Salah satu kenyamanan atau keunggulan dari KrisFlyer adalah fasilitas “membooking” award flight Singapore Airlines atau maskapai Star Alliance lain tanpa dikenakan biaya (hold fee). Metode tersebut dikenal dengan istilah “Reserved” yang umum dilakukan oleh anggota KrisFlyer.

Hold Fee Singapore Airlines

Contoh penerbangan yang saya “booking” untuk berjaga-jaga jika award First Class tidak terbuka. Saya melakukan hold pada bulan Desember 2019 yang pada saat itu masih gratis.

Adanya fasilitas tersebut tentu saja sangat berguna bagi sebagian orang, contoh skenario:

  • Anda melihat adanya award flight, namun belum mentransfer poin kartu kredit ke KrisFlyer. Maka Anda bisa menelpon Singapore Airlines untuk “membooking”  penerbangan tersebut. Setelah poin dari kartu kredit masuk, Anda tinggal menelpon kembali untuk mengonfirmasi penerbangan tersebut.
  • Anda mengincar award Suites di rute London – Singapore yang masih dalam status waitlist. Pada saat yang sama, award Business Class di penerbangan tersebut tersedia. Maka Anda bisa melakukan waitlist di Suites sembari “membooking” penerbangan Business Class untuk berjaga-jaga.

Terbaru, Singapore Airlines diketahui mulai menerapkan biaya US $25 per orang untuk melakukan hold pada award flight. Saya sudah menghubungi pihak Singapore Airlines dan informasi ini sudah dibenarkan, perubahan ini baru saja diterapkan pada bulan Januari 2020 ini.

UPDATE: Pembaca Stephen menginfokan jika penerapan biaya ini sudah berlangsung dari bulan Desember 2019.

Alaska Miles

Anda harus membayar US $25 untuk melakukan hold pada award flight. Foto: Singapore Airlines Suites.


Baca juga: Catat Tanggalnya: BCA Singapore Airlines Travel Fair Februari 2020 (Jakarta, Surabaya, Bali)


Lebih Adil?

Meski terkesan negatif, saya pribadi merasa jika penerapan biaya $25 untuk “membooking” penerbangan ini akan berdampak positif. Anggota KrisFlyer yang “hobi” untuk melakukan hold pada award flight akan berpikir dua kali karena kini dikenakan biaya untuk melakukannya.

Bukan rahasia lagi jika banyak anggota KrisFlyer yang melakukan hold award namun pada akhirnya tidak mengonfirmasi penerbangan tersebut. Alhasil, anggota lain yang benar-benar memerlukan penerbangan tersebut kebanyakan tidak jadi/sempat mengamankan kursi di penerbangan yang waitlist tersebut.

Sebagai informasi, sebelumnya KrisFlyer juga sudah menerapkan peraturan baru dimana keputusan waitlist clear/tidak akan diinfokan 14 hari sebelum penerbangan. Saya rasa perubahan-perubahan tersebut ditempuh guna meningkatkan efisiensi distribusi award seat kepada seluruh anggota KrisFlyer.

Saya pribadi terkadang melakukan hold pada beberapa penerbangan untuk berjaga-jaga jika penerbangan yang saya inginkan tidak clear. Meski kini dikenakan biaya, saya rasa saya akan tetap menggunakan fasilitas ini, namun hanya untuk flight yang benar-benar saya butuhkan.

Menurut Anda, apakah penerapan hold fee Singapore Airlines ini akan berdampak positif atau negatif?

H/T: Miles to Memories