Secara mengejutkan, Alaska Airlines, maskapai asal Amerika yang mungkin terkenal di Indonesia karena trik milesnya 😉 dikabarkan akan bergabung dengan Oneworld pada musim panas 2021!

Oneworld merupakan 1 dari 3 aliansi maskapai dominan di dunia bersamaan dengan Star Alliance dan SkyTeam. Setiap aliansi tentunya akan mempunyai anggota maskapai strategis yang dinilai bisa menguntungkan bagi aliansi secara keseluruhan.

Maskapai yang berbasis di Seattle tersebut akan mengikuti jejak Royal Air Maroc yang akan segera bergabung dengan Oneworld pada bulan April mendatang. Bagi saya, penambahan Alaska sebagai anggota baru ini akan sangat menguntungkan bagi Oneworld.

Baru-baru ini, Oneworld juga baru saja kehilangan anggota strategis LATAM setelah investasi dari Delta.

Anggota aliansi maskapai Oneworld saat ini. Royal Air Maroc akan bergabung pada bulan April 2020 dan disusul oleh Alaska Airlines musim panas tahun depan.

Keuntungan Alaska Airlines Bergabung ke Oneworld

Miles Alaska sendiri sangat berharga bagi pengumpul miles, saya pribadi memberikan valuasi sebesar Rp 270 / 1 mile Alaska yang tergolong tinggi.

Bagi saya, keuntungan terbesar dari bergabungnya Alaska Airlines ke Oneworld adalah bertambahnya maskapai partner yang berarti juga bertambahnya cara untuk mengumpulkan & menggunakan miles Alaska.

Sejauh ini, Alaska sendiri sudah menjalin kerja sama dengan beberapa maskapai Oneworld seperti Japan Airlines, Cathay Pacific, Qantas, British Airways, American Airlines, dan Finnair.

Melihat potensi kerja sama tersebut, maka sebenarnya cukup masuk akal bagi Alaska untuk masuk ke Oneworld. Terlebih, anggota elite Alaska juga nantinya bisa menikmati fasilitas status elite Oneworld.

The Pier First Class Lounge Cathay Pacific bisa diakses oleh anggota Oneworld Emerald saat terbang di Economy Class sekalipun. Foto: PinterPoin.

Alaska MileagePlan Sebagai Alternatif KrisFlyer

Tidak sedikit orang yang menggunakan Alaska sebagai alternatif tempat mengkreditkan miles Singapore Airlines (termasuk saya). Namun dengan bergabungnya Alaska ke Oneworld, kemungkinan besar kerja sama antara Alaska Airlines dengan Singapore Airlines bisa berakhir.

Singapore Airlines sendiri merupakan anggota dari aliansi Star Alliance yang bersaing dengan Oneworld. Tentunya maskapai anggota Oneworld tidak akan senang dengan kerja sama antara Alaska dan Singapore Airlines tersebut.

Alaska Singapore Airlines

Terbang dengan Singapore Airlines? Anda bisa mengkreditkan milesnya ke Alaska MileagePlan. Foto: PinterPoin.

Penutup

Saya pribadi menyambut baik berita bergabungnya Alaska Airlines ke Oneworld karena umumnya penambahan/pengurangan anggota di aliansi maskapai jarang terjadi.

Bagi saya, Alaska MileagePlan merupakan salah satu frequent flyer program terbaik saat ini. Harapan saya adalah Alaska tidak melakukan devaluasi setelah resmi bergabung ke Oneworld.

Kedepannya, saya melihat jika mengumpulkan miles & mengejar status elite Alaska MileagePlan akan semakin menarik dan menguntungkan. Miles yang actually berharga & status elite yang memberikan akses manfaat Oneworld seperti First Class Lounge saat terbang di Economy Class? Yes please!

Tertarik untuk menjadi loyalis Alaska MileagePlan?

H/T: OMAAT