Kartu American Express Centurion ‘Black Card’ tentunya sering menjadi perbincangan hangat. Kartu tersebut sering dianggap sebagai kartu paling eksklusif di seluruh dunia dan sangat misterius bagi kebanyakan orang. Banyak juga yang beranggapan jika kartu tersebut merupakan simbol status sosial tertinggi.

Mungkin Anda akan pernah mendengar mitos seputar kartu tersebut seperti:

  • Madonna menginginkan sebuah teh dari sebuah provinsi terpencil di China. Madonna kemudian menghubungi Concierge Amex dan kemudian Amex mengirim staffnya ke pedalaman untuk membeli teh tersebut
  • Seseorang membeli jet pribadi seharga US $52 juta dengan menggunakan kartu American Express Centurion

Saya tidak tahu pasti apakah mitos tersebut benar atau tidak. Tetapi pastinya, pemegang kartu terdiri dari kalangan selebriti, pebisnis besar, dan orang berpenghasilan super tinggi. Tidak heran jika Amex Black Card dianggap sebagai kartu paling bergengsi saat ini.

Salah seorang pembaca PinterPoin yang kebetulan mempunyai Amex Black Card di Amerika Serikat mengirimkan foto aktual kartu tersebut. Perhatikan jika kartu tersebut hadir dengan penampilan baru yang menurut saya jauh lebih elegan dan sleek.

Amex Black Card

American Express Centurion ‘Black Card’ terbuat dari Titanium. Foto: PinterPoin.

Amex Black Card

American Express Centurion ‘Black Card’. Foto: PinterPoin.

Kartu tersebut merupakan versi terbaru dari Amex Black Card atau Centurion. Kartu tersebut dikirim dalam sebuah kotak hitam lengkap dengan welcome letter yang ditandatangi langsung oleh CEO American Express. Menariknya, kartu tersebut diletakkan didalam card case kulit Tom Ford buatan Italia yang elegan. Wow!

Fun fact: Amex Black Card tidak dikategorikan sebagai kartu kredit, melainkan charge card. Pengguna kartu wajib membayar penuh tagihan tiap bulannya.

Fun fact: Terdapat 2 jenis Amex Black Card, versi personal dan versi business.

Benefit American Express Centurion

Dengan iuran tahunan sebesar US $5.000 dan initiation fee sebesar US $10.000, pastinya pemegang kartu akan mengharapkan benefit yang luar biasa. Kartu berbasis Amerika Serikat hadir dengan beberapa benefit seperti:

  • Status Platinum Medallion dengan maskapai Delta
  • Status Diamond pada Hilton Honors
  • Status Platinum Elite pada IHG Rewards Club
  • Status Gold pada Marriott Bonvoy
  • Akses ke berbagai lounge di seluruh dunia
  • Kredit $1000 di Saks Fifth Avenue
  • dst.

Namun untuk perolehan poin (hal yang penting bagi pembaca PinterPoin 😉 ), kartu ini cukup medioker karena hanya memberikan 1 poin per US $1. Terdapat banyak kartu kredit lain di Amerika yang jauh lebih baik ketimbang Black Card.

American Express bahkan tidak mempunyai informasi publik resmi tentang persyaratan mendapatkan kartu tersebut. Namun berdasarkan informasi yang didapatkan dari pemegang kartu & beberapa forum untuk kartu berbasis Amerika Serikat, berikut adalah persyaratan untuk mendapatkan kartu tersebut:

  • Anda harus memiliki kartu American Express lain & melakukan spending minimal US $250.000 per tahun untuk kemudian bisa mempunyai peluang untuk di-invite
  • Biaya keanggotaan 1x sebesar US $10.000
  • Iuran tahunan sebesar US $5.000
  • Biaya kartu tambahan sebesar US $2.500 per kartu (maksimal 2 kartu tambahan)
  • Mempunyai penghasilan tahunan minimal US $1.000.000

Syarat untuk mendapatkan Amex Black Card di negara lain akan bervariasi. Sejauh ini, saya hanya menemukan sumber dari Wikipedia yang belum tentu akurat kebenarannya.

Mendapatkan Amex Black Card di Indonesia?

Beberapa waktu lalu, muncul sebuah berita yang melibatkan artis Rieta Amalia yang disebut mempunyai salah satu kartu paling ikonik di dunia tersebut. Namun kartu tersebut nyatanya bukanlah Amex Black Card…


Baca artikelnya: Klarifikasi: Kartu Kredit Rieta Amalia Bukan American Express Black Card


Sejauh ini, saya tidak/belum pernah mendengar informasi tentang eksistensi kartu tersebut untuk nasabah American Express di Indonesia. Namun bisa saja saya salah, apakah mungkin Anda sudah memilikinya di Indonesia? 😉

Apa pendapat Anda tentang Amex Black Card?