Pada awal tahun, tidaklah salah jika kita mulai berangan-angan dan merencanakan liburan di tahun tersebut. Saya sendiri sebagai points & miles blogger memiliki wishlist 7 penerbangan yang ingin saya coba di tahun 2020 ini.

Jika Anda penasaran, berikut adalah penerbangan-penerbangan tersebut:

 

1. Royal Air Maroc (RAM) Business Class Boeing 787-9 Beijing – Casablanca

Kabin business class terbaru di pesawat Boeing 787-9. Kredit: Royal Air Maroc.

Salah satu penerbangan yang saya benar-benar ingin coba di tahun 2020 ini adalah Royal Air Maroc dengan rute Beijing (PKX) ke Casablanca (CMN).

Penerbangan ini memiliki jarak tempuh 6.273 mil dan waktu tempuh 13 jam dan baru akan dijalankan pada 16 Januari 2020 mendatang. Saya berencana untuk menebus penerbangan ini menggunakan 44.000 Etihad Miles.

Saya sendiri pernah mengunjungi Maroko 3 tahun lalu walaupun hanya Marrakesh dan benar-benar menyukai negara tersebut.

Jika Anda mencari sebuah petualangan yang autentik, eksotis, dan tiada duanya, maka saya akan merekomendasikan mengunjungi Maroko. FYI, Maroko termasuk dalam negara bebas visa bagi WNI.

 

2. Singapore Airlines New Suites A380 Singapore – Hong Kong atau Singapore – Tokyo

Alaska Miles

Tidak ada aviation blogger yang bisa berkata hidup mereka lengkap tanpa mencoba Singapore Airlines New Suites A380.

Untuk penerbangan ini, saya berencana untuk mengambil rute Singapore – Hong Kong atau Singapore – Tokyo yang baru akan dioperasikan per 1 Januari 2020 ini.

Untuk menebus penerbangan ini, saya membutuhkan 40.500 KrisFlyer Miles untuk rute Hong Kong dan 70.000 KrisFlyer Miles untuk rute Tokyo yang mana tidak sulit diperoleh mengingat saya memiliki kartu kredit terbaik untuk mengumpulkan KrisFlyer Miles yakni CIMB Niaga Visa Infinite 😉

 

3. ANA New Business Class Boeing 777-300 ‘The Room’ Tokyo – London

Mama saya tinggal di Inggris dan saya sudah cukup lama tidak mengunjungi beliau. Menjadi seorang anak yang berbakti, saya berencana untuk mengunjungi beliau pada pertengahan atau akhir tahun ini menggunakan Business Class terbaru dari All Nippon Airways (ANA) yang bertajuk ‘The Room’.

Sekilas, cara termurah untuk menebus penerbangan ini adalah dengan menggunakan 65.000 Aegean miles yang mana tidak sulit diperoleh jika Anda memiliki kartu kredit CIMB Niaga JCB Ultimate dan rajin mencicil membeli Aegean miles 🙂

 

4. Cathay Pacific First Class Boeing 777-300ER Hong Kong – Beijing

Miles Alaska Cathay Pacific

Tiga transfer partner paling utama dari kartu kredit di Indonesia adalah Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific.

Saya sudah pernah naik First Class dari Garuda Indonesia dan Singapore Airlines. Jadi, penerbangan ini adalah untuk melengkapi pengalaman First Class dari masing-masing transfer partner tersebut.

Saya memilih rute Hong Kong – Beijing dengan pertimbangan nanti saya akan bisa naik business class Air Maroc dari Beijing ke Casablanca. Btw, Vincent (@PinterPoin) pernah me-review penerbangan ini sebelumnya. Untuk penerbangan ini, saya perlu menebus 40.000 Asia Miles.

 

5. Thai Airways Boeing 747-400 First Class Bangkok – Tokyo

Kabin business class terbaru di pesawat Boeing 787-9. Kredit: Liveandletsfly

Saya tidak pernah naik pesawat Boeing 747. Oleh karena itu, saya tidak sabar untuk mencobanya dengan cara terbang First Class di Thai Airways rute Bangkok – Tokyo yang dilayani menggunakan armada Boeing 747-400.

Rencananya, saya akan menebus penerbangan ini menggunakan 45.000 Aegean Miles. Untungnya, devaluasi Aegean Miles beberapa bulan lalu tidak terlalu banyak memengaruhi miles yang dibutuhkan untuk penerbangan First Class intra far-east.

 

6. Singapore Airlines Business Class Surabaya – Singapore – Surabaya

Seorang (alm) dosen saya dulu pernah mengatakan bahwa seseorang tidak pernah benar-benar merasa sukses apabila mereka tidak terbang ke Singapura hanya untuk makan siang dan kemudian pulang di hari yang sama.

7 tahun kemudian, saya akan melakukan hal tersebut dengan cara terbang di Singapore Airlines Business Class rute Surabaya – Singapore – Surabaya di hari yang sama.

Berdasarkan kalkulasi, saya memiliki waktu 5 jam dan 10 menit sejak pesawat landing untuk makan siang yang enak dan ‘main’ (baca: berjudi) di Marina Bay Sands sebelum penerbangan pulang. Saya hanya berharap waktu tersebut cukup untuk bersenang-senang di Singapura 😉

Untuk menebus penerbangan ini, saya membutuhkan 26.600 KrisFlyer Miles. Perhitungan tersebut berasal dari miles yang dibutuhkan untuk penerbangan PP Business Class Singapore Airlines rute Surabaya – Singapore pada saat promo Spontaneous Escapes.

 

7. Garuda Indonesia First Class Boeing 777-300 Jakarta – Tokyo

Penerbangan Garuda Indonesia First Class rute Tokyo Narita – Denpasar pada November 2019 lalu adalah penerbangan terbaik di hidup saya sejauh ini.

Saya tidak sabar mengulang pengalaman tersebut dengan cara terbang di Garuda Indonesia First Class lagi namun kali ini rutenya adalah Jakarta – Tokyo karena saya ingin me-review First Class Lounge Garuda Indonesia di Jakarta yang konon katanya fenomenal.

Jika tidak ada aral melintang, maka saya akan terbang dengan Garuda Indonesia First Class pada 11 Februari 2020 dengan cara menebus 54.000 GarudaMiles melalui promo Happy Hour dari Big Bang Jakarta.

.

Apakah Anda memiliki wishlist penerbangan di tahun 2020 ini?