In-flight entertainment atau opsi alternatif WiFi in-flight entertainment di dalam pesawat adalah sebuah kemewahan yang biasanya hanya tersedia di maskapai full service. Oleh karena itu, Anda tidak bisa berharap banyak saat terbang dengan maskapai berbiaya rendah.

Bagi Anda yang mungkin belum tahu, Lion Air adalah maskapai berbiaya rendah (low cost carrier) anggota dari Lion Air Group. Mengusung konsep low cost carrier/no frill, maka penumpang tidak akan mendapatkan fasilitas selayaknya maskapai full service seperti Batik Air atau Garuda Indonesia.

Namun menariknya, Lion Air beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan in-flight Wi-Fi Entertainment gratis berjuluk “Lion Entertainment” yang bisa diakses oleh seluruh penumpang. Pemasangan teknologi tersebut dilakukan pada 5 pesawat Boeing 737-900ER. 

Hal tersebut saya pandang positif dan mungking bisa sedikit meredakan kekecewaan penumpang setia Lion Air yang kini harus membayar biaya bagasi.

Pembaca @lukesutanto yang kebetulan berkesempatan terbang dengan Lion Air membagikan screen shot tampilan In-flight Wi-Fi Entertainment gratis yang bisa diakses oleh seluruh penumpang.

Batik Air WiFi

In flight entertainment merupakan elemen penting dari sebuah maskapai full service. Jika tidak tersedia, biasanya maskapai akan beralih ke opsi wireless entertainment. Menariknya Lion Air yang merupakan maskapai budget kini menyediakan wireless entertainment. Foto: PinterPoin.


Baca juga: Lion Air Mulai Jual Makanan di Pesawat


Tampilan Wi-Fi Entertainment Lion Air

Lion Entertainment merupakan kolaborasi antara Lion Air dengan penyedia layanan wireless in-flight entertainment PT. Dua Surya Dinamika (AirFi Indonesia).

Hiburan gratis tersebut bisa diakses dengan gadget pribadi seperti handphone, tablet, dan laptop ketika pesawat mencapai ketinggian 35.000 kaki diatas permukaan laut. Menurut statement yang dikeluarkan, beragam pilihan film Hollywood, Bollywood, Korea, Chinese, dan Indonesia akan disediakan.

Selain itu, terdapat juga konten video untuk anak-anak, majalah digital, games, dan fitur chat onboard dengan penumpang di kursi lain. Berikut tampilannya:

Login dengan nama dan nomor kursi. Courtesy of @lukesutanto.

Tampilan home screen. Courtesy of @lukesutanto.

Pilihan film. Courtesy of @lukesutanto.

Courtesy of @lukesutanto.

Lion Air WiFi Entertainment

Courtesy of @lukesutanto.

Lion Air WiFi Entertainment

Majalah digital. Courtesy of @lukesutanto.

Lion Air WiFi Entertainment

Games. Courtesy of @lukesutanto.

Jujur saya cukup kagum dengan opsi hiburan yang disediakan. Mengingat hampir seluruh penerbangan Lion Air di rute domestik & internasional berdurasi singkat (kecuali Timur Tengah), maka saya rasa opsi yang disediakan sudah lebih dari cukup.

Penutup

Menurut saya, terdapat 2 hal positif dari penyediaan WiFi entertainment gratis oleh Lion Air ini, yakni peningkatan layanan dari Lion Air dan penunjukkan perusahaan asal Indonesia sebagai penyedia layanan wireless entertainment.

Saya melihat langkah ini diambil karena kebetulan Batik Air dan Malindo Air sudah mengadopsi fasilitas ini. Alhasil Lion Air yang tergabung dalam 1 grup dengan kedua maskapai tersebut bisa dengan mudah mengaplikasikan teknologi tersebut.

.

Apa pendapat Anda tentang WiFi in-flight entertainment Lion Air ini?