Melalui informasi di website dan email yang dikirimkan, GarudaMiles mengumumkan adanya proses pemeliharaan atau update pada sistemnya. Update sistem ini akan berlangsung dari tanggal 28 Februari – 3 Maret 2020. Artinya secara teknis GarudaMiles akan nonaktif selama periode tersebut.

Dari versi email pemberitahuan yang dikirim oleh Citilink, setelah periode tersebut berakhir, layanan redemption atau penukaran GarudaMiles secara online tidak bisa dilakukan hingga 18 Maret 2020.

Namun terdapat satu-satunya cara untuk melakukan penukaran GarudaMiles, yakni dengan mendatangi kantor cabang Garuda Indonesia terdekat untuk penukaran secara manual.

Update 28 Februari 2020 pukul 10.58 WIB:

Penukaran GarudaMiles secara online masih bisa dilakukan setidaknya hingga waktu penerbitan artikel ini. Jika Anda perlu untuk menukarkan GarudaMiles, maka segera lakukan sekarang sebelum periode update dimulai.

Meski belum bisa dikonfirmasi, namun sepertinya opsi penukaran GarudaMiles di kantor cabang hanya bisa dilakukan untuk penerbangan Garuda Indonesia saja. Sedangkan penerbangan Citilink dan rekanan partner lainnya sepertinya tidak akan bisa dilakukan sama sekali selama periode update ini.

Dengan adanya berita ini, maka hampir bisa dipastikan juga jika promo tahun kabisat Citilink “hoLeapDay” tidak akan meliputi penukaran GarudaMiles untuk penerbangan Citilink.

Silahkan menambahkan update melalui kolom komentar di bawah jika Anda mempunyai informasi lebih jelas.

Penukaran GarudaMiles secara online tidak bisa dilakukan untuk periode yang cukup lama. Foto: Edwin S.

Bagaimana dengan Perolehan Miles?

Bagi Anda yang akan terbang dengan Garuda Indonesia atau maskapai rekanannya pada periode upgrade tersebut, maka jangan khawatir. Anda hanya perlu bersabar sedikit lebih lama karena miles dari penerbangan eligible akan masuk setelah proses upgrade sistem usai sepenuhnya.

Penutup

Tentunya periode nonaktif GarudaMiles yang hampir mencapai 3 minggu ini tergolong cukup lama dan akan menyulitkan banyak orang yang perlu menukarkan GarudaMiles secara online. Namun untungnya penukaran masih bisa dilakukan secara manual dengan mendatangi kantor cabang Garuda Indonesia.

Saya pribadi berharap agar sistem GarudaMiles akan menjadi lebih baik lagi setelah periode ini usai. Satu-satunya harapan terbesar saya adalah penambahan fitur penukaran award SkyTeam secara online! Well, tidak ada salahnya untuk berharap bukan? 😉

Apakah Anda memiliki rencana untuk menukarkan GarudaMiles dalam waktu dekat?