Selain tiket transportasi, paspor merupakan salah satu syarat mutlak yang diperlukan untuk pergi ke luar negeri. Paspor Indonesia merupakan dokumen perjalanan yang berisikan 24 atau 48 halaman, berlaku selama 5 tahun dan diterbitkan hanya untuk Warga Negara Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mengunjungi kota Penang yang ada di Malaysia. Kebetulan saya menggunakan Malaysia Airlines dan penerbangan dari Jakarta diharuskan untuk transit di Kuala Lumpur.

paspor Indonesia

Epaspor Indonesia. Sumber Wikipedia

Di Kuala Lumpur, seluruh penumpang yang meneruskan penerbangan domestik harus melewati bagian imigrasi terlebih dahulu. Setelah mendapatkan stempel dari pihak imigrasi, saya pun langsung boarding ke dalam pesawat.

Setelah mendarat di Penang, karena tidak harus melewati bagian imigrasi lagi, saya pun tidak terlalu memperhatikan dimana paspor saya disimpan. Dan ternyata paspor saya ketinggalan di dalam pesawat.

Hal-hal yang harus dilakukan jika kehilangan paspor

Saya sempat panik dan mencari tahu apa yang harus dilakukan jika kehilangan paspor di luar negeri. Namun untungnya, pihak Malaysia Airlines menghubungi saya dan mengatakan jika paspor saya ketinggalan di dalam pesawat.

Berikut hal-hal yang harus dilakukan jika kehilangan paspor di luar negeri:

  • Jika Anda merasa kehilangan paspor di pesawat, bandara ataupun hotel, Anda harus melapor ke pihak maskapai, bandara ataupun hotel terlebih dahulu. Dalam kasus saya, saya melapor ke Malaysia Airlines dan Penang International Airport.

Bukti pelaporan kehilangan pada pihak Malaysia Airlines.

  • Jika penerbangan internasional Anda selanjutnya dalam waktu yang dekat, saya sarankan Anda untuk mengubah tiket transportasi Anda sesegera mungkin agar tidak hangus. Saya kehilangan paspor pada hari Sabtu dan harus terbang kembali ke Indonesia ada hari Minggu.
  • Melapor ke kantor polisi terdekat. Pihak polisi akan menerbitkan surat lapor kehilangan untuk Anda bawa ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).
Paspor hilang

Surat lapor kehilangan yang diterbitkan oleh kepolisian Malaysia

  • Datang ke KBRI terdekat untuk membuat Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). Jika Anda tidak bisa menemukan KBRI, Anda bisa mendatangai Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) atau Konsulat Republik Indonesia (KRI) terdekat. Disini Anda harus membawa KTP/KK/Akte Lahir, fotokopi paspor, surat lapor kehilangan dari kepolisian, formulir SPLP yang sudah diisi, pas foto 4×6 dengan latar terang 2 lembar. Menurut beberapa sumber, SPLP bisa selesai di hari pelaporan jika dokumen-dokumen Anda lengkap.
  • Setelah mendapatkan SPLP, Anda bisa keluar dari negara tersebut.
  • Setelah balik ke Indonesia, sesegera mungkin mengurus paspor yang baru.

Penutup

Paspor merupakan dokumen perjalanan yang paling penting pada saat perjalanan ke luar negeri. Sebelum berangkat ke luar negeri, ada baiknya jika paspor di fotokopi terlebih dahulu dan disimpan terpisah dengan paspor asli.

Setelah kejadian ini, saya lebih berhati-hati dan teliti pada saat turun dari pesawat. Karena kecerobohan saya kali ini, saya harus membayar lebih untuk perubahan tiket pesawat dan hotel.

.

Apakah Anda pernah kehilangan paspor di luar negeri?