Hong Kong sedang mengalami masa-masa yang sulit akibat demo dan wabah Coronavirus. Alhasil, Cathay Pacific, maskapai yang berbasis Hong Kong juga terkena imbasnya.

Cathay Pacific sendiri sudah mengalami penurunan 30% kapasitas penerbangan karena demand yang jatuh. Bijaksananya, pada posisi seperti saat ini Cathay akan mengupayakan segala cara untuk mengurangi pengeluaran.

Salah satu kebijakan baru yang akan diterapkan oleh Cathay adalah penutupan 3 lounge per tanggal 17 Februari 2020. Pembukaan kembali lounge masih belum diketahui hingga saat ini.

3 lounge Cathay yang akan ditutup sementara di bandara Hong Kong adalah:

Cathay Pacific Lounge

Bar di The Pier First Class Lounge. Foto: PinterPoin.

Lounge Alternatif

Bagi Anda yang akan terbang di kabin premium Cathay atau mempunyai status elite, maka jangan khawatir. Cathay masih mengoperasikan lounge di bandara Hong Kong berikut:

Meski tidak bisa melakukan lounge hopping (baca: mencoba-coba lounge), namun untungnya The Wing First Class Lounge masih dibuka untuk penumpang yang terbang di First Class atau memiliki status Oneworld Emerald.

The Pier Business Class Lounge yang saya anggap sebagai lounge Business Class terbaik milik Cathay juga tetap dibuka.

Berendam di lounge airport? Bisa Anda lakukan di The Wing First Class Lounge! Foto: PinterPoin.

Pendapat

Penutupan 3 lounge saya anggap sebagai keputusan yang wajar mengingat jumlah penumpang Cathay yang turun secara signifikan. Mengoperasikan sebuah lounge tentunya melibatkan biaya staf dan operasional yang tidak murah.

Tidak bisa dipungkiri jika tahun 2019 dan 2020 menjadi periode yang sangat sulit bagi Cathay Pacific. Disaat jumlah penumpang sudah berkurang drastis pasca demo, kini wabah Coronavirus memperparah situasi. Harapan saya semoga Hong Kong dan Cathay bisa kembali ke situasi seperti semula.

Apakah Anda memiliki rencana untuk mengakses lounge Cathay Pacific di Hong Kong?

H/T: Gib | God Save the Points