Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu saya pernah menulis mengenai 6 kartu kredit yang ada di dompet saya. Seiring dengan berjalannya waktu, saya berhasil memperoleh berbagai kartu kredit top-tier yang saya incar sehingga untuk saat ini, terdapat 9 kartu kredit di dompet saya.

Kartu-kartu tersebut antara lain adalah:

1. CIMB Niaga JCB Ultimate

Kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate adalah kartu kredit terbaik yang saya miliki. Dengan spending reward yang sangat menarik (tiket bisnis ANA PP Jakarta – Tokyo), cashback 4% untuk transaksi di luar negeri, dan earning rate GarudaMiles dan Asia Miles terbaik di Indonesia, saya dapat memastikan kartu ini akan bertahan sangat lama di dompet saya.

2. CIMB Niaga Visa Infinite

Kartu kredit CIMB Niaga Visa Infinite juga merupakan salah satu kartu kredit favorit saya. Kelebihan utama dari kartu kredit ini terletak pada spending reward yang menarik (tiket ekonomi Singapore Airlines PP Surabaya/Jakarta/Denpasar – Singapura), earning rate KrisFlyer Miles yang sangat baik, dan akses airport lounge di berbagai terminal domestik.

3. BCA Singapore Airlines Visa Signature

Kartu kredit BCA Singapore Airlines (‘SQ’) Visa Signature adalah kartu kredit traveling pertama saya. Kartu kredit ini memiliki nilai sentimental bagi saya sehingga saya rasa saya tidak akan menutup kartu ini walaupun saya sudah memiliki versi superior-nya yaitu BCA Singapore Airlines Visa Infinite. Kartu ini baru saja mengalami devaluasi berupa penghilangan fitur Starbucks bandara

4. BCA Singapore Airlines Visa Infinite

Kartu Kredit BCA Singapore Airlines Visa Infinite adalah salah satu kartu kredit terbaru saya. Dengan earning rate 6.060 Rupiah per 1 KrisFlyer Miles ketika Anda bertransaksi tepat 50 juta Rupiah dalam bulan itu dan fasilitas Starbucks bandara, saya merasa kartu kredit ini juga akan bertahan lama di dompet saya.

5. DBS Travel Visa Signature

Kartu kredit DBS Travel Visa Signature adalah kartu kredit favorit saya untuk airport perks. Kartu ini memberikan fasilitas free 1 makanan + 1 minuman di Starbucks bandara. Dengan fasilitas tersebut, saya sudah pasti akan membawa kartu ini setiap kali pergi ke airport.

Selama kartu kredit ini memberikan airport perk tersebut dan menggratiskan annual fee, saya sudah pasti akan tetap mempertahankan kartu ini di dompet saya.

6. UOB PRIVI Miles

Kartu kredit UOB PRIVI Miles adalah salah satu kartu kredit favorit saya untuk bertransaksi di luar negeri (terutama Singapura).

Dengan double point untuk transaksi yang dibukukan dalam mata uang asing dan promosi menarik yang hampir selalu diadakan di akhir tahun, kartu kredit UOB PRIVI Miles juga sudah pasti akan bertahan di dompet saya. Toh, kartu ini juga sangat mudah digratiskan annual fee-nya.

7. Citi Premier Miles

Kartu kredit Citi Premier Miles adalah kartu kredit yang juga cukup sering saya gunakan untuk mengumpulkan miles yang sulit diperoleh seperti Etihad Guest, EVA Air Infinity Mileagelands, dan Flying Blue.

Kelebihan kartu ini terletak pada konvertibilitas yang sangat baik dengan 11 transfer partner, promosi points multiplier pada akhir tahun, dan annual fee yang bisa digratiskan.

8. Citi Prestige

Citi Prestige adalah kartu kredit terbaru saya. Kartu ini, beserta dengan BCA SQ Visa Infinite adalah kartu kredit yang hampir pasti tidak bisa digratiskan annual fee-nya.

Meskipun begitu, fasilitas 5x luxury airport transfer, 5x akses airport lounge yang bekerjasama dengan Priority Pass, dan earning rate yang cukup baik (lebih baik lagi jika Anda adalah nasabah CitiGold) menjustifikasi annual fee sebesar 3.500.000 Rupiah dari kartu ini.

9. HSBC Visa Signature

Kartu kredit HSBC Visa Signature semata-mata saya ajukan untuk memperoleh welcome bonus sebesar 30.000 airline miles. Sekarang setelah saya memperoleh welcome bonus tersebut, kartu kredit ini saya rasa sudah hampir pasti tidak akan saya gunakan lagi (karena earning rate yang kurang bagus) dan segera menuju chopping block.

.

Apa pendapat Anda mengenai portofolio 9 kartu kredit saya saat ini?