Terdapat lebih dari 100 maskapai penerbangan di dunia, masing-masing dengan membership program alias Frequent Flyer Program (FFP) sendiri-sendiri. Apa hal tersebut berarti Anda sebaiknya memiliki banyak membership di berbagai maskapai? Toh bagaimanapun juga pendaftarannya gratis dan bisa dilakukan online. Dalam satu kata, jawabannya adalah: TIDAK. 

Menjadi anggota frequent flyer program di berbagai maskapai memang tidak salah, namun hal tersebut membuat Anda tidak fokus dalam mengumpulkan airline miles di satu aliansi penerbangan yang spesifik.

Selain itu, perlu Anda ingat juga bahwa airline miles biasanya akan hangus apabila tidak Anda tukarkan dalam periode waktu 2-3 tahun. Oleh karena itu, diperlukanlah kebijaksanaan dalam mengelolanya agar Anda tetap bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dengan biaya sekecil mungkin.

Banyak frequent flyer program maupun hotel loyalty program yang berguna, tapi apakah Anda perlu semuanya?

Pada panduan pemula kali ini, saya akan membahas secara singkat mengenai 3 Frequent Flyer Program yang sebaiknya dimiliki oleh orang Indonesia beserta dengan alasan untuk menjadi anggota FFP tersebut. Ketiga FFP tersebut antara lain adalah:

 

GarudaMiles (FFP dari Garuda Indonesia)

GarudaMiles adalah FFP dari maskapai Garuda Indonesia yang berbasis di Indonesia. Garuda Indonesia sendiri adalah bagian dari SkyTeam yang mana berarti Anda bisa menukarkan GarudaMiles yang Anda peroleh dengan penerbangan pada maskapai yang tergabung pada SkyTeam seperti Korean Airlines, Delta, AirFrance, dan sebagainya.

Alasan mendaftar GarudaMiles:

  • Sangat mudah diakumulasikan karena Garuda Indonesia bekerjasama dengan sangat banyak pihak di Indonesia terutama bank.
  • World Best Airlines #12 versi Skytrax 2019, Anda boleh memiliki ekspetasi tinggi ketika menggunakan maskapai ini.
  • Memiliki banyak pilihan rute domestik maupun mancanegara.
  • Berasa nasionalis.
  • Termasuk salah satu FFP yang sangat sering memberikan diskon penukaran airline miles untuk penerbangan.

Tertarik menjadi anggota GarudaMiles? Anda bisa mendaftar menggunakan link ini

Ingin mempelajari GarudaMiles lebih lanjut? Baca selengkapnya di sini


KrisFlyer (FFP dari Singapore Airlines)

KrisFlyer adalah FFP dari maskapai Singapore Airlines yang berbasis di Singapura. Singapore Airlines adalah bagian dari Star Alliance yang mana berarti Anda bisa menukarkan KrisFlyer Miles yang anda peroleh dengan penerbangan pada maskapai yang tergabung pada Star Alliance seperti Lufthansa, Turkish Airlines, All Nippon Airlines (ANA), Scandinavian Airlines (SAS), dan sebagainya.

Alasan mendaftar KrisFlyer:

  • Mudah diakumulasikan karena Singapore Airlines bekerjasama dengan banyak kartu kredit di Indonesia.
  • World Best Airlines #2 versi Skytrax 2019, Anda boleh memiliki ekspetasi yang sangat tinggi ketika menggunakan maskapai ini.
  • Bekerjasama dengan banyak merchant di Indonesia melalui program ‘KrisFlyer Spree’. Anda bisa memperoleh KrisFlyer Miles dengan cepat melalui program ini.
  • Rute penerbangan praktis dengan sangat banyak pilihan destinasi mancanegara.
  • Rutin mengadakan diskon penukaran miles melalui program promosi ‘Spontaneous Escapes’.

Tertarik menjadi anggota KrisFlyer? Anda bisa mendaftar menggunakan link ini

Ingin mempelajari KrisFlyer lebih lanjut? Baca selengkapnya di sini


AsiaMiles (FFP dari Cathay Pacific)

Asia Miles adalah FFP dari maskapai Cathay Pacific yang berbasis di Hong Kong. Cathay Pacific sendiri adalah bagian dari Oneworld yang mana berarti anda bisa menukarkan Asia Miles yang anda peroleh dengan penerbangan pada maskapai yang tergabung pada One World seperti British Airways, Qantas, Japan Airlines, dan sebagainya.

Alasan mendaftar Asia Miles:

  • Mudah diakumulasikan karena Cathay Pacific bekerjasama dengan banyak kartu kredit di Indonesia.
  • Sering mengadakan travel fair di kota-kota besar di Indonesia yang mana merupakan kesempatan bagus untuk memperoleh penerbangan murah dan mengumpulkan miles.
  • World Best Airlines #6 versi Skytrax 2018, anda boleh memiliki ekspetasi tinggi ketika menggunakan maskapai ini.
  • Rute penerbangan cukup praktis walaupun untuk saat ini Cathay Pacific hanya memiliki empat rute direct dari kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, dan Denpasar.
  • Memiliki best value untuk penukaran non-penerbangan seperti penukaran untuk hotel, tiket konser, travel experience, dan sebagainya. Selain itu, Asia Miles juga sering mengadakan diskon penukaran miles untuk kategori penukaran non-penerbangan.

Tertarik menjadi anggota Asia Miles? Anda bisa mendaftar menggunakan link ini

Ingin mempelajari Asia Miles lebih lanjut? Baca selengkapnya di sini


Penutup

Jika Anda memang ingin serius menggeluti dunia miles & poin agar bisa terbang di First Class, langkah pertama yang bisa Anda lakukan tentunya adalah mendaftar menjadi anggota ketiga FFP tersebut (kebetulan ketiganya juga memiliki kabin first class).

Bagi orang Indonesia, GarudaMiles, KrisFlyer, dan Asia Miles merupakan tiga Frequent Flyer Program yang paling mudah dikumpulkan karena sebagian besar kartu kredit di Indonesia memiliki opsi konversi poin ke salah satu atau bahkan ketiga FFP tersebut. Secara pribadi, saya merekomendasikan Anda untuk memiliki ketiga FFP tersebut dengan alasan kepraktisan.

.

Apakah Anda sudah menjadi anggota ketiga Frequent Flyer Program diatas?