroleh (kedua terbaik versi Steve).

Welcome Amenity yang sangat sangat bagus & personal

Buah-buahan kualitas Jepang yang sangat nikmat

Kue beraneka rasa dari Marriott yang disusun dalam bentuk huruf ‘M’

Welcome card yang sangat personal.

Kamar

Kamar Junior Suite kami terasa sangat spesial karena kamar tersebut hanya merupakan 1 dari 2 suite yang tersedia di hotel ini. Satu hal yang sangat spesial dari kamar ini tentunya adalah private onsen yang memiliki view Gunung Fuji.

Kamar junior suite

Balkoni yang sangat luas

Kamar junior suite

Rak baju yang sangat lega

Toilet samping

Kamar tidur

Kamar mandi

Shower room yang memiliki partisi

Toilet utama

Private Onsen

View Gunung Fuji dari kamar (kebetulan sedang tertutup awan)

Fasilitas

Terdapat banyak sekali fasilitas hotel yang bisa digunakan oleh tamu hotel seperti lapangan tenis, kolam renang, pusat kebugaran (gym), nature trail, dan sebagainya. Namun, berdasarkan penuturan dari staff hotel, fasilitas yang paling sering digunakan oleh tamu tentunya adalah public onsen-nya.

Dikarenakan terdapat larangan mengambil foto di dalam Onsen, saya hanya akan menyertakan foto sebatas entrace onsen dan foto-foto lain yang saya dapat secara online.

Entrance untuk public onsen hotel

Onsen hotel. Kredit: Tripadvisor

Jujur saya kurang menyukai onsen dari hotel ini karena konsepnya adalah indoor onsen sedangkan saya adalah penggemar outdoor onsen. Oleh karena itu, saya lebih menikmati private onsen di kamar saya 🙂

Selain dari onsen, kami juga mencoba nature trail dari hotel ini.

Nature trail

Nature trail

Kondisi nature trail cukup bersih dan terawat

Nature trail

Kami menghabiskan waktu cukup lama menyusuri nature trail sembari berbincang mengenai sweet spot baru dari airline maupun hotel yang ada (ya, 80% topik pembicaraan kami di hutan adalah mengenai miles & points 🙂 )

Kami juga menghabiskan banyak waktu meng-google image setiap jamur yang kami temui sepanjang perjalanan dan memutuskan apakah jamur tersebut layak dikonsumsi atau beracun. It was really fun.

Steve sedang berburu jamur yang bisa dimakan

Sekembalinya di hotel, kami menghabiskan banyak waktu di club lounge dari hotel ini. Namun tidak sebelum mengambil foto-foto yang bagus untuk me-review hotel ini.

Hotel ini memiliki kid zone yang cukup luas

Club lounge yang eksklusif untuk member elit Marriott

Suasana club lounge yang eksklusif

Berbagai pilihan alkohol di club lounge

Berbagai pilihan finger food

Kudapan ringan di club lounge

Berbagai kopi & teh juga tersedia setiap saat 

Breakfast

Kami memperoleh fasilitas late check-out hingga jam 4 sore. Namun, karena kami mau melanjutkan perjalanan kami ke hotel Marriott lain yaitu Fuji Marriott Lake Yamanaka; Maka kami meninggalkan properti ini setelah makan pagi (breakfast).

Secara singkat, pilihan hidangan breakfast dari hotel ini sangat variatif.  Anda bisa mengambil langsung makanan yang ada atau memesan hidangan a la carte melalui kertas yang disediakan di setiap meja.

Pilihan breakfast – Roti

Pilihan breakfast – Western

Pilihan breakfast – buah dan salad

Pilihan breakfast – Japanese

Pilihan breakfast – Udon & Soba

Pilihan breakfast – kudapan ringan

Pilihan breakfast – aneka sereal

Pilihan breakfast – jus & smoothies

Pilihan menu a la carte

Saya tidak akan ragu mengatakan bahwa breakfast di hotel ini adalah salah satu breakfast terbaik yang pernah saya makan. Kecuali untuk Japanese food-nya, hampir seluruh hidangan breakfast di hotel ini bisa dikategorikan sebagai hidangan yang lezat 🙂

Jika Anda berkesempatan untuk menginap di hotel ini, saya akan merekomendasikan Anda mencoba ‘local omelet’ dari hotel ini yang menggunakan sakura shrimp sebagai bahan dasarnya. Saya akan bilang ini adalah omelet terenak di dunia sejauh ini 😉

Sakura shrimp omelet

Kesimpulan

Pengalaman menginap saya di Izu Marriott Hotel Shuzenji sangat positif. Disinilah saya merasa bahwa status elit hotel akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas traveling Anda.

Berkat status elit di Marriott Bonvoy, kami berhasil memperoleh sambutan yang sangat meriah (paling istimewa sejauh ini), upgrade kelas kamar yang harganya 7 kali lipat dan memiliki private onsen, elite welcome gift, late check-out sampai pukul 4 sore, dan berbagai benefit lainnya.

Anda akan disambut seperti raja jika memiliki status elit di suatu hotel chain

Hotel Izu Marriott Shuzenji sendiri bisa dikata sangat bagus untuk hotel yang terletak di kota kecil dan pelayanannya dari awal sampai akhir bisa dikata sangat outstanding.

Kata-kata mungkin akan sulit mendiskripsikan pengalaman positif menginap kami di hotel ini dari awal hingga akhir sehingga saya merekomendasikan Anda untuk mencobanya sendiri.

(+) Kualitas pelayanan, welcome amenity, kualitas hidangan di club lounge & breakfast, fasilitas yang lengkap, harga yang cukup terjangkau.

(-) Tidak ada outdoor onsen untuk tamu hotel. Agak sulit dijangkau kecuali apabila Anda menyetir sendiri di Jepang.

.

Apakah Anda tertarik untuk menginap di Izu Marriott Hotel Shuzenji?