Airbnb merupakan sebuah inovasi brilian yang mengubah cara traveling banyak orang di dunia ini. Saya sendiri tergolong cukup sering dalam menggunakan Airbnb, terutama saat bepergian dalam kelompok (lebih dari 4 orang).

Beberapa keunggulan Airbnb menurut saya adalah:

  • Bisa mencari segala jenis properti yang diinginkan mulai dari villa, apartment, hingga rumah pribadi
  • Properti di lokasi ideal dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang hotel
  • Filter pencarian mudah untuk jumlah tamu, keperluan (jumlah kamar, kamar mandi, dll)
  • Akses untuk merasakan kehidupan ala penduduk lokal

Belum mempunyai akun Airbnb? Gunakan link referral PinterPoin ini untuk mendapatkan potongan menginap pertama kali sebesar Rp 450.000!

Airbnb Jepang

Apartemen di Hakone, Jepang, yang saya pesan untuk 7 orang hanya dengan US $105 per malam!


Baca juga: Airbnb: Akomodasi Penginapan Terjangkau untuk Segala Tipe Traveler

Baca juga: TIPS RAHASIA AIRBNB: Dapatkan Tambahan Miles Tanpa Biaya Tambahan!


Sebagai sebuah perusahaan teknologi mutakhir, Airbnb dikabarkan sedang mendaftarkan sebuah paten software “trait analyser” baru melalui European Patent Office.

Nantinya, software teknologi ini akan bisa menyaring calon penyewa melalui postingan akun media sosial sebelum menentukan apakah calon penyewa tersebut bisa bergabung dalam platform atau tidak.

Segala postingan berbau prostitusi, narkoba, ujaran kebencian, dan segala hal yang berhubungan dengan kriminalitas akan secara otomatis mendiskualifikasi pengguna tersebut untuk bergabung dengan Airbnb.

Pendapat

Perlu diperhatikan jika paten ini belum tentu akan diimplementasikan. Namun jika teknologi semacam ini benar diterapkan oleh Airbnb, maka bukan tidak mungkin jika perusahaan-perusahaan lain akan menggunakan teknologi yang sama.

Kedepannya, segala jejak rekam kita di media sosial akan berpengaruh pada banyak hal di kehidupan. Beberapa negara seperti Amerika Serikat sudah menerapkan teknologi untuk menyaring media sosial pengunjung negaranya.

Bahkan, bukan rahasia lagi jika saat ini banyak perusahaan yang melakukan investigasi pada akun media sosial calon karyawannya. Anda menginginkan pekerjaan di perusahan ternama atau ingin jalan-jalan ke negara seperti Amerika Serikat? Pastikan akun media sosial Anda tidak memberikan kesan buruk pada diri Anda sendiri.

H/T: View From the Wing